Tutorial Cara Cek Backlink Website dan Tools Backlink Checker

Bagikan informasi ini

Link building adalah proses membangun tautan (link) yang mengarah ke situs web Anda dari situs web lain. Salah satu tujuan dari strategi link building adalah mendapatkan backlink (tautan kembali) yang baik. Lantas bagaimana cara cek backlink? dan apa itu backlink?

Tenang! Semua pertanyaan Anda terkait backlink dan cara mengeceknya akan penulis bahas di artikel ini. Karena bagaimanapun backlink merupakan salah satu faktor penting dalam optimasi mesin pencari (SEO) yang dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di halaman hasil pencarian.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memonitor backlink Anda dan mengetahui backlink yang dimiliki oleh pesaing Anda. Berikut adalah tutorial cara cek backlink website dan tools backlink checker yang dapat membantu Anda melakukan riset backlink dengan lebih mudah dan cepat.

Apa itu Backlink?

Backlink adalah tautan (link) yang mengarah dari situs web lain ke situs web Anda. Backlink juga dikenal sebagai inbound link atau incoming link. Backlink sangat penting dalam optimasi mesin pencari (Off Page SEO), karena mesin pencari seperti Google mempertimbangkan jumlah dan kualitas backlink yang dimiliki suatu situs web ketika menentukan peringkatnya di halaman hasil pencarian.

Analoginya seperti ini, Anda sedang berbicara dengan teman Anda, lalu merekomendasikan restoran yang Anda sukai. Kemudian teman Anda tertarik dan penasara, ia pun mencari restoran tersebut di Google dan menemukan situs web restoran tersebut, tautan (backlink) dari situs web teman Anda ke situs web restoran tersebut merupakan bentuk dukungan dan rekomendasi untuk situs web restoran tersebut.

Dalam hal yang sama, ketika situs web lain mengarahkan tautan sebagai bentuk rekomendasi ke situs web Anda, itu menunjukkan bahwa situs web Anda memiliki konten yang bermanfaat dan relevan, dan hal ini dapat meningkatkan otoritas atau kepercayaan website dan peringkat SEO situs web Anda.

Mengapa Backlink Penting?

Mungkin Anda juga bertanya dan sering mendengar di forum-forum SEO terkait pertanyaan “Mengapa backlink itu penting?” Jadi begini penjelasan simpelnya, misalnya Anda memiliki toko online, dan ada beberapa situs web atau blog milik orang lain yang menautkan link ke produk atau website Anda, itulah yang disebut “backlink”.

Lalu, apa pentingnya? Pentingnya backlink adalah karena mesin pencari atau search engine seperti Google menggunakannya sebagai salah satu faktor dalam menentukan peringkat situs web di halaman hasil pencarian. Jadi, semakin banyak dan berkualitas backlink yang dimiliki situs web Anda, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google.

Contoh lain, jika situs web Anda memiliki banyak backlink dari situs web terkenal yang serupa dengan industri Anda, maka Google akan menganggap situs web Anda sebagai situs web yang berkualitas dan relevan. Hal ini dapat membantu meningkatkan otoritas domain situs web Anda dan membantu meningkatkan peringkat SEO situs web Anda.

Dalam hal bisnis online, backlink juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas (traffic) ke situs web Anda dan memungkinkan untuk meningkatkan jumlah konversi atau penjualan Anda. Semakin banyak orang yang menemukan situs web Anda melalui backlink, semakin banyak kesempatan untuk menghasilkan penjualan.

Jadi pada intinya, backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda. Mereka penting dalam optimasi mesin pencari terutama dalam strategi optimasi off page SEO atau banyak orang menyebutnya sebagai Link Building.

Manfaat Cek Backlink

Dengan melakukan cek backlink secara teratur, Anda dapat memantau kualitas backlink yang dimiliki situs web Anda. Anda dapat mengetahui apakah ada backlink dari situs web spam atau situs web yang tidak relevan dengan bisnis Anda, sehingga Anda dapat melakukan tindakan untuk menghapus atau menolak backlink tersebut.

Berikut ini adalah beberapa metrik yang bisa Anda jadikan panduan dalam mengecek backlink yang tertaut ke website Anda. Pilah dan pilihlah backlink mana yang berkualitas untuk website Anda untuk mengurangi spam score pada website dan khawatirnya jika Anda tidak mengecek backlink secara berkala, Anda tidak tahu bahwa backlink yang datang pada website Anda ternyata adalah backlink yang tidak berkualitas dengan skor spam yang tinggi.

Maka, jangan heran jika saat Google melakukan update algoritma seperti core web vital, rankbrain, ataupun product review update, website Anda mengalami penurunan traffic dan lebih mengerikannya lagi adalah website Anda hilang dari halaman mesin pencari.

Yuk simak baik-baik apa saja metrik yang harus Anda perhatikan saat mengecek inboud link atau dikenal juga “backlink” pada ulasan berikut ini.

Melihat Kinerja Anchor Text

Untuk melihat kinerja anchor text saat cek backlink, Anda dapat menggunakan beberapa tools backlink checker seperti Ahrefs, SEMrush, atau Majestic.

Di Ahrefs, misalnya, Anda dapat menggunakan fitur “Anchors” pada menu Site Explorer. Pada fitur ini, Anda dapat melihat daftar anchor text yang digunakan pada backlink yang mengarah ke situs web Anda beserta jumlah backlink yang menggunakannya. Anda juga dapat melihat backlink yang paling banyak menggunakan anchor text tertentu dan halaman situs web Anda yang paling banyak di-link dengan anchor text tersebut.

Dari sini, Anda dapat mengevaluasi kinerja anchor text tersebut dan melakukan tindakan untuk meningkatkan kualitas backlink yang mengandung anchor text tersebut. Misalnya, jika terdapat anchor text yang terlalu sering digunakan seperti kata “klik di sini”, Anda dapat mencoba menggunakan variasi kata kunci atau anchor text yang lebih natural dan relevan dengan konten situs web Anda dengan memperhatikan konteks dan industri dimana situs web Anda bermain..

Bagian ini sangat krusial untuk dilakukan saat Anda mengecek backlink, karena penggunaan anchor text yang tepat dan relevan dapat membantu meningkatkan peringkat SEO situs web Anda, sedangkan penggunaan anchor text yang tidak tepat dan tidak relevan dapat merugikan kinerja SEO situs web Anda.

Memperbaiki Profile Backlink

Memperbaiki profile backlink saat cek backlink dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas backlink dan meningkatkan peringkat SEO situs web Anda. Berikut adalah beberapa tips dan metrik yang harus Anda perhatikan untuk memperbaiki profile backlink:

Evaluasi Kualitas Backlink

Pertama-tama, Anda harus mengevaluasi kualitas backlink yang mengarah ke situs web Anda. Gunakan tools backlink checker seperti Ahrefs, SEMrush, atau Majestic untuk melihat jumlah backlink yang mengarah ke situs web Anda, serta kualitas dan relevansi backlink tersebut.

Artikel Terkait :   Mengenal SEO Off Page Website

Hapus atau Disavow Backlink yang Tidak Relevan

Jika terdapat backlink yang tidak relevan atau tidak berkualitas, coba untuk menghapusnya. Anda dapat menghubungi pemilik situs web yang memberikan backlink tersebut dan meminta untuk dihapus.

Ganti Anchor Text

Jika anchor text yang digunakan pada backlink tidak tepat atau terlalu sering digunakan, coba untuk mengganti dengan kata kunci atau anchor text yang lebih natural dan relevan dengan konten situs web Anda.

Cari Backlink Baru

Carilah kesempatan untuk mendapatkan backlink baru dari situs web berkualitas dengan menggunakan teknik outreach atau guest posting. Pastikan untuk mendapatkan backlink dari situs web yang relevan dan berkualitas.

Perbaiki Internal Linking Sesuai SILO

Memperbaiki internal linking pada situs web Anda juga dapat membantu memperbaiki profile backlink. Pastikan untuk menghubungkan konten yang relevan pada situs web Anda dengan menggunakan anchor text yang tepat.

Dengan melakukan strategi di atas, Anda dapat memperbaiki profile backlink dan meningkatkan kualitas backlink yang mengarah ke situs web Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat SEO situs web Anda dan meningkatkan trafik organik yang masuk ke situs web Anda.

Menganalisa Perkembangan Kompetitor

Menganalisa perkembangan kompetitor adalah salah satu strategi penting dalam SEO terutama saat mengaudit backlink pada situs web Anda.

Ini dapat membantu Anda memahami persaingan di pasar dan membuat keputusan yang tepat dalam perencanaan strategi SEO Anda. Salah satunya adalah dengan cara cek backlink milik kompetitor.

Jika Anda masih bingung dengan step menganalisa persaingan dengan kompetitor Anda, berikut ini adalah beberapa tips langkah untuk menganalisa perkembangan kompetitor:

Identifikasi Kompetitor

Pertama-tama, Anda perlu mengidentifikasi kompetitor Anda di pasar. Carilah situs web yang memiliki produk atau layanan yang sama dengan Anda atau memiliki audiens yang sama dengan Anda.

Periksa Kualitas Backlink Situs Mereka

Gunakan tools backlink checker seperti Ahrefs, SEMrush, atau Majestic untuk melihat kualitas backlink yang mengarah ke situs web kompetitor Anda. Evaluasi jumlah backlink, relevansi, dan kualitas situs web yang memberikan backlink tersebut.

Tinjau Struktur Situs Web

Tinjau struktur situs web kompetitor Anda dan perhatikan bagaimana mereka mengorganisasi konten dan struktur navigasi mereka. Perhatikan bagaimana mereka menggunakan title tag, meta description, dan header tag pada halaman situs web mereka.

Evaluasi Kata Kunci yang Mereka Target

Analisis kata kunci yang digunakan oleh kompetitor Anda dapat memberikan wawasan yang berharga dalam strategi SEO Anda. Gunakan tools analisis kata kunci seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk melihat kata kunci yang digunakan oleh kompetitor Anda.

Analisa Konten Artikel Mereka

Tinjau konten situs web kompetitor Anda dan perhatikan bagaimana mereka menyajikan konten. Apakah mereka juga menggunakan gambar atau video untuk memperkaya kontennya? Apakah mereka menulis konten yang informatif dan menarik disertai dengan infografis? Lalu perhatikan juga kualitas tata bahasa dan gaya penulisan mereka.

Dari analisis ini, Anda dapat memperoleh informasi yang berharga untuk membantu Anda mengembangkan strategi SEO Anda dan membuat keputusan yang tepat dalam persaingan di pasar. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan kompetitor Anda, Anda dapat mengoptimalkan strategi SEO Anda dan memenangkan persaingan di pasar.

Meningkatkan Kredibilitas Website

Manfaat menganalisa backlink secara berkala di situs web kita juga berdampak pada kredibilitas website. Jangan biarkan website Anda seolah-olah baik-baik saja tanpa adanya maintenance, dan audit SEO Off Page dan On Page secara berkala.

Karena bisa jadi di luar sana, kompetitor Anda melakukan cara yang kotor untuk bersaing dengan Anda seperti menaruh backlink yang mengarah kepada web Anda, namun link itu berasal dari situs-situs yang dilarang. Tentunya ini akan berdampak negatif pada situs website Anda apalagi sampai menurunkan kredibilitas website Anda.

Namun, tak perlu khawatir. Berikut penulis sertakan tips untuk meningkatkan kredibilitas website Anda.

Buat Konten Berkualitas

Konten yang baik dan informatif akan membantu Anda mendapatkan pengakuan dan kredibilitas di antara pembaca dan mesin pencari. Pastikan konten yang Anda sajikan akurat dan memberikan nilai tambah bagi pembaca.

Bangun Backlink Berkualitas

Backlink dari situs web yang berkualitas dan relevan juga dapat meningkatkan kredibilitas situs web Anda. Upayakan untuk membangun backlink dari situs web yang relevan dan memiliki kredibilitas tinggi.

Gunakan Desain yang Profesional

Desain website yang profesional dan mudah dinavigasi akan membuat pengunjung merasa nyaman dan memberikan kesan positif pada situs web Anda.

Perhatikan Load Speed

Situs web yang cepat akan meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan kesan positif pada situs web Anda. Pastikan situs web Anda mempunyai waktu muat yang cepat.

Buat Web Menjadi Responsif

Pastikan situs web Anda dapat diakses melalui perangkat mobile dengan tampilan yang responsif. Kebanyakan pengguna saat ini lebih suka menggunakan perangkat mobile untuk browsing web, sehingga website Anda harus dapat diakses dari berbagai jenis perangkat.

Aktif di Sosial Media

Aktivitas di media sosial dapat membantu meningkatkan kredibilitas website Anda. Dengan memperbanyak konten yang dibagikan di media sosial, akan membantu meningkatkan popularitas dan reputasi website Anda. Biasanya ini disebut sebagai social signal dalam dunia SEO.

Cantumkan Testimoni

Menampilkan testimoni dari pengguna atau pelanggan dapat memberikan kepercayaan pada pengunjung yang baru. Pastikan testimoni yang Anda tampilkan merupakan testimoni yang asli dan dapat dipercaya.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, Anda dapat meningkatkan kredibilitas website Anda dan mendapatkan pengakuan dari mesin pencari serta pengunjung. Semakin kredibel situs web Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan peringkat lebih baik di mesin pencari dan menghasilkan lalu lintas organik yang lebih banyak ke situs web Anda.

Cara Mengetahui Backlink Kompetitor

Untuk mengetahui backlink kompetitor, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, identifikasilah mereka. Tentukan terlebih dahulu siapa kompetitor utama Anda dalam niche atau industri yang sama. Identifikasi kompetitor yang memiliki peringkat yang baik dan memiliki profil backlink yang kuat.

Kedua, gunakan tools backlink checker. Gunakan salah satu tools backlink checker yang telah disebutkan sebelumnya, seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Moz Pro, atau Majestic SEO. Masukkan URL kompetitor utama Anda ke dalam alat tersebut.

Artikel Terkait :   Mengenal Algoritma Google Panda

Ketiga, lakukan analisa profil backlink. Setelah mendapatkan data backlink kompetitor, Anda dapat menganalisis profil backlink mereka. Perhatikan jumlah backlink yang mereka miliki, kualitas backlink, dan sumber backlink tersebut.

Keempat, identifikasi sumber backlink potensial mereka. Perhatikan domain yang memberikan backlink kepada kompetitor Anda. Identifikasi sumber backlink yang potensial yang juga relevan dengan bisnis atau niche Anda.

Kelima, analisa kualitas backlink kompetitor Anda. Selain melihat jumlah backlink, penting untuk memperhatikan kualitas backlink yang diterima oleh kompetitor Anda. Perhatikan domain otoritas yang memberikan backlink dan pastikan backlink tersebut berasal dari situs web yang berkualitas.

Keenam, cari peluang backlink dari hasil analisi Anda sebelumnya. Berdasarkan analisis profil backlink kompetitor, carilah peluang backlink yang serupa untuk situs web Anda. Anda dapat menghubungi situs-situs yang memberikan backlink kepada kompetitor Anda dan menawarkan konten yang relevan atau memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi mereka.

Dengan menganalisis profil backlink kompetitor, Anda dapat mendapatkan wawasan berharga tentang strategi backlink yang efektif dalam industri atau niche Anda. Namun, ingatlah untuk tetap fokus pada kualitas dan relevansi backlink, serta membangun profil backlink secara organik dan alami.

Kenali Siapa Kompetitor Anda

Sebelum dapat mengetahui backlink kompetitor, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi siapa kompetitor Anda. Kompetitor adalah perusahaan atau website yang menawarkan produk atau layanan serupa dengan Anda dan memperebutkan pangsa pasar yang sama.

Untuk mengidentifikasi kompetitor Anda, Anda dapat melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat mengevaluasi website yang muncul pada hasil pencarian dan menentukan siapa yang menjadi pesaing utama Anda.

Anda juga dapat menggunakan tools seperti SEMrush atau Ahrefs untuk melakukan analisis pesaing. Tools tersebut akan memberikan informasi mengenai website pesaing Anda termasuk backlink yang dimilikinya.

Setelah mengidentifikasi kompetitor, Anda dapat menggunakan tools backlink checker seperti Ahrefs, SEMrush, atau Moz Pro untuk mengetahui backlink kompetitor. Tools tersebut akan memberikan informasi mengenai sumber backlink, jumlah backlink, dan jenis anchor text yang digunakan.

Dari informasi tersebut, Anda dapat mengetahui strategi link building kompetitor dan mengadopsi strategi tersebut untuk meningkatkan kualitas backlink website Anda. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua backlink kompetitor dapat dijadikan sebagai acuan, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap kualitas dan relevansi backlink tersebut sebelum mengadopsinya.

Cari Tahu Website dan Media Sosial Kompetitor

Untuk dapat bersaing dengan pesaing Anda, penting untuk mengetahui website dan media sosial apa yang dimiliki oleh kompetitor Anda. Dengan mengetahui website dan media sosial kompetitor, Anda dapat mengevaluasi strategi pemasaran online yang mereka gunakan dan mengadopsi strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui website dan media sosial kompetitor:

Cari Mereka di Mesin Pencari

Lakukan pencarian di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Dari hasil pencarian, Anda dapat mengevaluasi website pesaing dan menemukan tautan ke media sosial mereka.

Lakukan Analisis Backlink

Gunakan tools backlink checker seperti Ahrefs, SEMrush, atau Moz Pro untuk mengetahui backlink kompetitor. Dari informasi tersebut, Anda dapat menemukan tautan ke website dan media sosial kompetitor.

Ikuti Update Media Sosial Mereka

Ikuti akun media sosial kompetitor dan pantau postingan mereka. Dari postingan tersebut, Anda dapat mengetahui jenis konten yang mereka publikasikan, strategi pemasaran, dan cara mereka berinteraksi dengan pengikut.

Dari informasi yang didapatkan, Anda dapat mengevaluasi strategi pemasaran online kompetitor dan mengadopsi strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus mengembangkan strategi yang unik dan berbeda dengan kompetitor untuk dapat bersaing secara efektif di pasar.

Amati Apakah Kompetitor Memiliki Partner Backlink?

Setelah mengetahui siapa kompetitor Anda dan mencari tahu website serta media sosial yang dimilikinya, langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan apakah kompetitor Anda memiliki partner backlink atau tidak.

Partner backlink adalah website atau blog yang secara teratur memberikan backlink ke website kompetitor Anda. Dengan mengetahui partner backlink kompetitor, Anda dapat mencoba untuk memperoleh backlink dari website atau blog yang sama. Hal ini dapat membantu meningkatkan otoritas domain dan peringkat website Anda di mesin pencari.

Untuk menemukan partner backlink kompetitor, Anda dapat menggunakan tools backlink checker seperti Ahrefs, SEMrush, atau Majestic. Carilah website atau blog yang memberikan backlink ke kompetitor Anda secara teratur dan analisis bagaimana mereka memberikan backlink tersebut. Anda juga bisa mencoba untuk memperoleh backlink dari website yang sama atau website serupa dengan partner backlink kompetitor.

Namun, ingatlah bahwa tidak semua backlink yang diperoleh dari partner backlink kompetitor dapat membantu meningkatkan peringkat website Anda. Pastikan backlink yang diperoleh memiliki relevansi dengan niche dan topik website Anda, serta memiliki otoritas yang baik di mesin pencari.

Tools Cek Backlink/Backlink Checker

Jika Anda kesulitan dalam melakukan audit tautan balik atau backlink pada situs web Anda, sebenarnya tak perlu khawatir dan pusing karena Anda harus melakukan analisa ini secara manual. Karena saat ini sudah banyak sekali tools untuk mengecek backlink yang disebut sebagai backlink checker yang populer di kalangan para web master.

Tools cek backlink atau backlink checker dapat membantu Anda memantau profil backlink situs web Anda dan melihat bagaimana pesaing Anda membangun profil backlink atau link building mereka selama ini.

Dengan menggunakan tools cek backlink atau backlink checker, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat untuk membangun link building situs web Anda agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tools untuk cek backlink yang bisa Anda gunakan. Tak perlu khawatir jika Anda harus membayar sekian dollar untuk tools ini, karena versi gratisnya saja sudah sangat cukup untuk membantu Anda dalam menjalankan audit inbound link atau backlink pada website yang Anda miliki.

SEMRush

SEMrush memiliki fitur backlink checker yang dapat membantu Anda memeriksa profil backlink Anda serta profil backlink pesaing Anda. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur backlink checker di SEMrush:

  1. Login ke akun SEMrush Anda dan masuk ke dashboard.
  2. Pilih menu “Backlink Analytics” di bagian sidebar.
  3. Masukkan domain yang ingin Anda cek profil backlinknya.
  4. Pilih opsi “Backlinks” untuk melihat backlink yang diterima domain tersebut.
  5. Anda dapat memfilter hasil berdasarkan tipe backlink, jumlah TLD, negara asal backlink, dan banyak lagi.
  6. Anda juga dapat melihat anchor text yang digunakan, jumlah backlink yang diterima dari setiap domain, dan riwayat backlink domain tersebut.
  7. Anda dapat membandingkan profil backlink Anda dengan pesaing dengan memasukkan beberapa domain dalam kotak perbandingan di bagian atas.
Artikel Terkait :   27 Pertanyaan SEO dari Agensi untuk Pelanggan Baru

Dengan menggunakan fitur backlink checker di SEMrush, Anda dapat memantau profil backlink Anda dan melihat bagaimana pesaing Anda membangun profil backlink mereka. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan profil backlink Anda dan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tools SEO yang juga memiliki fitur backlink checker yang sangat berguna untuk melacak profil backlink Anda dan pesaing Anda. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur backlink checker di Ahrefs:

  1. Login ke akun Ahrefs Anda dan masuk ke dashboard.
  2. Klik menu “Site Explorer” di bagian atas dan masukkan domain yang ingin Anda cek profil backlinknya.
  3. Pilih opsi “Backlink” untuk melihat daftar backlink yang diterima domain tersebut.
  4. Anda dapat memfilter hasil berdasarkan tipe backlink, negara asal backlink, jumlah TLD, dan banyak lagi.
  5. Anda dapat melihat domain referensi, jumlah backlink yang diterima dari setiap domain, dan riwayat backlink domain tersebut.
  6. Anda juga dapat melihat profil anchor text dan daftar halaman web yang dihubungkan oleh backlink.

Dengan menggunakan fitur backlink checker di Ahrefs, Anda dapat memantau profil backlink Anda dan pesaing Anda, dan mendapatkan wawasan yang berguna untuk meningkatkan profil backlink Anda dan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat SEO yang juga memiliki fitur backlink checker yang dapat membantu Anda memeriksa profil backlink Anda serta pesaing Anda. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur backlink checker di Ubersuggest:

  1. Kunjungi situs web Ubersuggest di https://neilpatel.com/ubersuggest/.
  2. Pilih opsi “Backlinks” dari menu utama di bagian atas.
  3. Masukkan domain yang ingin Anda cek profil backlinknya.
  4. Setelah beberapa saat, Ubersuggest akan menampilkan daftar backlink yang diterima domain tersebut.
  5. Anda dapat melihat jumlah total backlink, domain referensi, domain yang dihubungkan, tautan masuk dan tautan keluar dari setiap backlink, dan banyak lagi.
  6. Anda juga dapat melihat profil anchor text dan nilai domain yang diterima setiap backlink.

Dengan menggunakan fitur backlink checker di Ubersuggest, Anda dapat memantau profil backlink Anda dan pesaing Anda, dan mendapatkan wawasan yang berguna untuk meningkatkan profil backlink Anda dan meningkatkan peringkat di mesin pencari. Namun, perlu diingat bahwa fitur backlink checker di Ubersuggest tidak sekomprehensif atau seakurat fitur yang tersedia di Ahrefs atau SEMrush.

Moz Pro

Moz Pro adalah tools SEO yang juga memiliki fitur backlink checker yang dapat membantu Anda memeriksa profil backlink Anda serta pesaing Anda. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur backlink checker di Moz Pro:

  1. Login ke akun Moz Pro Anda dan masuk ke dashboard.
  2. Klik menu “Link Explorer” di bagian atas dan masukkan domain yang ingin Anda cek profil backlinknya.
  3. Pilih opsi “Inbound Links” untuk melihat daftar backlink yang diterima domain tersebut.
  4. Anda dapat memfilter hasil berdasarkan tipe backlink, negara asal backlink, dan banyak lagi.
  5. Anda dapat melihat domain referensi, jumlah backlink yang diterima dari setiap domain, dan riwayat backlink domain tersebut.
  6. Anda juga dapat melihat profil anchor text dan daftar halaman web yang dihubungkan oleh backlink.

Dengan menggunakan fitur backlink checker di Moz Pro, Anda dapat memantau profil backlink Anda dan pesaing Anda, dan mendapatkan wawasan yang berguna untuk meningkatkan profil backlink Anda dan meningkatkan peringkat di mesin pencari. Namun, perlu diingat bahwa fitur backlink checker di Moz Pro mungkin tidak sekomprehensif atau seakurat fitur yang tersedia di Ahrefs atau SEMrush.

Majestic

Majestic SEO adalah platform SEO yang menyediakan berbagai alat dan layanan untuk analisis backlink. Salah satu fitur andalannya adalah fitur backlink checker, yang memungkinkan pengguna untuk menganalisis profil backlink situs web tertentu. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur backlink checker di Majestic SEO:

  1. Masuk ke akun Majestic SEO Anda dan masuk ke dashboard.
  2. Masukkan URL situs web yang ingin Anda analisis ke dalam kolom pencarian di bagian atas.
  3. Pilih opsi “Fresh Index” atau “Historic Index” untuk melihat data backlink terbaru atau historis.
  4. Anda akan melihat daftar backlink, bersama dengan informasi seperti Trust Flow, Citation Flow, dan Anchor Text.
  5. Anda juga dapat menggunakan fitur lain di Majestic SEO, seperti fitur “Backlink History” untuk melihat perubahan profil backlink dari waktu ke waktu, atau fitur “Neighborhood Checker” untuk melihat situs web yang sering dihubungkan dengan situs web Anda atau pesaing Anda.

Dengan menggunakan fitur backlink checker di Majestic SEO, Anda dapat melihat profil backlink Anda dan pesaing Anda dengan lebih detail, dan mendapatkan wawasan yang berguna untuk meningkatkan profil backlink Anda dan meningkatkan peringkat di mesin pencari. Namun, perlu diingat bahwa fitur backlink checker di Majestic SEO mungkin tidak sekomprehensif atau seakurat fitur yang tersedia di Ahrefs atau SEMrush.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang pentingnya backlink dan bagaimana cara menggunakan tools backlink checker untuk menganalisis profil backlink situs web Anda. Dengan menggunakan tools seperti Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest, Moz Pro, atau Majestic SEO, Anda dapat melihat daftar backlink situs web Anda dan pesaing Anda, memeriksa kinerja anchor text, serta memperbaiki profil backlink untuk meningkatkan kredibilitas dan peringkat situs web Anda di mesin pencari.

Namun, perlu diingat bahwa backlink hanya salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat situs web di mesin pencari. Selain memperbaiki profil backlink Anda, Anda juga perlu memperhatikan konten berkualitas, optimasi on-page, dan aspek lain dari SEO untuk mencapai hasil yang optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami konsep backlink dan cara menggunakan tools backlink checker. Jangan ragu untuk mencoba tools tersebut dan mengoptimalkan profil backlink situs web Anda untuk meningkatkan peringkat dan traffic website Anda di mesin pencari!

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply