Cara Mengoptimalkan Blog Dengan Google Analytics

Bagikan informasi ini

Ingin mengetahui blog yang Anda miliki naik apa turun? Gunakanlah Google Analytics untuk mengoptimasi situs website yang Anda miliki dengan bermacam-macam cara dan lihatlah Rasio Pantulan Anda menurun serta pendapatan dan keterlibatan Anda meningkat.

Kami belum pernah mengetahui blogger penuh waktu yang tidak mengenal audiens blognya luar dan dalam. Jika Anda mengetahui statistik yang mana yang perlu dilihat, Anda tak hanya terus menemukan ide dalam menulis artikel baru, namun juga akan mendapatkan optimasi blog yang Anda miliki lebih baik lagi dengan cara-cara kreatif.

Data Google Analytiscs tertentu seperti Aliran Perilaku, Rasio Pentalan dan Konten Paling Populer digabungkan dengan macam-macam tips akan membantu Anda dalam meningkatkan konten pada web Anda. Berikut kami cantumkan cara mengoptimalkan blog dengan Google Ana

Periksa Tingkat Pentalan Anda

Kami akan memulai dengan informasi paling penting yang telah diberikan oleh Google Analytics kepada kita yakni : Tingkat Pentalan. Bounce Rate mengukur persentase pengunjung setelah langsung pergi ketika mengunjungi blog Anda dan tidak melanjuti artikel selanjudnya pada web Anda.

Semakin tinggi Bonce Rate blog Anda tersebut, maka semakin menurun SEO nya. Terus Apa pentingnya Bounce Rate dalam website? Karena pada hal tersebut sangat berpengaruh terhadap SEO website Anda secara keseluruhan.

Sedangkan Google tersebut menganggap bahwa jika blog memiliki tingkat pentalan yang tinggi, itu artinya konten tersebut tidak berguna dan itulah sebab pengguna yang mengunjungi web Anda segera pergi dan beralih ke sumber yang lain.

Dalam posisi ini, waktu lama dalam membaca suatu artikel juga berperan penting. Itulah sebabnya banyak blogger-blogger yang berfokus terhadap artikel panjang dan manfaat-manfaat yang menyertainya.

Kalau Bounce Rate blog Anda tinggi, berarti ada yang salah dengan blog Anda, karena pengunjung atau pembaca langsung berdatangan. Adapun penyebab dari masalah tersebut dapat berupa sesuatu yang sangat sederhana, atau membuat situasi semakin rumit.

Apa yang memengaruhi Tingkat Pentalan blog?

Sering kali kami menemukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini. “Kenapa para pengunjung blog saya pergi tanpa membaca lanjutan atau lanjud ke artikel yang lain?” Jawabannya sederhana: yakni karena tidak menempatkan tautan ke artikel yang serupa lainnya pada artikel Anda.

Anda bisa mengetahui apakah Anda melakukan backlink internal yang salah pada konten Anda dengan cara seperti contoh berikut: Jika Anda menulis sebuat artikel tentang cara benerin motor dan memaksukkan tautan lain seperti tautan cara memasak itu salah. Jadi Anda juga harus memasukkan tautan yang masih berhubungan denga motor.

Tingkat pentalan juga dapat meningkat sedikit jka desain blog tidak ramah seluler. Contoh: font terlalu kecil atau berwarna terang dan melelahkan mata, ada banyak iklan, banyak widget yang dapat memperlambat halaman. Berikut kami cantumkan cara menurunkan rasio pentalan dan meningkatkan SEO Anda.

Artikel Terkait :   Tutorial Cara Cek Backlink Website dan Tools Backlink Checker

Bagaimana cara mengurangi Rasio Pentalan?

Membuat perubahan-perubahan kecil guna untuk memeriksa apakah masalahnya ada di salah satunya. Anda perlu memeriksa dari hasil perubahan-perubahan tersebut kurang lebih 3-4 minggu agar bisa menarik kesimpulan yang handal.

Kalau blog Anda tersebut memiliki sidebar pada sisi kanan atau kiri, mulailah mengoptimasi pertama dengan itu. Pastikan Anda menampilkan artikel Anda yang paling populer dan terbaru. Adapun artikel yang paling banyak mendapatkan hits dari hasil pencarian yakni, artikel-artikel yang paling banyak disukai para pembaca.

Jadi dengan menyediakan di sidebar, kami membantu pengunjung baru menemukannya lebih cepat. Sidebar juga merupakan sebuah tempat yang bagus untuk menambahkan bidang pendaftaran untuk buletin Anda, serta halaman penting yang dapat menurunkan rasio pentalan Anda.

Pastikan juga Anda tersebut menggunakanpaket WordPress Hosting yang cepat. Karena kecepatan memainkan peran, tentu sama pentingnya dalam mengurangi Tingkat Pentalan. Selanjudnya Anda harus mengidentifikasi dan mengoptimalkan konten blog Anda yang paling populer. Berikut kelanjuttannya!

Temukan konten paling populer

Elemen Google Analytics selanjutnya yang harus Anda chek yakni konten terpopuler blog Anda. Jika Anda memulai dengan artikel populer terlebih dahulu, ini akan cukup membantu Anda untuk meliputi konten paling penting blog Anda dulu dan beralih kepada artikel lain yang tidak mendapatkan banyak kunjungan.

Mulai optimalkan 10 artikel blog yang paling populer milik Anda, edit masing-masing dan periksa apakah ada informasi yang hilang atau rusak, apakah Anda dapat meletakkan tautan pada artikel Anda yang serupa lainnya.

Adapun tautan afiliasi untuk meningkatkan penghasilan Anda, karena kita membahas mengenai konten Anda yang paling populer, foto, vidio, atau konten yang membutuhkan koreksi dalam pembaruan.

Setelah Anda mengoptimalkan 10 artikel blog paling populer, Anda tersebut bisa melanjutkan ke artikel berikutnya. Mulailah melihat dari apa yang hilang pada masing-masing artikel tersebut. Jika Anda sudah menambahkan tautan ke artikel yang lain dengan topik yang sama dan tambahkan tautan ke 10 artikel terpopuler Anda untuk meningkatkan backlink internal lebih banyak lagi.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ketika meletakkan tautan pada salah satu artikel Anda, tautan tersebut disarankan untuk tertuju pada halaman atau artikel lain yang sesuai dengan topik yang sama. Dari sini kemungkinan besar akan meningkatkan kualitas konten Anda, baik untuk mesin pencari maupun untuk pembaca Anda.

Analisis Aliran Perilaku

Adapun salah satu elemen penting dari Google Analytics adalah Alur Perilaku. Hal tersebut memungkinkan Anda dalam melihat bagaimana pengunjung bergerak melalui halaman blog Anda melalui tabel statistik gaya aliran.

Artikel Terkait :   Langkah Optimasi SEO Website UMKM

Dengan menggunakan Behavior Flow pada Google Analytics, nantinya Anda bisa melihat artikel atau halaman mana saja yang paling banyak diklik oleh para pengunjung, bahkan Anda akan tau jika pengunjung lanjut atau tidak dalam membaca artikel berikutnya.

Behavior Flow menunjukkan kepada Anda dengan representasi grafis bagaimana pembaca Anda menavigasi blog Anda. Representasi grafistersebut digabungkan dengan tampilan setiap halaman dan artikel akan membantu Anda dalam melihat konten apa saja yang memiliki interaksi tertinggi, halaman terakhir yang mereka kunjungi dan kemudian meninggalkan blog Anda serta masih banyak lagi.

Alur Perilaku juga bisa memecahkan masalah teknis, Sama halnya dengan blog. Anda bisa memeriksa semua halaman yang terakhir dikunjungi oleh pengunjung lalu melanjutkan dengan pengoptimalan yang diperlukan. Mungkin memerlukan lebih banyak tautan, mengalami masalah, atau secara tampilan tidak benar pada perangkat seluler.

Apapun hal tersebut, mulailah dengan mengoptimalkan halaman Bounce Rate tertinggi. Alur Perilaku juga berguna bagi blogger yang mempromosikan konten tertentu pada blog mereka. Akan tetapi, gagal mengarahkan lalu lintas ke sana dan artikel lain mendapatkan lebih banyak klik.

Jangan lupa kata kunci blog Anda

Terdapat beberapa alat-alat penting yang Anda butuhkan dalam memantau kata kunci blog yang Anda miliki tersebut. Diantaranya: Google Analytics, Google Search Console, Alat Webmaster Bing, dan plugin Rank Math SEO untuk WordPress. Ini merupakan alat yang sangat penting dan harus Anda para blogger pergunakan.

Dari Google Analitycs, Anda dapat memeriksa apa yang dicari pembaca dari kolom pencarian blog Anda. Google Search Console, dapat membantu Anda dalam menemukan solusi jawaban terkait dengan topik blog Anda. Lain dari itu, Anda juga dapat melihat kata kunci apa saja yang paling trending atau paling banyak dicari orang.

Jika Anda memeriksa hasil dari pencarian untuk beberapa kata kunci paling populer pada blog Anda namun tidak muncul hasil, maka Anda harus mengoptimalkan artikel tersebut. Agar mencapai hasil pertama dari peringkat teratas di menu pencarian.

Diera sekarang, Windows 10 maupun Windows 11 Microsoft Edge baru berdasarkan royek Chromium Google adalah browser default, semakin banyak para pengguna menggunakan mesin pencari Bing. Mesin pencari khusus yang satu sangatlah bagus dalam memberikan hasil, sehingga banyak orang bahkan tak menyadari jika mereka menggunakan Bing bukan Google.

Adapun alat Webmaster Bing sama halnya seperti Google Search Console. Dari layanan ini Anda akan dibantu dalam menemukan Anda dari Bing dan menemukan apa yang dicari orang. Akan tetapi juga harus memasukkan semua informasi Anda secara otomatis dari Search Console dengan menghubungkan terhadap akun Google Anda.

Artikel Terkait :   Pentingnya Technical SEO untuk Website Bisnis Anda!

Pastikan Anda sudah memasukkan peta situs blog Anda dan sering memeriksa statistik blog Anda dalam mengoptimasi konten yang Anda miliki untuk mesin pencari Microsoft Bing. Terakhir, jika Anda membuat situs website di WordPress dan menggunakan plugin Rank Math SEO, Anda tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari statistik luar biasa yang telah disediakan.

Dengan menggunakan Tabel Statistik Rank Math Anda akan dapat melihat kata kunci dan artikel mana saja yang kehilangan posisi dari hasil pencarian. Dengan statistik ini, Anda pada dasarnya telah menunjukkan akhir pencarian dan memiliki semuanya pada satu tempat. Kemudian Anda akan langsung tau bahwa artikel mana saja yang membutuhkan banyak pengoptimalan.

Melalui Tabel Statistik Rank Math Anda akan dapat melihat kata kunci dan artikel mana yang kehilangan posisi di hasil pencarian. Dengan statistik ini, Anda pada dasarnya menunjukkan akhir pencarian dan memiliki semuanya di satu tempat, sebagai akibatnya Anda langsung tahu artikel mana yang membutuhkan lebih banyak pengoptimalan.

Buat wawasan khusus Anda sendiri

Wawasan Kustom pada Google Analytics memungkinkan Anda dalam membuat metrik analitik Anda sendiri dan menerima suatu lansiran kapan pun Anda menyetelnya. Widget Wawasan sebagian besar ditempatkan pada Dashboard Google Analytik dari mana Anda dapat memantau statistik dasar blog Anda, akan tetapi dengan membuat widget unik Anda sendiri, akan tampak statistik sesuai selera Anda.

Misalnya, dengan Wawasan Khusus, Anda dapat membuat suatu laporan yang akan mengingatkan Anda setiap kali blog Anda tiba-tiba menerima banyak jalan dari beberapa konten yang lagi trending atau populer. Lain daripada itu, Anda juga dapat menerima pemberitahuan ketika jalan pada blog Anda mengalami peningkatan tertentu (misal dari 5% atau lebih selama10 hari terakhir).

Ketika ada penurunan besar atau bahkan ketika Anda ingin memiliki tabel kustom sendiri dari yang sudah disediakan Google. Anda dapat membuat Wawasan Khusus dari hampir semua hal yang dapat Anda bayangkan. Jadi tak perlu ragu dalam menguji statistik yang berbeda dan statistik mana yang menurut Anda sangat penting terhadap konten blog Anda.

Widget yang sudah disediakan oleh Google merupakan dasar dan tak memberikan suatu laporan terperinci mengenai statistik spesifik yang mungkin dibutuhkan seseorang blogger. Dan perlu Anda perhatikan bahwa jika versi baru layanan Google Analitycs G4 dapat membuat wawasan baru yang lebih mudah dari sebelumnya.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply