Tutorial Membuat Website WordPress

Membuat website itu butuh keahlian khusus ? Maka berikut kami berikan tutorial membuat website WordPress dengan mudah dan cepat.

Namun sebelumnya, perlu disampaikan bahwasanya artikel ini merupakan langkah step by step dalam membuat website. Sehingga pastikan Anda mengikuti langkah dengan seksama.

Agar Anda memahami apa itu WordPress dan cara membuat website melalui WordPress, kami akan menjelaskan sedikit kepada Anda. Mari simak artikel ini secara seksama.

Mengenal Website WordPress ?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog. Sistem WordPress berjalan menggunakan PHP dan database MySQL atau MariaDB.

Beberapa fitur unggulan WordPress antara lain adalah plugin dan tema, yang mampu menambahkan berbagai fungsi pada platform ini.

Langkah Membuat Website Melalui WordPress

Setelah Mengenal sedikit tentang WordPress, mari kita langsung lihat bagaimana sih langkah-langkah membuat website melalui WordPress ini. Cukup ikuti apa yang kami jabarkan agar Anda bisa sedikit mengenal cara membuat website WordPress, simak berikut ini:

Menentukan Jenis Website dan Topik

Langkah yang paling awal dilakukan adalah menentukan semua konsep mulai dari jenis website dan topik yang akan dibawakan. Untuk jenis website ini terbagi jadi beberapa bagian yang bisa Anda lihat dan Anda pilih menjadi konsep website, sebagai berikut:

  • Blog
    Blog merupakan jenis website yang banyak sekali digunakan oleh orang-orang. Yang dimana fungsi atau tujuan utama dari blog adalah menjadi media menyalurkan tulisan yang bersifat personal, opini, review, mempromosikan konten, dan kepentingan lainnya dengan cara yang fleksibel serta jauh lebih mudah dari cara yang lain.
  • Website E-commerce
    Jenis website yang satu ini pasti sudah dikenali oleh banyak orang, pasalnya setiap toko online pasti memiliki website dengan jenis ini. Website E-commerce sendiri memiliki fungsi yang sama dengan software toko online. Dimana semua proses jual beli dapat dilakukan di dalamnya, tentu saja secara online.
  • Website Bisnis
    Jenis website yang satu ini dibangun dan dikelola oleh sebuah perusahaan atau suatu bisnis tertentu. Dengan tujuan mengkomunikasikan barang atau jasa yang mereka sediakan kepada masyarakat luas dengan cepat dan tepat.
  • Website Pemerintah
    Fungsi utama website pemerintah pastinya adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi seputar instansi pemerintah mulai dari program, kebijakan, layanan yang disediakan.
  • Website Potofolio
    Bukan hanya untuk keperluan membangun bisnis, website juga bisa digunakan untuk kebutuhan yang jauh lebih dari pada itu. Salah satunya adalah website portofolio ini, yang dimana biasanya digunakan untuk membuat website pribadi.
  • Website Entertainment
    Jenis website ini juga merupakan jenis website yang paling populer dengan tujuan memenuhi kebutuhan hiburan. Biasanya website ini menyediakan gambar-gambar, video, film, music, dan ragam konten lainnya yang bisa menghibur.
  • Website Pendidikan
    Untuk jenis website yang ini merupakan website yang di dalamnya terdapat semua informasi tentang sekolah yang membuat website itu sendiri. Hal ini biasanya digunakan untuk menarik para calon siswa siswi baru.
  • Website Portal Berita
    Website jenis ini digunakan untuk menyajikan beragam topik berita dari dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk keuntungannya sendiri, website jenis berita ini mendapat keuntungan melalui iklan iklan yang muncul disitusnya
  • Website Nirbala
    Website jenis ini digunakan untuk kegiatan sosial dan biasanya tidak mengambil keuntungan. seperti kegiatan bakti sosial, penggalangan dana, kegiatan gotong royong, informasi layanan kesehatan serta vaksin, dan lain sebagainya.
  • Forum Komunitas
    Tidak jauh berbeda dengan website Nirbala, forum komunitas dibentuk untuk bersosialisasi, berkomunikasi dan berkolaborasi dalam bentuk website tanpa mencari keuntungan.

Untuk topik yang akan Anda bawakan ke dala website Anda bisa dipilih sesuai hobi ataupun perusahaan Anda yang bergerak ke suatu bidang seperti berita contohnya. Setelah menentukan itu, Anda bisa menentukan juga apakah website yang dibuat ingin mendapat keuntungan atau hanya sebagai pengisi waktu luang.

Menentukan Nama Domain

Langkah kedua yang tak kalah pentingnya adalah membuat nama domain. Nama domain merepresentasikan brand dan website Anda. Oleh karena itu, dalam pembuatannya, Anda harus mempertimbangkannya secara matang dan memilih dengan hati-hati.

Jika Anda kehabisan ide dan tidak bisa memikirkan nama domain, Anda bisa melihat contoh-contohny di internet karena banyak yang unik dan menambah referensi Anda.

Pilih Web Hosting

Setelah menentukan ide dan tujuan, Anda sudah bisa memilih layanan web hosting untuk menyimpan data dan file ke dalam website Anda. Untuk pemilihannya bisa kembali lagi ke tujuan awal Anda membuat website.

Web hosting ini juga memiliki harga yang beragam tergantung seberapa banyak fitur yang disajikan. Harganya sendiri bisa mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 720 ribu/bulan.

Install WordPress

Untuk pengunduhan dan pemasangan WordPress ini dapat dengan mudah dilakukan. Anda bisa mencari di internet dan bisa mengikuti langkah-langkah tersebut. Biasanya setelah pemasangan, Anda hanya perlu mengisi informasi-informasi penting yang ingin dimasukan ke dalam website.

Pilih dan Ubah Tema Website Sebagus Mungkin

Cara membuat website WordPress tak berhenti di langkah penginstallan saja. Anda harus memilih tema agar tampilan website semakin menarik dan fungsional.

Apa pun tipe blog yang Anda pilih tetap saja membutuhkan sebuah layout yang akan membuat website Anda terlihat lebih menarik dan lebih menggambarkan perusahaan Anda.

Nah, Untungnya WordPress memiliki keunggulan tersendiri, karena memiliki kumpulan tema untuk semua jenis website dan sebagian bisa digunakan secara gratis oleh semua orang. Untuk pemilihan tema bisa dilakukan pada halaman galeri tema WordPress.

Install Plugin Yang Dibutuhkan

Jika membuat web dengan WordPress, Anda juga harus memilih dan menginstall plugin yang diperlukan. WordPress memiliki sejumlah plugin yang mendukung dan menyempurnakan fungsionalitas situs, seperti kemampuan untuk menambahkan admin, perlindungan dan keamanan website, dan lain sebagainya.

Cara Install Plugin:

  • Klik opsi Plugins yang bisa Anda temukan di dashboard WordPress.
  • Klik tombol Add New yang ada di atas halaman.
  • Ketik kata kunci atau nama plugin yang Anda inginkan di kolom pencarian. Setelah itu, klik tombol Install New di samping plugin. Apabila sebelumnya Anda sudah mengunduh plugin, klik Upload Plugin. Pilih Choose File untuk menambahkan plugin dari komputer, lalu klik Install Now.
  • Untuk mengaktifkan plugin setelah proses instalasi berhasil, klik Activate Plugin.

Optimasi Performa Website Anda

Langkah yang tidak kalah penting adalah mengoptimasi performa website Anda, tujuannya adalah agar perjalanan online terasa makin menantang tapi menyenangkan adalah membangun audiens.

Dengan kata lain, buatlah website yang mampu mendatangkan trafik. Untuk mewujudkannya, mulailah dengan mempromosikan website di platform media sosial dan menulis konten yang bagus secara rutin.

Untuk melacak perkembangan website WordPress Anda bisa menginstall plugin Google Analytics guna selalu memastikan website WordPress Anda beserta elemennya hadir dalam versi terbaru.

Jangan sampai ketinggalan informasi pemeliharaan atau maintenance untuk tema dan plugin serta WordPress secara keseluruhan.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, bisa kita simpulkan jika membangun website melalui CMS WordPress itu tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun. Untuk kesimpulan dari langkah-langkah di atas sebagai berikut :

  1. Tentukan jenis website dan niche (topik)–pilih niche, tentukan tujuan pembuatan website, dan tetapkan target audiens.
  2. Buat nama domain–singkat, sederhana, dan mudah diingat.
  3. Pilih web hosting–Hostinger menawarkan paket web hosting dengan harga terjangkau.
  4. Install WordPress–install WordPress melalui control panel Hostinger.
  5. Pilih tema–sesuaikan tampilan situs dengan konten yang Anda buat. Pilih tema WordPress yang unik dan menarik.
  6. Install plugin–sempurnakan fungsionalitas website dengan penggunaan plugin WordPress.
  7. Optimasi performa–gunakan tool seperti Google Analytics untuk memantau performa website WordPress Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *