11 Jenis-jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Bagikan informasi ini

Di jagad internet yang luasnya kayak lautan, website tuh macem-macem, masing-masing punya tujuan dan fungsi yang beda. Website itu kaya perabotan dapur, ada yang buat nyimpen bahan baku, ada yang buat bikin kue, dan ada juga yang buat sajikan hidangan jadi. Jadi, penting banget buat kenal jenis-jenis website berdasarkan fungsinya biar kita bisa pilih yang bener-bener sesuai sama kebutuhan kita di dunia online.

Biar gak bingung, yuk kita bahas satu per satu biar lebih paham mana yang cocok buat kebutuhan kita. Siapa tau, ada yang pas banget buat jadi ladang kreativitas atau tempat jualan online kita, kan? Ayo, kita kupas satu per satu:

Website Pribadi

Website pribadi tuh kayak kartu nama digital yang bisa ceritain segalanya tentang kita. Di sini, kita bisa ngejelasin siapa kita, apa yang udah kita bikin atau hasil karya kita, plus curhat-curhatan atau cerita seru lewat blog kita.

Fitur-fiturnya juga keren banget. Ada biografi buat cerita tentang kita, portofolio buat nunjukin karya atau pencapaian, terus ada blog buat ngomongin hal-hal seru. Jangan lupa galeri foto buat pamer momen-momen penting dan kontak buat yang mau nyamperin atau kerja sama. Pokoknya, lengkap banget deh buat nunjukin siapa kita di dunia maya.

Website E-Commerce

Website e-commerce tuh kayak pusat belanja online kita. Di sini, kita bisa langsung beli barang atau jasa dari website-nya, kayak lagi jalan-jalan di toko online yang gede banget. Kita bisa pilih-pilih barang dari layar gadget kita, gak perlu repot-repot datang langsung ke toko fisik.

Jadi, bayangin aja, semua yang kita butuhin ada di sana. Mulai dari baju, gadget, barang kebutuhan sehari-hari, sampe jasa atau layanan yang kita mau, semuanya bisa kita dapatkan di sini dengan nyaman dan praktis.

Artikel Terkait :   Pengertian Jasa Pembuatan Website

Website Perusahaan

Coba bayangin website perusahaan kayak kartu nama gede buat bisnis mereka di dunia maya. Di situ, kita bisa nemuin info tentang produk atau jasanya, cerita tentang sejarah perusahaannya, dan kontak buat bisa nyambungin langsung.

Fitur-fiturnya juga keren banget buat ngasih info yang lengkap. Ada info produk atau jasa yang ditawarkan, cerita sejarahnya, plus kontak buat yang mau ngobrol langsung. Gak cuma itu, kadang juga ada info karir buat yang pengen kerja di sana dan link ke media sosial biar kita bisa tetap up to date sama perkembangan mereka. Jadi, kaya info lengkap yang jadi ‘face’ perusahaan di dunia maya.

Website Blog

Ceritanya, website blog itu kayak jurnal online yang bisa kita bagi ke banyak orang. Di sini, kita bisa nulis artikel, share foto atau video tentang apa saja yang kita suka atau tahu.

Fiturnya juga keren banget buat ngejalanin blog. Ada artikel yang bisa kita tulis sesuka hati, terus foto atau video buat nambahin keceriaan kontennya. Gak cuma itu, kadang juga ada fitur komentar buat ngobrol bareng pembaca atau forum buat diskusi lebih seru. Dan jangan lupa, link ke media sosial agar konten kita bisa disebarluaskan lebih luas lagi! Jadi, kayak tempat asyik buat berbagi cerita dan ngobrol bareng orang-orang di internet.

Website Portofolio

Website portfolio kayak galeri pameran karya kita di dunia online. Di sini, kita bisa tampilin semua hasil kreativitas kita, kayak lukisan, desain, atau foto yang udah kita buat.

Fiturnya simpel tapi keren banget. Ada galeri buat nampilin semua karya kita dengan cantik, terus ada info tentang karya-karya itu sendiri. Biasanya juga ada kontak buat yang tertarik sama karya kita, jadi mereka bisa langsung nyambungin kita buat berbagai kerja sama atau diskusi. Jadi, kayak tempat pamer kehebatan dan kreativitas kita di dunia maya.

Artikel Terkait :   ⁠Panduan lengkap cara membuat website gratis di google sites

Website Berita

Ceritanya, website berita itu kayak koran online yang ngasih tau kita tentang berita terkini. Di situ, kita bisa baca artikel, nonton video, atau liat foto-foto yang jadi beritanya. Fiturnya juga keren buat ngasih info yang lengkap. Ada artikel berita yang bisa kita baca dari layar gadget kita, video buat tambah penjelasan, dan foto-foto yang jadi pendukung ceritanya. 

Terus, biasanya juga ada fitur komentar biar kita bisa ngasih pendapat atau diskusi sama pembaca lain. Bahkan, kadang ada forum buat diskusi yang lebih seru tentang berita terbaru. Jadi, kayak tempat buat kita tetap update dan diskusi seru tentang apa yang lagi terjadi di sekitar kita.

Website Komunitas

Website komunitas itu kayak klub buat orang-orang yang punya minat sama. Di sini, kita bisa nyambungin sama orang-orang yang suka hal yang sama kayak kita, kayaknya lagi gabung di klub favorit gitu.

Fiturnya seru banget buat ngelancarin interaksi. Ada forum buat diskusi panjang lebar, grup buat ngebahas hal spesifik, dan kadang juga ada info tentang acara-acara seru yang bakal digelar. Plus, gak jarang juga ada link ke media sosial biar kita bisa stay connected sama komunitas kita di dunia maya. 

Website Pemerintah

Website pemerintah itu kayak pusat informasi resmi dari negara kita. Di situ, ada segudang info penting dari pemerintah, kayak kebijakan, peraturan, dan layanan yang bisa dimanfaatin sama kita semua.

Fiturnya lengkap banget buat ngasih info yang penting. Ada info tentang kebijakan yang lagi berlaku, peraturan yang harus kita tau, plus info tentang layanan-layanan penting dari pemerintah. Gak cuma itu, kadang juga ada link ke media sosial biar kita bisa terus up to date sama berita-berita terbaru dari pemerintah.

Artikel Terkait :   5 Manfaat Website Toko Online untuk Bisnis di 2024

Website Edukasi 

Nah, website edukasi itu kaya sekolah di internet, tempat kita bisa belajar atau latihan. Di sana, kita bisa temuin materi pembelajaran, latihan soal, atau malah diskusi bareng temen-temen sekelas.

Ada materi pembelajaran yang lengkap, latihan soal buat ngasah kemampuan, dan kadang juga ada forum buat diskusi sama yang lain. Bahkan, tak jarang juga ada link ke media sosial biar kita bisa terus belajar sambil tetap terkoneksi sama temen-temen dan pengajar. 

Website Hiburan

Website hiburan tuh kaya taman bermain di dunia maya. Di situ, kita bisa nemuin video keren, dengerin musik favorit, atau malah main game seru. Fiturnya bikin betah banget buat ngeluarin senyum. 

Ada video-video asyik buat ditonton, playlist musik yang bisa kita dengerin, sampe game-game yang bisa bikin kita betah berlama-lama di sana. Gak cuma itu, ada juga link ke media sosial biar kita bisa share kesenangan kita dengan teman-teman kita di dunia maya. Jadi, kayak pusat hiburan digital yang bisa bikin hari kita jadi lebih seru dan menyenangkan.

Pilihlah Website yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Yuk, mulai pilih-pilih website yang bener-bener pas sama kita. Gini, tiap jenis website tuh kayak alat dapur, ada yang buat masak, ada yang buat ngeblend, semuanya punya peran masing-masing. 

Kalo kita pengen jualan, mungkin toko online cocok. Kalo pengen nunjukin hasil karya, website portfolio jadi pilihan oke. Atau kalo cuma pengen nulis-nulis atau ngobrol santai, blog juga bisa jadi pilihan tepat. Jadi, pilih yang bener-bener sesuai sama kebutuhan dan mulai tuangkan ide-ide keren kita di dunia maya.

Bagikan informasi ini
Hibat Darmawan

Hibat Darmawan

Hibat Darmawan adalah Seorang SEO Specialist yang menguasai bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2021.

Articles: 16

Leave a Reply