Microsoft Clarity, Tools untuk Analisis User Experience

Bagikan informasi ini

Akhir-akhir ini, analytics semakin berlimpah, jika Anda membutuhkan program sebagai tempat pengumpulan data-data terperinci mengenai situs website, tentu Anda tak akan menemukan kekurangan dalam pilihan. Akan tetapi banyak sekali program analytics yang memiliki pembelajaran yang curam dan menghasilkan metrik yang sulit diterjemahkan terhadap keputusan desain.

Oleh karena itu, google memperkenalkan tools analisis baru yakni “Microsoft Clarity”. Microsoft Clarity memungkinkan Anda dalam menganalisis terhadap pengguna bagaimana berinteraksi dengan situs website yang Anda Miliki.

Ini melengkapi Google Analytics serta memberikan wawasan terhadap pengguna, menggunakan alat yang seperti peta panas dan pemutaran ulang sesi. Apa itu Microsoft Clarity? Apa saja fitur unik Clarity? Simak ulasannya!

Apa itu Microsoft Clarity

Menurut situs resmi Microsoft, Clarity adalah adalah alat analisis perilaku pengguna gratis yang membantu Anda dalam memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs website yang Anda miliki dengan melalui pemutaran ulang sesi dan peta panas.

Microsoft Clarity merupakan sebuah projek webmaster atau pendukung Bing Webmaster untuk melakukan beberapa transaksi dan rekam visitor khusus. Artinya Microsoft Clarity bisa melakukan tracking secara keseluruhan terhadap situs website seperti contoh:

  • Tolak Klik
  • Lama sesi visitor “session”
  • Kedalaman scroll halaman
  • Engagment antar halaman website
  • Behavior visitor
  • Bounce Rate.

Hampir sama dengan Google Analitytics, Pada Microsoft Clarity juga merekam browser pengguna, country region dan location. Bahkan dengan mudahnya Anda bisa mengetahui macam-macam device yang dipakai oleh visitor suatu website.

Fitur Recording Microsoft Clarity

Terdapat Hal unik dan keren dari Microsoft Clarity, yakni fitur Recording per visitor. Setiap sesi aktivitas pengunjung akan direkam oleh Microsoft Clarity secara menyeluruh, yakni dari jumlah halaman yang diakses sampai waktu lama sesi dalam sebuah halaman.

Artikel Terkait :   Memaksimalkan Local SEO untuk Bisnis dengan Local Listing!

Lain daripada itu, Anda juga bisa melihat statistik total klik, jenis device pengguna, loncatan dan region, operating syistem pengguna. Bahkan sampai relasi setiap halaman yang dikunjungi terlihat jelas pada panel ini.

Namun ada yang lebih unik lagi, yakni Anda bisa memutar setiap sesi recording seperti halnya menonton vidio. Dengan begitu Anda benar-benar merasakan menjadi pengunjung situs website. Anda bisa mengetahui semua yang dikerjakan “klik atau scroll” oleh visitor selama berada pada situs website yang Anda miliki.

Fitur Heatmap Microsoft Clarity

Ada lagi yang menarik daripada Microsoft Clarity yakni, terdapat fitur Heatmap. Heatmap sendiri merupakan teknik untuk mengetahui perilaku pengunjung situs website dengan menyediakan data yang berupa statistik.

Jadi, Anda akan mengetahui secara pasti area mana saja yang sering diklik oleh visitor dan sejauh mana visitor melakukan scroll halaman situs website Anda. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan area tersebut misalnya untuk memasang iklan dan sebagainya. Adapun fitur Heatmap Microsoft Clarity juga dilengkapi dengan mode view seperti desktop, mobile dan smartphone “dynamic

Pada dasarnya masih banyak fitur-fitur keren yang ada pada Microsoft Clarity, akan tetapi pada saat artikel ini tayang di Microsoft Clarity masih berstatus beta dan terus dikembangkan untuk melengkapi Bing Webmaster.

Mari berkenalan lebih jauh lagi dengan Microsoft Clarity Tools Analytics Bing Webmaster. Daftarkan situs website Anda skarang di Microsoft Clarity.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply