Pengertian SEO

Seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan, penerapan marketing pada saat ini, tentu saja tak hanya dilakukan pada media cetak, akan tetapi juga melalui situ-situs di internet. Seperti halnya penerapan digital marketing pada situs website.

Maka demikian membuat situs tersebut menjadi ramai dikunjungi oleh para pengguna. Namun, untuk bisa tampil pada halaman paling atas di mesin pencarian tentu tidak mudah. Butuh yang namnya strategi khusus dalam hal tersebut.

Adapun salah satu startegi khusus agar website Anda menjadi populer dan banyak dikunjungi oleh para pengguna, yakni dengan cara menerapkan teknik SEO. Nah, Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai SEO, silahkan simak ulasan berikut :

Apa Itu SEO ?

SEO adalah kepanjangan dari “Search Engine Optimization” yang fungsinya untuk mengoptimasi suatu website agar mendapat ranking teratas pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo!, Bing, Amazon, dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya teknik SEO ini, Anda akan lebih mudah dalam memasarkan produk atau jasa Anda sekaligus situs Anda akan mudah ditemukan di mesin pencarian oleh para audiens. Kemudian nantinya akan menjadi traffic yang dapat meningkatkan rangking pada mesin pencarian.

Sejarah SEO

Perkembangan “Search Engine Optimization” atau yang dikenal dengan istilah SEO dimulai pada tahun 1990-an. Pada waktu itu mesin pencari sangat banyak bermunculan dan Google menjadi salah satu mesin pencarian yang berhasil dalam menyempurnakan cara mencari website berdasarkan algoritma ketat.

Tak lepas dari sejarahnya yang panjang, perjalanan SEO dikembangkan secara bertahap. Perkembangan SEO dimulai dari era 1990-an dan ARCHIE menjadi salah satu mesin pencari perintis yang hadir pada 1990.

Setelah kemunculan ARCHIE, banyak sekali mesin pencari lain. Seperti: Google, Lycos, Yahoo, Aliweb, Altavista. Pada dasarnya, Yahoo buatan Jerry Wang dan David Filo adalah mesin pencari komersial pertama pada tahun 1994.

Pada tahun 1996 Larry Page dan Sergery Brin juga berhasil menciptakan Google sebagai mesin pencari yang fokus menampilkan situs-situs populer. Kemudian teknik optimasi website yang lebih baik muncul pada tahun 1997. Teknik garapan Danny Sullivan ini dinamakan Search Engine Watch.

Search Engine Watch menawarkan informasi menarik soal teknologi mesin pencari sampai penempatan pringkat website. Dari sinilah cikal-bakal munculnya SEO. Adapun istilah tersebut dipopulerkan oleh forum diskusi internet: USENET.

Dari banyaknya mesin pencari pada waktu itu, hanya beberapa saja yang mampu bertahan karna menerapkan algoritma unik serta pengggunaan algoritma pencarian melalui kata kunci yang menjadi dasar SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *