Ketika kita memiliki sebuah agensi digital marketing, tentunya salah satu layanan yang dilakukan adalah Jasa Optimasi SEO ( Search Engine Optimization ). Dan tentunya sebelum mulai project, ada beberapa pertanyaan SEO yang akan ditanyakan kepada pelanggan baru.
Mengapa pertanyaan SEO ini perlu disampaikan ?
Hal ini tentunya untuk kita sebagai Agensi Digital Marketing dapat mengukur dan memberikan hasil yang realistis kepada pelanggan kita. Dimana ini menjadi analisis bersama dan bentuk professionalisme bekerja.
Berikut adalah beberapa hal yang bisa dan perlu kita tanyakan kepada pelanggan kita sebelum memulai bahkan menerima project SEO :
Kenali Data Pelanggan
Salah satu yang mudah dan dapat Anda lakukan adalah mengenali terlebih dahulu data pelanggan Anda. Tentunya tidak semua pelanggan Anda memiliki data.
Perlakuan ini berbeda beda, tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu :
- Klien yang pernah dihandle Agensi
- Klien yang pertama kali menggunakan jasa agensi
- Klien yang belum pernah mengenal digital marketing
Secara umum, data yang diminta adalah sama. Yaitu data analisa secara digital, dimana data tersebut diambil dari 4 platform Google yaitu :
Dari keempat data tersebutlah kita bisa menganalisa awal mengenai apa yang menjadi target kita dalam mengerjakan SEO.
Untuk kategori klien yang sudah mengenal digital marketing, maka berikut adalah pertanyaan SEO dari agensi yang ditanyakan pertama kali :
Apakah situs Anda sudah ditautkan dengan Google Search Console ?
Apakah situs Anda sudah ditautkan dengan Google Analytics ?
Apakah situs Anda sudah ditautkan dengan Google Ads ?
Apakah situs Anda sudah ditautkan dengan Google Business Profile ?
Apabila mereka sudah memiliki akun dan menautkan / menghubungkan dengan situsnya. Maka dengan sopan untuk meminta akses ke masing masing akun tersebut.
Hal ini sangat membantu Anda dalam memahami data yang sudah ada dan menentukan target kedepannya seperti apa.
Namun bagaimana dengan mereka yang masih baru dan belum menautkan akun diatas ?
Jangan khawatir, disinilah fungsi utama Anda sebagai Agensi Digital Marketing yang memiliki Jasa Optimasi SEO bekerja dan dibutuhkan.
Menentukan berdasarkan riset dari jejak digital dan kata kunci yang diinginkan.
Tentunya hal ini yang menjadi tolak ukur dan juga target yang Anda lakukan ketika akan melakukan optimasi SEO dari bisnis pelanggan Anda.
Namun pastikan untuk memberikan ekspetasi yang terukur dan reasonable berdasarkan beberapa hal agar semuanya bisa maksimal.
Kenali Bisnis Pelanggan
Langkah selanjutnya, tentunya setelah mendapatkan data awal. Maka Anda wajib untuk mengenali pola bisnis dari klien atau pelanggan Anda.
Mengapa perlu mengenali Bisnis Pelanggan ?
Agensi tentunya melakukan optimasi SEO tidak hanya menggunakan data analisis , namun jauh lebih dalam lagi mengenai kebiasaan, langkah kebijakan dan juga keputusan apa yang terjadi pada bisnis itu.
Karena setiap segmen bisnis pelanggan, mempunyai market dan juga pola tertentu. Dengan menyelaraskan antara SEO dan juga Bisnis, maka kita bisa mengetahui target posisi website kita di mesin pencari.
Ingat ! SEO bukan hanya muncul di SERP atau halaman pertama. Namun bagaimana SEO juga berdampak pada KPI atau Target bisnis Pelanggan Anda.
Mengapa Bisnis Anda memerlukan SEO ?
Apa Kendala Website Bisnis Anda selama ini ?
Apa kelebihan dari Layanan / Jasa Bisnis Anda ?
Siapa Kompetitor Anda ?
Channel apa saja yang sudah dipergunakan / dimiliki selama ini ?
Sebutkan SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) dari bisnis Anda ?
Bagaimana Segmentasi Geografis dari Bisnis Anda ?
Mengenal bisnis dari pelanggan Anda itu sangat penting, karena kita harus memposisikan diri sebagai orang yang memberikan informasi terkait semua layanan dan jasa dari klien kita.
Sekali lagi, SEO algoritmanya adalah “usefull content” artinya konten yang dipergunakan harus berguna bagi target audiencenya.
Kenali Target Pelanggan
Setelah mengenal pola bisnisnya. maka langkah selannjutnya adalah mengenal target audience dari bisnis pelanggan Anda.
Mengenal target pelanggan sangat penting, untuk menentukan persona buyers atau profile dari target market Anda.
Persona Buyer adalah siapa pelanggan idealmu, masalah apa yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka mengambil keputusan dalam membeli produkmu.
Siapa segmentasi demografis dari bisnis ?
Bagaimana segementasi psikologis dari target Audience Anda ?
Mengapa menargetkan mereka ?
Sebutkan siapa saja yang sudah menjadi target market sebelumnya ?
Bagaimana pendapat mereka mengenai layanan atau jasa Anda ?
Dengan mengenal persona buyer atau target Audience dari bisnis klien Anda, maka Anda dengan sangat mudah mengetahui langkah copywriting dan juga design kanvas yang akan dilakukan .
Kenali Channel Digital Marketing / Website
Pertanyaan SEO lain yang wajib dan seharusnya Anda tanyakan adalah seputar Channel Digital Marketing yang dipergunakan yaitu Website.
Hal ini karena yang akan dioptimasi dan menjadi tujuan adalah website itu sendiri. Maka berikut adalah beberapa pertanyaan SEO yang bisa Anda tanyakan kepada klien Anda :
Menggunakan Platform CMS apakah Website Anda ?
Sudah berapa lama memiliki akun domain tersebut ?
Apakah menggunakan Plugin SEO ?
Provider hosting apa yang dipergunakan ?
Lokasi servernya ada dimana untuk hostingnya ?
Apakah ada rencana untuk migrasi atau pindah domain / hosting kedepannya ?
Pernahkah menggunakan teknik SEO yang tidak wajar ?
hal tersebut diatas nantinya akan menjadi hal yang pertama kali dilakukan. Pertanyaan SEO yang muncul akan berpengaruh kepada optimalisasi Search Engine Optimization segi On Page dan Off Page.
Kenali Tujuan SEO dari Klien Anda
Memahami dari tujuan klien dalam melakukan optimasi mesin pencari terutama yang menggunakan website adalah hal utama.
Karena ini harus ditentukan di awal. Apakah tujuan mereka melakukan edukasi , brand awareness atau ingin berdampak langung ke penjualan ?
Dengan disepakati tujuannya pada awal kesepakatan maka membuat semua proses yang dilakukan lebih realistis, memberikan dampak ke bisnis, biaya dan juga memiliki timeline progress yang bisa dipahami bersama.
Apa target Anda dalam 6 Bulan kedepan dan 12 Bulan kedepan ?
Berapa jumlah konversi / leads yang Anda harapkan dalam 6 hingga 12 bulan kedepan ?
Apa kata kunci yang Anda targetkan ?
Kesimpulan
Dari beberapa pertanyaan SEO diatas, bahwasanya untuk menerima tawaran dari seseorang untuk melakukan Jasa Optimasi SEO sebaiknya diberikan pertanyaan SEO yang menjawab segala kelbutuhan kita dalam mengoptimalkan hal tersebut.
Semoga bisa membantu teman teman semuanya yang akan menerima dan mengerjakan project SEO.