7 Perbedaan Website Blog dan Website Perusahaan

Bagikan informasi ini

Punya website jadi semakin penting buat yang mau eksis di ranah online. Tapi, tau nggak sih, ada perbedaan website blog dan website perusahaan? Nah, di sini kita bakal bahas tujuh pembeda yang jelas antara keduanya. 

Biar anda bisa pilih yang bener-bener cocok buat keperluan anda yaitu sebagai berikut:

perbedaan website blog dan website perusahaan

Tujuan yang Berbeda

Tujuan website itu kayak arah buat pesan yang mau disampaikan. Website blog tuh kayak temen yang suka cerita-cerita, isinya artikel, opini, atau kisah-kisah seru. Niatnya, buat sharing informasi atau pengalaman.

Website perusahaan lebih kayak vitrine buat nunjukin barang dagangannya, kayak produk, layanan, dan siapa mereka sebenarnya. Meskipun beda arah, tapi dua-duanya penting banget buat sukses di dunia online.

Konten dan Fungsionalitas yang Berbeda

Bedanya lagi di kontennya. Website blog lebih sering update konten baru, fresh dari oven, buat terus bikin orang dateng lagi. Sedangkan website perusahaan fokus ke informasi yang lebih statis tentang bisnis, kayak profil perusahaan, produk yang dijual, atau kontak. 

Fungsionalitasnya juga beda, website perusahaan lebih ke arah promosi produk dan layanan, sementara blog lebih fokus ke konten yang mengedukasi atau menghibur.

Fitur yang Relevan

Website blog suka banget pake fitur komentar biar yang baca bisa ngasih pendapat atau komen. Terkadang ada juga fitur arsip, kayak lemari arsip buat nyimpen artikel lama.

Website perusahaan lebih ke fitur yang bantuin jualan, kayak keranjang belanja biar bisa langsung beli barang, atau formulir kontak buat yang mau tanya-tanya soal produk. Jadi, meskipun beda, fitur-fitur ini tuh kayak alat bantu yang nyokap dan bapak yang punya kegunaan masing-masing.

Penggunaan Kasus yang Sesuai

Website blog itu cocok banget buat yang doyan sharing, kayak cerita atau tips dari pengalaman pribadi. Jadi, buat yang suka bagi pengetahuan atau cerita, itu tempat yang cocok banget. 

Artikel Terkait :   Cara Membuat Website Gratis dengan Mudah

Sementara website perusahaan lebih kayak baju rapi buat acara formal, cocok buat bisnis yang pengen langsung promosikan produk atau layanannya ke pelanggan. Jadi, pilihannya tuh sesuai sama kebutuhan bisnis atau keinginan mau ngeshare apa.

Panduan dalam Memilih Jenis Website yang Tepat

Kalau lagi mikirin mau bikin website, penting banget nih, buat ngecek apa yang sebenarnya anda butuhin. Gak asal pilih, deh, karena ini kayak dasar dari segalanya buat kehadiranmu online. Bayangin aja kayak pondasi rumah, harus kuat biar bangunannya stabil.

Jadi, sebelum memilih, pikir-pikir dulu apa tujuan sebenarnya anda bikin websitenya. Niatnya buat nulis cerita, jualan produk, atau mungkin nunjukin jasa yang anda tawarin. Harus dipertimbangkan dengan cermat supaya website yang dipilih tuh bener-bener sesuai sama apa yang anda mau capai.

Identitas dan Branding

Identitas dan branding penting banget nih buat website anda punya gaya yang nyambung sama dirimu. Ini gak cuma soal logo doang, tapi dari desain sampai warna, semuanya harus saling nyambung biar pengunjung langsung tau, “Ini beneran tempatnya si A atau si B nih.

Jadi, bayangin aja website itu kayak baju buat brand anda. Kalo anda brandnya lebih serius, mungkin warna dan desainnya juga lebih formal. Tapi kalau brand anda yang lebih santai dan asik, ya pasti desainnya lebih colorful dan ceria gitu. Yang penting, jangan lupa, website itu semacam kartu nama digital, jadi harus ngomongin tentang siapa anda dan apa yang anda tawarin dengan jelas.

Memilih dengan Bijak untuk Sukses Online

Dalam menentukan antara website blog atau website perusahaan, pilihlah dengan bijak berdasarkan pada tujuan, konten, fungsionalitas, serta identitas dan branding yang ingin Anda capai.

Artikel Terkait :   Cara Mengevaluasi Website UMKM untuk Sukses Online

Memahami perbedaan antara website blog dan website perusahaan adalah langkah awal yang penting dalam membangun kehadiran online yang kokoh. Pertimbangkan dengan seksama kebutuhan Anda dan pilihlah jenis website yang sesuai untuk mencapai tujuan Anda secara efektif.

Jadi, intinya, pertimbangin betul kebutuhan anda dan pilih yang pas biar tujuan anda bisa tercapai dengan lancar. Gitu deh, ceritanya. Langsung aja, pilih yang tepat, dan mulai petualangan online-mu.

Bagikan informasi ini
Hibat Darmawan

Hibat Darmawan

Hibat Darmawan adalah Seorang SEO Specialist yang menguasai bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2021.

Articles: 16

Leave a Reply