Yuk, Mengenal Elementor, Plugin Page Builder dari WordPress

Bagikan informasi ini

Di masa sekarang ini membuat sebuah website bukanlah sebuah hal sulit lagi seperti dulu. Semenjak hadirnya Elementor dan Page builder lainnya yang memudahkan kita. Sehingga membuat website jadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa background keahlian tertentu.

Just for information, Elementor merupakan page live builder untuk mengelola, mengedit, mendesain website secara real time. Dengan tampilan user interface sangat friendly sehingga dapat membantu pemula dalam membuat website secara mudah, efisien dan praktis

Yapss, kamu bisa belajar ulik lebih lanjut melalui website resminya Elementor atau mengundunya langsung disini. simak terus ulasan lengkapnya dalam artikel ini yaa gengss.

Apa Itu Elementor ?

Sama seperti penjelasan diatas, Elementor merupakan page builder dari CMS (Content Management System) WordPress. Yang ini berarti Elementor hanya bisa digunakan di WordPress saja karena merupakan sebuah plugin dari platform wordpress dan tidak bisa bisa digunakan di platform atau framework lainnya.

Yapss, ada 2 versi plugin Elementor yang bisa kita gunakan. Yaitu versi yang Free dan versi Pro.

Meski memiliki fitur yang sama, ada banyak perbedaan lohh gengss antara Elementor Free vs Pro, lho. Ini penting untuk kita ketahui sebelum ingin menggunakan plugin Elementor.

Elementor Free

Dalam plugin versi free kamu dapat melakukan cukup banyak hal basic dalam pembuatan website seperti menambahkan hover animation, Heading, Footer, Header, Template dan lain lain secara fitur basic. Tipss nya aku nihh gengss Elementor Free ini sangat cocok bagi pemula untuk belajar membuat website karena tidak membingungkan sebelum lompat ke versi yang Pro.

Elementor Pro

Dalam versi Pro ini merupakan versi terlengkap dari elementor yang berfungsi sebagai add-on seperti theme yang lebih banyak, template professional, form builder, custom css, element pro atau fitur yang tidak didapatkan di yang versi Free. Versi Pro ini sangat cocok untuk developer website intermediate sampai advanced yang membutuhkan fitur – fitur khusus.

Artikel Terkait :   Google Site Kit: Plugin yang Memudahkan Optimasi Website!

Apa Saja Yang Dapat Dibuat Dengan Elementor ?

Selain dapat mendesan halaman. Elementor menawarkan berbagi fitur yang banyak dibutuhkan untuk pembuatan website. Berikut ini Fitur yang dapat dibuat dengan elementor :

  • Widget, sebagai elemen tambahan untuk fitur website
  • Op-in forms, Fitur ini adalah sebuah formulir yang disediakan dan dirancang untuk meminta data dan informasi dari pengunjung website
  • Landing Page, fitur khusus untuk dapat mengajak pengunjung website untuk melakukan feedback atau aksi tertentu.
  • Pop-up, merupakan fitur yang berfungsi memunculkan pesan secara tiba-tiba di website untuk tujuan pesan maupun promosi iklan.
  • Custom header dan footer, yaitu fitur bagian atas website (header) dan bawah website (footer) yang bisa di kustom, baik secara desain maupun fungsi fitur.
  • Custom post types, yaitu fitur pada post artikel yang bisa kita kustom baik secara desain maupun fungsi fitur
  • Dan lain – lain

Kelebihan Dan Kekurangan Elementor

Sama seperti plugin – plugin lainnya, Elementor mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya :

  • Mudah Digunakan, Elementor merupakan pugin yang dapat digunakan siapa saja karena sangat user friendly yang dapat memudahakan dalam proses pembuatan website
  • Fungsionalitas, elementor merupakan plugin berkualitas yang dapat membantu pengguna dalam mengurangi plugin plugin tertentu karena bersifat All in one
  • Integrasi, Dengan Elementor, pengguna dapat menggunakan bersama dengan plugin-plugin lainnya, seperti Yoast SEO, plugin media sosial, dan juga plugin lainnya.

So, apa saja kekurangan Elementor? Beberapa kekurangan Elementor antara lain adalah tak memperbolehkan pengguna melakukan kustomisasi tampilan URL website , terkadang tampilan font dan teks tidak sinkron, serta fitur penting sekelas Mailchimps, Confirmation Email, Hubspot, dan sebagainya hanya tersedia dalam versi yang Pro.

Artikel Terkait :   Syarat Membuat Website

Itulah kilas mengenal tentang plugin Elementor dar WordPress. Bermanfaat tidak gengss ? semoga iyaa yaa. Kamu bisa belajar lohh membuat website secara gratis melalui platfom belajar website WPClub.id disana kamu akan belajar mulai dari syarat pembuatan website, cara pembuatan website serta teknis lainnya tentang website. Masih ada kesulitan? kamu bisa konsultasi gratis loh lewat hubungi kami.

Bagikan informasi ini
Donni Melfiansyah

Donni Melfiansyah

Donni Melfiansyah Web Developer di WP Club Indonesia, Antusias dengan website, SEO serta media sosial dan keep learning tentang Digital Marketing.

Articles: 2

Leave a Reply