5 Hal Penting dalam Proses Pembuatan Website

Bagikan informasi ini

Membangun sebuah website bisa menjadi pengalaman yang luar biasa, tapi terkadang membingungkan. 

Bagi pemula, penting untuk memahami beberapa aspek kunci yang akan membantu Anda merencanakan dan melaksanakan proyek dengan sukses. Berikut adalah 5 hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam proses pembuatan website:

hal penting dalam proses pembuatan website

Ukuran dan Tingkat Kekompleksan Proyek

Bikin website tuh kayak lagi atur rencana liburan, nih. Pertama, tentuin dulu tujuan sama skala proyeknya. Mau bikin website buat dipamerin karya-karya keren kamu atau pengen bikin platform keren buat bisnismu. Ini penting banget, karena bakal mempengaruhi berapa lama, berapa banyak tenaga, dan duit yang bakal kamu keluarin.

Kalau diumpamain kayak bikin kue, nih. Bikin website itu kayak pilih mau bikin kue bolu simpel buat sekadar cemilan atau bikin kue ulang tahun spesial yang penuh hiasan dan lapisan. Jadi, sebelum mulai ngoprek-ngoprek website, tentuin dulu, ini proyek seberapa besar dan sekompleks apa. Biar bisa siapin segala yang dibutuhin dengan tepat!

Desain yang Diinginkan

Nah, ceritanya bikin website tuh kayak nentuin style baju buat pesta. Desain website itu kayak baju, nih. Mau yang simpel tapi elegan, yang kreatif kayak lukisan abstrak, atau yang serius banget kayak kemeja dan jas bisnis. Jadi, penting banget nentuin dulu gaya desainnya. Karena, kan, desain ini yang bakal nyerempet ke hati pengunjung website kamu nantinya.

Bayangin deh, bikin website itu kayak ngegambar sketsa buat rumah impian kamu. Mau punya website yang kayak studio seni rapi atau malah kayak taman bermain seru? Nah, dari desain inilah nanti semuanya jadi lebih jelas. Jadi, pastiin kamu udah punya bayangan yang jelas tentang desain yang cocok buat website impianmu

Artikel Terkait :   Fitur Rekomendasi dalam Mencari Jasa Pembuatan Website Surabaya

Desain Ketersediaan Konten

Gambarin aja bikin website kayak bikin cerita seru buat dibagi ke temen-temen. Konten itu kayak bahan ceritanya, penting banget buat ngenalin diri kamu ke orang lain. 

Jadi, pastikan cerita yang kamu siapin cocok sama siapa yang bakal dengerin. Siapin tulisan yang jelas, gambar-gambar seru, video yang bikin mata melek, atau apa aja yang bikin ceritanya makin asik sebelum mulai bikin website. Dijamin, cerita yang bagus bakal bikin website kamu jadi pusat perhatian

Kolaborasi dan Komunikasi dengan Klien

Bikin proyek sama klien itu kayak bikin masakan bareng temen, nih. Penting banget buat bener-bener saling ngerti. Jadi, dari awal udah perlu buat komunikasi yang oke biar semua langkah di dapur bisa berjalan lancar. 

Jadwalin deh pertemuan rutin kayak nentuin waktu buat masak bareng, biar semua rencana dapur bisa direview bareng. Dijamin, dari sini bakal lahir masakan yang pas di lidah

Pemilihan Platform atau CMS

Cari platform atau CMS itu kayak beli sepatu, nih. Kamu kan nggak bisa pake sepatu lari buat jalan-jalan santai, kan? Nah, sama kayak pilih platform buat website, harus sesuai sama kebutuhan. 

Bandingin aja kayak beli perangkat elektronik. Kamu kan nggak bakal beli komputer super canggih kalo cuma buat ngetik doang. Pilih platform buat website itu juga sama. Evaluasi dulu kebutuhan kamu, apakah butuh yang canggih atau yang simpel aja, baru deh pilih yang sesuai.

Jadi Proses pembuatan website bisa bervariasi dalam durasi, tergantung pada banyak faktor. Proyek kecil untuk portofolio pribadi mungkin hanya memakan waktu beberapa minggu, sementara proyek yang lebih besar untuk bisnis bisa memakan waktu beberapa bulan. 

Artikel Terkait :   Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah

Kepastian durasi juga dipengaruhi oleh seberapa kompleks desain yang diinginkan, ketersediaan konten, tingkat kolaborasi dengan klien, serta proses pemilihan dan penyesuaian platform atau CMS yang digunakan.

Bagikan informasi ini
Hibat Darmawan

Hibat Darmawan

Hibat Darmawan adalah Seorang SEO Specialist yang menguasai bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2021.

Articles: 16

Leave a Reply