9 Tips Desain Website Mobile Friendly

Bagikan informasi ini

Membuat website yang mobile friendly itu penting, lho. Jadi, apa sih sebetulnya website mobile friendly itu? Nah, ini adalah jenis website yang tetap tampil bagus dan gampang diakses pas kita buka lewat gadget mobile. 

Tapi tahu nggak, punya website yang ‘ramah’ mobile itu punya sejuta manfaat, loh! Mulai dari nambah peluang jadi pembeli sampai bikin pengunjung betah lebih lama di situs kamu. Bahkan, Google juga lebih suka website yang mobile friendly dan bakal lebih nge-boost peringkat situsmu. Ini beberapa hal penting dibawah ini yang harus kamu perhatikan yaitu:

tips desain website mobile friendly

Desain Responsif untuk Semua Perangkat

Coba bayangkan ini seperti kostum superflex yang bisa menyesuaikan diri sesuai dengan tubuh kita. Nah, desain responsif ini kayak gitu! Jadi, website kamu bisa menampakkan diri yang terbaik di layar perangkat apa pun yang digunakan sama pengunjung. Bukan cuma di smartphone kecil, tapi juga di tablet yang punya layar lebih besar. Gimana keren kan? Jadi nggak perlu ribet lagi mikirin tampilan website yang gagal pas dibuka lewat gadget-gadget beda.

Jelas, dengan desain responsive, website jadi terbuka lebar untuk semua perangkat mobile. Ini nggak cuma soal tampilan, tapi juga soal pengalaman pengguna. Pengunjung bakal lebih betah dan nyaman menjelajahi website kamu, karena tampilannya di layar gadget mereka tuh pas banget, seperti dapet kostum khusus yang nyaman dipakai di setiap perangkat yang mereka gunakan.

Prioritaskan Keterbacaan dan Navigasi yang Mudah

Ketika bikin website yang bisa diakses di gadget mobile, pastiin deh keterbacaan dan cari info itu gampang. Karena kan layarnya kecil, jadi yang bener-bener penting harus langsung keliatan. Gak mau kan pengunjung sampe pusing sendiri nyari informasi? Jadi, pilihlah font yang gede dan jelas, biar gampang dibaca. Trus, jarak antar tulisan juga harus pas, supaya mata gak capek. Warnanya juga jangan sampe bikin mata berat ngelirik, pilih warna yang beda tapi tetap kontras biar teksnya keliatan jelas.

Artikel Terkait :   13 Perbedaan website gratis dengan website berbayar

Kalo soal navigasi, semakin sederhana, makin bagus! Pengunjung pasti seneng banget kalo bisa langsung nyari info tanpa harus muter-muter. Jadi, buatlah navigasi yang simpel dan gampang dimengerti. Jangan bikin menu yang bikin bingung, ya! Biar pengunjung betah stay lama di website kamu, pastikan mereka gak kesasar mencari info yang sebenarnya sudah ada di situ.

Optimalkan Kecepatan Website

Buat website yang bikin orang betah itu bukan cuma soal desain, tapi juga soal kecepatan loading, lho! Nah, supaya website kamu nggak bikin orang nunggu lama, coba deh bikin ukuran gambar dan kontennya sekecil mungkin. Gimana caranya? Kamu bisa mengompres gambar dan konten, jadi ukurannya lebih kecil tapi kualitasnya tetap oke. Dengan begitu, waktu loading websitemu jadi lebih cepat dan bikin pengunjung nggak bete nunggu lama.

Cara lain yang bisa bikin websitemu lari kenceng itu pake caching dan kompresi. Nah, ini layak dapat bantuan tambahan dari server buat ngasih data lebih cepat ke pengunjung. Caching itu kayak penyimpanan data yang sudah dikunjungi sebelumnya, jadi waktu pengunjung balik lagi ke website, data-datanya sudah ada di penyimpanan mereka. Terus, kompresi ini kayak memperkecil ukuran data biar bisa dikirim dan diunduh lebih cepat. Dua-duanya bikin websitemu jadi lebih kencang dan bikin pengunjung senang karena nggak nunggu lama loadingnya.

Touch-friendly Elements

Pastinya! Pas banget nih, bahas soal elemen yang ‘ramah’ sentuhan buat perangkat mobile. Nah, gini nih, perangkat-perangkat canggih itu punya layar yang bisa kita sentuh, jadi penting banget bikin elemen-elemen yang gampang banget buat diakses lewat sentuhan jari kita.

Coba deh, bikin tombol yang gede dan gampang ditekan. Supaya nggak susah-susah amat buat pengunjung buat nyentuh tombol yang kecil. Terus, tambahin animasi yang halus biar responsif gitu, jadi lebih enak buat mata dan jari kita. Oh, satu lagi, hindari deh elemen-elemen yang susah buat dijelajahi lewat sentuhan, biar nggak bikin frustasi pengunjung yang sebenernya udah pengen cari info tapi susahnya minta ampun. Semua ini bisa bikin websitemu jadi lebih asyik buat dijelajahi lewat layar sentuh, lho!

Artikel Terkait :   Fitur Rekomendasi dalam Mencari Jasa Pembuatan Website Surabaya

Hindari Penggunaan Flash dan Pop-up

Ada nih alternatif yang lebih oke daripada Flash dan pop-up buat website yang lebih ‘ramah’ mobile. Jadi begini, kalo kita nggak mau pakai Flash yang kadang susah diakses di perangkat mobile, atau pop-up yang bisa bikin pengunjung kecewa, ada solusi yang lebih baik.

Coba deh pilih elemen yang lebih friendly buat perangkat mobile, kayak gambar atau animasi yang lebih ringan. Misalnya, kita bisa pakai gambar yang bisa di-scroll atau animasi yang lebih halus dan gak mengganggu. Nah, gini nih, alternatif-alternatif kayak gini nggak cuma bikin website terlihat keren, tapi juga nyaman buat pengunjung. Jadi, lebih baik pilih solusi yang lebih simpel dan ‘mobile-friendly’ buat bikin pengalaman ngeliat website jadi lebih asyik, kan?

Pentingnya Optimalisasi SEO untuk Mobile

SEO itu penting banget buat website, terutama yang bisa diakses di perangkat mobile. Gini, Google tuh suka banget sama website yang ramah mobile, sampai-sampe mereka lebih suka ngasih peringkat tinggi buat situs-situs yang bisa diakses di gadget mobile, lho. Makanya, optimasi SEO buat perangkat mobile tuh nggak boleh diabaikan.

Nah, caranya gimana? Kita bisa mulai dengan pake meta tag yang sesuai buat perangkat mobile, agar Google lebih gampang ngeliatin website kamu. Terus, bikinlah URL yang nggak ribet buat mesin pencari, jadi lebih gampang dicari dan diindeks. Selain itu, sesuaikan kontennya juga biar lebih nyaman dilihat di layar perangkat mobile. Nah, dengan melakukan hal-hal keren kayak gini, website kamu bisa lebih diunggulkan oleh mesin pencari dan lebih gampang ditemukan oleh pengunjung!

Uji Coba Reguler pada Berbagai Perangkat Mobile

Setelah bikin website yang keren buat perangkat mobile, jangan lupa untuk uji coba situs kamu di berbagai gadget, ya. Ini penting banget supaya kamu bisa yakin kalo websitemu bisa berfungsi dengan baik di berbagai perangkat yang mungkin dipakai sama pengunjung.

Artikel Terkait :   5 Manfaat Website Toko Online untuk Bisnis di 2024

Kenapa penting banget? Karena dengan uji coba yang rajin, kamu bisa mastiin bahwa website kamu bisa nyaman dan bikin pengunjung betah, apapun gadget yang mereka pakai. Jadi, pastikan deh situsmu bisa tampil oke di banyak perangkat, biar nggak ada yang kecewa pas buka situs kamu, ya!

Prioritaskan Konten yang Relevan dan Signifikan

Penting banget, nih buat mastiin konten di website yang ramah mobile itu sesuai dan bermanfaat buat pengunjung kamu. Gini, konten yang relevan tuh kayak kunci buat bikin pengunjung betah di situs kamu. Dengan kasih konten yang bener-bener nyambung sama apa yang mereka cari, pasti pengunjung bakal betah lama-lama di situs kamu, kan?

Nggak cuma relevan, konten yang signifikan juga penting. Gimana cara ngukurnya? Kalo kontennya bisa memberi nilai tambah buat pengunjung, misalnya dengan ngasih info berguna atau solusi buat masalah yang mereka hadapi, itu artinya kontenmu signifikan. Jadi, pastikan deh konten kamu bermanfaat buat pengunjung, supaya mereka nggak cuma mampir sebentar, tapi juga bisa dapet hal yang bermanfaat dari situs kamu!

Gunakan Mobile-friendly Tools dan Plug-in

Ada banyak alat dan plug-in keren yang bisa banget bantu kamu bikin website yang gampang diakses di perangkat mobile, loh.

Dengan menggunakan alat dan plug-in ini, proses desain dan pengembangan website jadi lebih asyik. Misalnya, Plugin Elementor  yang bisa bantu kamu bikin tampilan website jadi lebih responsif, atau yang bisa ngebantu kamu pantau tampilan websitemu di berbagai perangkat. Jadi, jangan ragu buat manfaatin tools dan plug-in ini, ya! Bisa bikin proses pembuatan website jadi lebih simpel dan hasilnya bisa lebih ‘mobile-friendly’ untuk pengunjung kamu.

Nah, itu dia 9 tips bikin website mobile friendly yang gampang diakses dan bikin pengunjung betah. Tips-tips di atas cukup mudah untuk diikuti, bahkan oleh pemula sekalipun.

Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan template website mobile friendly yang tersedia di internet atau mencari bantuan dari profesional.

So, tunggu apa lagi? Yuk, mulai desain website mobile friendly kamu sekarang juga!

Bagikan informasi ini
Hibat Darmawan

Hibat Darmawan

Hibat Darmawan adalah Seorang SEO Specialist yang menguasai bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2021.

Articles: 16

Leave a Reply