5 Syarat dan Dokumen Pembuatan Website

Bagikan informasi ini

Website menjadi salah satu cara digital marketing yang saat banyak dipilih, kelebihan dari website sendiri bisa standby selama 24 jam untuk memasarkan sebuah jasa atau produk tertentu. Berbagai jenis usaha mulai dari perusahaan sampai UMKM dan rumahan mulai menggunakan website juga. Berikut ini adalah syarat dokumen pembuatan website.

Meningkatnya minat dalam pembuatan website dan keterbatasan pengetahuan sebagian besar pengguna, seringkali muncul kebingungan terkait persyaratan pembuatan website, baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan mengulas secara rinci hal-hal dan komponen apa saja yang dibutuhkan saat hendak membuat sebuah website. Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui selengkapnya, mari kita simak informasinya sampai akhir.

syarat dan dokumen pembuatan website

Pilih Web Hosting yang Cocok

Dalam proses pembuatan website, pemilihan web hosting menjadi langkah krusial. Sebuah web hosting yang andal akan memastikan situs Anda dapat diakses dengan cepat dan aman. Pertama-tama, pilih penyedia web hosting yang menyediakan layanan terbaik sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Pastikan kapasitas penyimpanan, kecepatan server, dan dukungan teknisnya memenuhi standar. Seiring perkembangan situs, perhatikan pula opsi upgrade atau penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan. Pastikan juga untuk memahami syarat dan ketentuan yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

Tips: Pastikan untuk membandingkan berbagai penyedia web hosting dan membaca ulasan pengguna untuk mendapatkan perspektif yang lebih baik. Selain itu, perhatikan kebijakan keamanan dan dukungan pelanggan yang ditawarkan oleh penyedia hosting yang Anda pilih.

Siapkan Nama Domain

Proses selanjutnya dalam membuat website adalah pemilihan dan pendaftaran nama domain yang sesuai dengan identitas bisnis Anda. Pilih nama domain yang mudah diingat, mencerminkan brand, dan relevan dengan konten yang akan disajikan.

Artikel Terkait :   Cara Membuat Website Profesional untuk UMKM Dengan Langkah Mudah

Pastikan juga untuk memeriksa ketersediaan nama domain yang diinginkan. Registrasikan nama domain melalui penyedia domain terpercaya dan pastikan untuk memperpanjang pendaftaran secara berkala agar tidak kehilangan hak kepemilikan.

Tips: Pertimbangkan untuk menggunakan ekstensi domain yang sesuai dengan sasaran audiens Anda, seperti .com untuk tingkat global atau ekstensi negara tertentu (.co.id untuk Indonesia). Jangan lupa aktifkan fitur auto-renew untuk mencegah kehilangan domain.

Menyiapkan Jenis Website yang Dibuat

Setelah Anda memahami pentingnya menentukan jenis website yang ingin Anda buat, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi tujuan utama dan merinci konten yang akan disajikan. Jelasnya definisi ini akan menjadi panduan utama dalam proses pembuatan dan pengembangan website Anda.

Apabila Anda membuat website perusahaan, pastikan tujuan utama mencakup penyampaian informasi perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, dan memberikan kontak yang mudah diakses bagi pelanggan potensial. Sertakan juga elemen desain yang mencerminkan nilai dan identitas perusahaan secara konsisten.

Jika website Anda bertujuan sebagai blog, tentukan topik dan niche yang akan menjadi fokus utama. Pahami audiens target dan buat rencana konten yang beragam dan bermanfaat. Perhatikan juga untuk menyediakan opsi berlangganan agar pengunjung dapat terus mengikuti update terbaru dari blog Anda.

Bagi yang ingin membuat toko online, pastikan untuk memahami dengan baik produk atau layanan yang akan dijual. Sertakan deskripsi produk yang jelas, gambar berkualitas tinggi, dan proses pembelian yang intuitif. Integrasi sistem pembayaran yang aman juga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan toko online Anda.

Jika website ini akan berfungsi sebagai portofolio pribadi, pilihlah proyek-proyek atau karya yang menonjol dan relevan dengan industri atau bidang yang Anda geluti. Sertakan informasi kontak dan detail pribadi yang memudahkan orang untuk menghubungi Anda.

Artikel Terkait :   5 Manfaat Website Toko Online untuk Bisnis di 2024

Tips: Buat rencana konten awal untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang struktur website Anda. Gunakan platform yang menyediakan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan sesuai dengan jenis website yang Anda inginkan.

Memilih Template Sesuai Kebutuhan

Setelah Anda memilih template yang sesuai dengan tema dan tujuan website Anda, langkah berikutnya adalah menyelaraskannya dengan identitas visual brand yang dimiliki. Pastikan warna, font, dan elemen desain lainnya konsisten dengan citra yang ingin Anda proyeksikan.

Penggunaan warna yang sesuai tidak hanya memberikan tampilan yang estetis, tetapi juga mempengaruhi persepsi pengunjung terhadap brand Anda.

Selain warna, pemilihan font juga memiliki dampak signifikan terhadap kesan keseluruhan. Pilih font yang mudah dibaca dan sesuai dengan karakter brand Anda. Hindari penggunaan terlalu banyak jenis font yang dapat mengganggu konsistensi visual. Pastikan bahwa elemen desain seperti logo, ikon, dan grafik mendukung identitas visual brand Anda.

Tips: Selalu uji responsivitas template pada berbagai perangkat sebelumnya. Sesuaikan template dengan konten dan tujuan website Anda, jangan lupakan keberlanjutan desain pada setiap halaman

Dilengkapi Sertifikat SSL

Keamanan menjadi perhatian utama dalam dunia digital. Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) tidak hanya meningkatkan keamanan website Anda, tetapi juga menciptakan kepercayaan pengguna. Informasi yang dikirim antara server dan pengguna akan dienkripsi, melindungi data pribadi dan transaksi online.

Saat ini, kebanyakan browser juga menandai situs yang dilengkapi SSL dengan ikon gembok atau “https”, memberikan sinyal positif kepada pengunjung. Pastikan penyedia hosting Anda menyediakan opsi untuk mengaktifkan sertifikat SSL secara mudah.

Beberapa penyedia bahkan menawarkan sertifikat SSL gratis melalui kerjasama dengan penyedia layanan sertifikat. Selalu perbarui sertifikat SSL secara teratur dan perhatikan tanggal kedaluwarsa untuk menjaga keamanan website Anda.

Artikel Terkait :   Cara Mengevaluasi Website UMKM untuk Sukses Online

Tips: Lakukan pembaruan secara berkala terhadap sertifikat SSL Anda. Sertakan ikon keamanan pada halaman website untuk memberikan kepercayaan tambahan kepada

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply