Pengertian Google Adwords Adalah

Bagikan informasi ini

Pada dasarnya Google Adwords adalah sebuah fitur google yang dapat menampilkan iklan yang berbayar terhadap hasil pencarian Google. Namun, jika Anda mencari sesuatu dan memasukkan kata kunci kepada search engine Google, maka hasil yang akan Anda dapat akan termasuk dari data iklan atau Ads.

Seringkali fitur dari Google adwords digunakan oleh para pembisnis online saat ini, atau mungkin termasuk Anda juga. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Google adwords, Anda dapat mempelajarinya pada pembahasan yang kami cantumkan di bawah ini.

Pengertian Google Adwords Adalah ?

Google Adwords merupakan sebuah fitur berguna dalam mengiklankan bisnis Anda pada halaman search engine pencarian Google dengan menggunakan kunci tertentu yang sesuai dan juga relatif dalam bidang bisnis yang sedang Anda jalani, fitur yang satu ini pastinya diklaim dapat menjawab berbagai keresahan yang dirasakan para pembisnis, mulai dari penjualan yang masih belum banyak, sampai bisnis yang belum diketahui oleh banyak orang.

Adapun pada tahun 2018 yang lalu, Google pun secara resmi dapat mengubah nama dari Google adwords menjadi Google Ads, meski terdapat perubahan-perubahan nama. Akan tetapi, secara penggunaanya tak ada yang berbeda sama sekali. Jadi, Anda tak perlu khawatir dalam menggunakan Google adwords ini.

Kelebihan dan Keuntungan Google Adwords

Di era yang serba digital seperti pada saat ini, pastinya setiap pembisnis online pastinya memerlukan suatu fitur yang dapat membantu mereka saat proses pemasaran bisnisnya guna untuk menjangkaun lebih banyak pengunjung beserta target pasar yang terarah.

Terdapat beberapa keuntungan yang dapat Anda ambil ketika menggunakan Google adwords tersebut dalam pemasaran bisnis. Adapun untuk beberapa keuntungan dan kelebihan yang terdapat pada Google adwords tersebut, yakni sebagai berikut:

Hemat Biaya

Hemat dalam mengeluarkan biaya, mungkin Anda mengira bahwa memasang iklan terhadap Google Ads membutuhkan biaya yang mahal, Akan tetapi pada kenyataannya dalam memasang iklan pada Google Ads sangat-sangat terjangkau. Bahkan Anda dapat memulai dalam memasang iklan hanya dengan Rp.50.000 saja.

Artikel Terkait :   Apa Saja Tugas Seorang Developers ?

Anda tersebut juga bisa mendapatkan biaya yang lebih sedikit lagi, kalau pintar dalam mengatur dan menggunakan strategi Pay Per Click dalam penayangan iklan yang Anda gunakan. Dengan adanya sistem tersebut maka Anda hanya dikenakan biaya bisa target ataupun konsumen Anda mengklik iklan yang Anda pasang.

Menguasai Pasar Online

Dengan menggunakan Google adwords ini Anda akan menguasai pasar online. Mengapa demikian? Karena Google telah berhasil dalam menguasai market shere mesin pencari atau search engine seluruh dunia, dengan tingkat persentase yang mencapai 92%. Bahkan di negeri kita Indonesia ini, search engine Google sudah berhasil dalam menguasai mesin pencari dengan persentase sebanyak 97%.

Lain daripada itu, Google juga mempunyai mesin pencari lain seperti Yahoo. Akan tetapi, dalam mesin pencari Yahoo hanya menguasai pasar search engine pada persentase 0,9%. Untuk search engine Bing hanya menyentuh angka 0,3% tentunya hal tersebut berbeda jauh dengan Google.

Target Pasar Lebih Spesifik

Keuntungan yang terakhir, ketika Anda menggunakan Google adwords, Anda dapat menargetkan pasar yang lebih spesifik, Anda dapat menargetkan pasar yang sedang Anda tuju. Bahkan, Anda juga dapat melakukan pengaturan iklan agar dapat tampil pada perangkat tertentu saja selama penayangannya.

Anda dapat mengatur iklan supaya nantinya dapat tampil pada perangkat tertentu atau milih salah satu dari perangkat tersebut, entah itu komputer maupun smarphone dan lainnya. Lain daripada itu, Google adwords juga dapat melakukan pengaturan berdasarkan lokasi serta Anda juga dapat mengatur sendiri jadwal tayang dari iklan.

Cara Menggunakan Google Adwords

Setelah kita mengetahui pengertian dari Google adwords beserta keuntungannya ketika menggunakan dalam bisnis yang kita miliki, berikut kami juga akan membahas bagaimana cara menggunakan atau cara menggunakan Google adwords. Simak ulasannya!

Artikel Terkait :   Ditolak Google AdSense? Pakai 10+ Alternatif Ini Saja!

1. Buat Akun Google

Agar bisa login ke Google adwords, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Google terlebih dahulu, atau jika Anda sudah memilikinya, cukup login saja pada Google adwords dengan menggunakan email yang sudah tercantum.

2. Pilih Goal atau Tujuan Beriklan

Kalau Anda sudah login ke Google adwords, pertama Anda lihat kalimat “pick a goal for your ad”. Disini Anda dapat memilih goal yang ingin Anda capai, Anda dapat memilih tiga pilihan tujuan yakni: Call Your Business, Visit Your Storefront, Take An Action On Your Website. Anda dapat mempelajari ketiga tujuan tersebut sebelum Anda memilihnya.

3. Pilih Target Lokasi

Jika Anda sudah yakin dengan tujuan yang sudah Anda pilih terhadap proses tadi, maka langkah selanjudnya Anda dapat memilih target lokasi dengan bebas, sesuai kebutuhan bisnis Anda. Dari situ Anda dapat memperluas atau mempersempit target dari lokasi.

4. Pilih Kategori Bisnis

Selanjutnya Anda dapat memilih kategori bisnis. Pada langkah ini Anda dapat menemukan kategori bisnis sesuai dengan produk ataupun layanan yang Anda tawarkan tersebut. Adapun kalau bisnis yang sedang Anda jalankan pada saat ini bisnis kuliner, maka Anda dapat memilih kategori bisnis makanan atau kuliner di Google adwords.

Dilakukannya hal tersebut, guna untuk dapat menemukan pasar secara tepat dan menargetkan audience sesuai dengan kategori bisnis yang sedang Anda jalani, dengan memilih kategori tersebut, bisnis Anda dapat mendapatkan target sesuai aoudien yang cocok.

5. Membuat Copy Untuk Iklan

Langkah selanjutnya yakni, Anda dapat membuat copy iklan. Pada langkah ini, Anda butuh kemampuan copywritting. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan teknik copywritting ketika beriklan, Anda dapat menggaet audience supaya bisa mengklik iklan yang Anda tayangkan.

Ketika dibagian headline iklan, Google akan memberikan batasan sebanyak 30 kata, sedangkan dalam isi iklannya Google akan memberikan batas hingga 80 kata. Jadi, Anda dapat memanfaatkan batas yang diberikan Google.

Artikel Terkait :   Bahaya dan Cara Menghapus Cookie Browser

6. Memasukkan Foto atau Logo Bisnis

Setelah menambahkan tulisan pada iklan, selanjutnya Anda dapat memilih foto ataupun logo bisnis yang Anda miliki. Akan tetapi, untuk memasukkan image atau logo yakni bersifat oprasional dan tak harus memasangnya.

7. Menentukan Biaya Iklan

Langkah berikutnya yakni menentukan biaya, ketika hendak membuat iklan di Google adwords, Anda dapat menentukan biaya iklan Anda secara bebas. Anda tak usah khawatir dengan biaya iklan yang mahal dikarenakan Google sudah menerapkan sistem PPC.

Pada sistem yang satu ini, Anda hanya perlu membayar apabila iklan yang Anda buat tersebut diklik oleh para audience. Oleh karena itu, hal ini diklaim mampu menghemat lebih banyak biaya iklan sehingga Anda bebas dalam menerapkan estimasi biaya iklan perbulannya.

8. Pilih Metode Pembayaran

Adapun langkah yang terakhir dalam menggunakan Google adwords yakni memilih metode dalam pembayaran, setelah Anda mengisi beberapa data, mulai dari tulisan iklan dan menambahkan foto, selanjutnya Anda tinggal menentukan metode pembayaran mana yang akan kamu pergunakan.

Anda dapat menentukan metode pembayaran melalui via trasnfer bank atau juga bisa melakukan metode pembayaran menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan juga metode yang Anda punya. Dalam metode pembayaran ini Anda dapat melakukan secara bebas.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai pengertian Google adwords, dan apabila pada saat ini Anda sedang membangun sebuah bisnis, Anda dapat mencoba untuk memasang iklan pada layanan Google adwords, suapaya bisnis Anda mencapai target audiens dan juga pasar yang lebih luas.

Selain itu, dengan menggunakan layanan ini, Anda juga mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari Anda bisa memilih target, memilih lokasi mana saja yang akan Anda tujuh dalam memasarkan produk serta Anda juga dapat meningkatkan brand bisnis.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply