Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan (S&K) ini berlaku untuk seluruh Layanan dari PT Dapanel Media Indonesia dengan situs web di https://dapanel.id dan portal platform layanan Dapanel Media Indonesia, anak perusahaan dan afiliasinya (secara kolektif disebut sebagai “Dapanel Media Indonesia”). 

DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN DAPANEL MEDIA INDONESIA, ANDA (“PELANGGAN”) TELAH MENYETUJUI S&K DI BAWAH INI.

Dapanel Media Indonesia berhak, atas kebijakannya sendiri, untuk mengubah, memodifikasi, menambah, atau menghapus S&K ini, kapan saja. 

Pelanggan bertanggung jawab untuk mengakses syarat dan ketentuan ini secara berkala untuk memeriksa apakah terdapat perubahan pada syarat dan ketentuan. Jika Pelanggan tetap menggunakan Layanan Dapanel Media Indonesia berarti Pelanggan menerima dan menyetujui perubahan tersebut.

Layanan

Di bawah ini merupakan syarat dan ketentuan dari layanan yang akan diberikan oleh Dapanel Media Indonesia kepada Pelanggan:

  1. Menyediakan layanan jasa yang sehubungan dengan layanan Dapanel Media Indonesia.
  2. Memberikan dukungan teknis kepada Pelanggan jika diperlukan;

Dapanel Media Indonesia sewaktu-waktu dapat mengubah prosedur pelaksanaan Layanan tanpa pemberitahuan dan tidak memiliki tanggung jawab apapun terhadap Pelanggan.

Konten yang dilarang

Jika Dapanel Media Indonesia menemukan adanya Konten Pelanggan yang melanggar hukum, atau menyalahgunakan hak dari pihak ketiga, atau melanggar ketentuan materi dari S&K ini, Dapanel Media Indonesia akan memberikan notifikasi kepada Pelanggan terkait dengan konten yang dilarang dan dapat meminta agar konten tersebut segera dihapus dari Layanan, menangguhkan, atau menonaktifkan akses ke akun konten yang dilarang. 

Kegiatan atau isi konten yang dilarang termasuk:

  1. Penggunaan Layanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada server Dapanel Media Indonesia atau server lain di internet. Jika Pelanggan diduga menyalahgunakan sumber daya komputasi (compute resources), baik yang disebabkan oleh malware, CPU hogging, atau alasan lain yang menyebabkan gangguan pada infrastruktur Dapanel Media Indonesia dan Layanan Pelanggan Dapanel Media Indonesia lainnya, maka Layanan Pelanggan yang terindikasi tersebut akan ditangguhkan.
  2. Penggunaan Layanan dengan materi yang dianggap mengancam, atau menyerang, dan memiliki indikasi yang mengandung ujaran kebencian Suku, Agama, Ras, dan Antar-golongan (SARA), atau materi yang dilindungi kerahasiaannya termasuk ketetapan perdagangan lainnya.
  3. Penggunaan Layanan yang mendukung aktivitas ilegal. Seluruh akun Layanan Dapanel Media Indonesia dilengkapi dengan fasilitas bandwidth dengan network traffic tanpa kuota dan tanpa berbayar dalam batasan yang wajar. Jika Pelanggan terindikasi menggunakan fasilitas bandwidth untuk hal-hal ilegal seperti botnet, seeding/leeching torrent, atau aktivitas ilegal lainnya yang dapat mengganggu kegiatan Pelanggan Dapanel Media Indonesia lainnya, maka Dapanel Media Indonesia berhak untuk menurunkan kapasitas bandwidth atau pun segera menangguhkan Layanan milik Pelanggan tersebut.
  4. Penggunaan Layanan melalui materi bahwa hak cipta dimiliki oleh pihak lain dan penggunaannya tanpa izin.
  5. Penggunaan Layanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada nama baik Dapanel Media Indonesia. Jika Pelanggan tidak menghapus atau menonaktifkan akses terhadap konten yang dilarang dalam waktu 1 (satu) hari setelah pemberitahuan, maka Dapanel Media Indonesia berhak menghapus atau menonaktifkan akses ke isi konten yang dilarang atau menangguhkan Layanan.

Biaya dan Pajak

Pelanggan telah setuju untuk melakukan pembayaran kepada Dapanel Media Indonesia untuk menggunakan Layanan yang ditawarkan dengan jumlah biaya sebagaimana yang ditentukan dalam Ketentuan Pembayaran (“Biaya”). 

Seluruh biaya yang tercantum pada website dan media komunikasi lain tidak termasuk atau belum mencantumkan nilai pajak, biaya atau jumlah lainnya, namun telah ditetapkan tanpa batasan konsumsi, pajak pertambahan nilai dan pemotongan, yang dipungut berdasarkan besaran nilai biaya tersebut, atau atas S&K ini, atau aturan pemerintah.

Setiap pajak yang terkait dengan Layanan yang diberikan akan (selain pajak berdasarkan pada laba bersih Dapanel Media Indonesia) dibayarkan oleh Pelanggan. Pajak yang berlaku akan ditagih pada item terpisah yang tercantum pada faktur.

Komitmen Layanan

Dapanel Media Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan kepada Pelanggan.

Kondisi Penghentian Layanan

Dapanel Media Indonesia dapat menangguhkan kinerja Layanan dan / atau menghentikan Layanan, jika Pelanggan:

  1. Melakukan pelanggaran pada materi S&K, yang sifat pelanggarannya tidak dapat diperbaiki;
  2. Melanggar ketentuan materiil dari S&K ini, yang pelanggarannya dapat diperbaiki (termasuk kegagalan membayar tagihan/invoice kepada Dapanel Media Indonesia);
  3. Bangkrut, berhenti menjalankan bisnis sebagai urusan yang berkelanjutan, tidak mampu membayar utangnya ketika jatuh tempo, atau menjadi objek institusi proses sukarela atau tidak sukarela dalam kebangkrutan atau likuidasi;
  4. Secara tertulis jika Pelanggan, karyawannya, agen, kontraktor atau pihak ketiga yang terkait mengakses layanan secara tidak sah, menyebabkan setiap pelanggaran keamanan yang berkaitan dengan Layanan, atau jika Dapanel Media Indonesia secara wajar mencurigai adanya kegiatan penipuan atau melanggar hukum pada bagian tersebut.
  5. Dalam S&K penghentian Layanan ini, Pelanggan setuju untuk mengabaikan ketentuan Pasal 1266 KUHP Indonesia (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia).
  6. Setelah berakhirnya atau pengakhiran S&K ini karena alasan apa pun, hak Pelanggan untuk menggunakan Layanan, dan hak-hak lain apa pun yang diberikan kepada Pelanggan segera berakhir.
  7. Semua biaya untuk Layanan yang diberikan kepada Pelanggan akan jatuh tempo dan wajib dibayarkan pada saat menerima invoice terakhir.

Batasan Tanggung Jawab

Pelanggan mengakui dan menyetujui bahwa Dapanel Media Indonesia mengizinkan Pelanggan lain (atau vendor yang ditunjuk Pelanggan) untuk meng-install perangkat lunak dan peralatan lainnya di server publik. 

Selain aktivitas yang melanggar hukum, Dapanel Media Indonesia tidak akan bertanggung jawab kepada Pelanggan atas kerusakan tidak langsung, konsekuensial, exemplary, insidental, atau hukuman, termasuk kehilangan profit, kerugian bisnis bahkan jika Dapanel Media Indonesia telah diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut.

Selain tentuan-ketentuan yang disebutkan dalam syarat dan ketentuan ini, Dapanel Media Indonesia dinyatakan bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian yang terkait dengan syarat dan ketentuan ini, baik yang timbul karena pelanggaran syarat dan ketentuan ini (termasuk kelalaian), berdasarkan undang-undang atau lainnya, keterbatasan jumlah yang diterima Dapanel Media Indonesia dari Pelanggan sesuai dengan syarat dan ketentuan ini dalam 3 (tiga) bulan sebelum tanggal klaim pertama kali ditegaskan.

Penafian (Disclaimers)

Dapanel Media Indonesia dalam keadaan apa pun tidak menjanjikan bahwa Layanannya tidak akan terganggu, bebas dari kesalahan, atau sepenuhnya aman dan jaminan tersirat mengenai dapat diperjual belikan, atau kualitas yang memuaskan, kesesuaian untuk tujuan tertentu dan tidak ada pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual pihak ketiga mana pun.

Semua Layanan disediakan atau dilakukan berdasarkan “apa adanya”, “sebagaimana mestinya”, dan penggunaan Layanan oleh Pelanggan semata-mata atas risikonya sendiri.

Penafian di atas berlaku untuk segala kerusakan, pertanggungjawaban atau cedera yang disebabkan oleh kegagalan kinerja, kesalahan, kelalaian, gangguan, penghapusan, cacat, keterlambatan pengoperasian atau transmisi, virus komputer, kegagalan saluran komunikasi, pencurian atau perusakan atau akses yang tidak sah, perubahan, atau penggunaan, baik untuk pelanggaran kontrak, kesalahan, kelalaian atau penyebab tindakan lainnya.

Dapanel Media Indonesia berhak untuk melakukan hal-hal berikut, kapan saja, tanpa pemberitahuan: (1) mengubah, menangguhkan, atau menghentikan akses ke Layanan; (2) menghentikan operasi Layanan, atau bagian mana pun dari Layanan, sebagaimana diperlukan untuk melakukan pemeliharaan rutin atau non-rutin, koreksi kesalahan, atau perubahan lainnya.

Hukum dan Yurisdiksi yang Berlaku

S&K ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Jika perselisihan, kontroversi atau klaim yang timbul dari atau sehubungan dengan Perjanjian ini atau muncul diluar Perjanjian ini (Perselisihan), Pihak yang mengklaim bahwa Perselisihan telah muncul harus segera memberi tahu Pihak lain yang memberikan rincian Perselisihan tersebut. Selama periode 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan tersebut diberikan, masing-masing Pihak harus menggunakan upaya terbaiknya untuk menyelesaikan Perselisihan. 

Jika kedua belah Pihak tidak dapat menyelesaikan Perselisihan dalam periode 30 hari, masing-masing Pihak akan segera merujuk Perselisihan tersebut kepada pejabat yang berwenang (atau delegasi mereka) untuk melakukan penyelesaian. 

Jika pejabat yang berwenang (atau delegasi) dari kedua Pihak tidak dapat menyelesaikan Perselisihan dalam waktu empat belas hari dari tanggal dimana Perselisihan tersebut dirujuk kepada mereka, maka kedua belah pihak setuju bahwa Perselisihan akan dirujuk dan akhirnya diselesaikan oleh Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).