Share This Post

Pastinya Anda yang memiliki device baik itu laptop atau PC yang menggunakan Operating System (OS) Windows jarang mengatur file dan folder. Dimana nantinya akan ada banyak efek yang terjadi apabila Anda jarang mengatur file dan Folder di Windows

Mengatur File dan Folder

Salah satu yang paling sering adalah lupa menaruh link, membuat loading PC semakin lama, dan yang paling berbahaya adalah apabila ada masalah dengan hardware yang berujung di format maka data akan semakin sulit diselamatkan.

Sebenarnya mudah saja Anda mencari sebuah atau beberapa file. Mulai dengan cara mencari dengan Windows Search sampai dengan melihat recent dokumen yang masih tersimpan.

Bahkan Anda pun pasti jarang melakukan penataan file sehingga kadang juga diperlukan waktu yang cukup lama untuk mencari file tersebut di komputer Anda. Related dengan keseharain Anda kah ?

Nah, agar lebih mudah lagi. Maka kami sarankan Anda mengikuti beberapa tips dari kami untuk mengatur file dan Folder di Windows Anda. Jangan ditunda ya..

Pisahkan Folder Document dengan Operating Sistem

Banyak yang melakukan pencampuran antara peletakan dokumen file dengan operating sistem windowsnya di Drive yang sama. Pada umumnya Drive C yang paling umum dipergunakan sebagai default location.

Apakah sebuah kesalahan, tentunya tidak salah. Karena tidak ada aturan baku untuk perihal diatas. Namun akan menjadi sebuah kesulitan dan tantangan sendiri ketika harus melakukan format karena Windows Error atau karena hal lain yang menyebabkan Drive C diformat / dihapus.

Oleh karena itu disarankan sekecil apapun Hardisk yang kita miliki, minimal dibagi menjadi 2 Drive, yaitu Drive C dan D. Dimana Drive C dipergunakan 100% untuk keperluan file sistem sedangkan Drive D dipergunakan sebagai penyimpanan dokumen dan data.

Pembagian berapa kapasitas minimal untuk Drive C adalah 200GB sedangkan sisanya jadikan untuk Drive D. Sehingga minimal pada tahun 2021 ini, kapasitas drive adalah sebesar 250GB.

Gunakan Folder untuk menata file

Folder diciptakan untuk mengumpulkan file dengan kategori atau jenis yang sama. Maka disarankan Anda mengumpulkan file file yang memiliki kesamaan jenis , kategori bahkan sampai dengan kebutuhan dalam sebuah folder.

Hal tersebut pastinya akan membuat Anda bisa mencari hal yang sama dalam satu folder yang sama.

Sehingga folder akan membuat semuanya tertata dan teratur baik dalam melakukan pemindahan, pencarian, bahkan sampai bisa menjadi solusi dalam menghemat kapasitas dalam hardisk.

Optimalkan Fitur Library

Mungkin masih banyak yang belum mengenal fitur library. Fitur library adalah sebuah fitur default yang sudah disediakan Windows untuk setiap usernya.

Secara default fitur library terdiri dari Folder Dekstop, Downloads, Documents, Picture, Video. Untuk windows 7 dan 8 masih menggunakan penamaan My Documents, My Pictures, My Video dll.

Fitur ini dipersiapkan oleh Windows untuk bisa mengatur bentuk file yang sama dalam sebuah folder ditentukan oleh kategori file. Apakah berupa dokumen, MP3, Hasil Download atau Foto dan Video.

Satu hal yang masih berhubungan dengan point pertama adalah semua library diatas dapat diubah lokasinya. Dimana secara default akan selalu tersimpan di C:\User\Daata\xx maka Anda bisa melakukan pemindahan ke Drive D.

Hal ini untuk keamanan dan menghindari harus format disk sehingga drive D tidak kehilangan datanya.

Setting Default Location Download

Apabila Anda menggunakan IDM ( Internet Download Manager ) atau Browser seperti Chrome, Firefox, Opera dan Edge. Pastikan untuk selalu melakukan setting lokasi download pada satu lokasi yang sama.

Hal ini untuk memudahkan Anda ketika mencari hasil download semuanya.

Atur Sesuai Metode ABC atau Metode Kategori

Ada beberapa metode yang paling sering dipergunakan dalam mengatur file dan folder. Metode ini banyak kami temukan dalam rental pengetikan ataupun dalam percetakan.

Salah satu yang paling banyak dipakai adalah metode ABC, dimana setiap file diurutkan dan dimasukkan dalam satu folder dengan huruf yang sama. Sehingga semua file yang berawalan huruf A akan dimasukkan dalam folder A dan begitu seterusnya.

Untuk metode yang kedua adalah metode kategori. Dimana paling sering dipergunakan oleh pengguna rumahan dan kantor. Dimana mengumpulkan atau menjadikan satu jenis kategori file baik dari jenis kepentingan, extensi file, atau bahkan user / pengguna dalam sebuah kategori yang sama.

Pastikan Anda sesuai dengan kategori yang memudahkan Anda dan berdsarkan jumlah file milik Anda. Atau Anda bisa juga menggabungkan kedua metode diatas sehingga jauh lebih terorganisir.

Kustomisasi Berdasarkan Tanggal

Namun apabila Anda bekerja dimana hampir setiap hari menghasilkan atau memiliki perpindahan file, disarankan menggunakan kategori folder berdasarkan pada tanggal.

Pengkategorian ini jauh memudahkan apabila jumlah file yang Anda miliki ada banyak. Sehingga bisa dicari berdasarkan tanggal file tersebut dibuat.

Pastikan untuk membentuk folder dari tahun, kemudian bulan dan sampai pada setiap tanggalnya.

Kurangi Deep Folder

Apabila Anda memiliki folder, Jangan pergunakan folder dalam folder sampai dengan lebih dari 4 tingkat.

Hal ini dikarenakan path / url untuk setiap folder yang panjang akan mempersulit windows search dalam pencarian file.

Pastikan Anda Maksimal hanya 3 tingkatan folder seperti D:\Dokumen\Januari\04 yang menandakan dokumen bulan jaruari tanggal 4.

Atur Penamaan File dan Folder

Pasang Shortcut File / Folder

Anda dapat pula melakukan atau menambahkan shortcut dari folder Anda pada desktop, pinbar atau pada menu home. Hal ini kaan mempermudah Anda dalam melakukan pencarian , copy paste atau semudah memindahkan file tertentu nantinya.

Rutin Defragment File

Pastikan apabila Anda menggunakan Windows untuk melakukan Defragment setiap maksimal 1 bulan sekali. Defragment berfungsi untuk mengatur dan menata file yang sering kali kita buka.

Anda akan merasakan perbedaan file yang rajin di defrag dengan komputer yang belum pernah di defrag sama sekali.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan defragment sama sekali. Pastinya untuk melakukan pertama kalinya sangat lama durasinya. Sehingga perlu adanya kesabaran lebih dalam melakukan defragment terutama untuk yang pertama kalinya.

Pergunakan CCLeaner untuk merapikan dan menata Temp & Junk File atau Registry

Salah satu yang kami sering dan wajib install ketika menggunakan Windows adalah aplikasi ccleaner. Dimana aplikasi ini juga memiliki banyak fungsi.

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis disini

Kesimpulan Mengatur File dan Folder di Windows

Untuk saat ini kami rasa itulah 11 tips yang bisa memaksimalkan Anda dalam mengatur file dan Folder di Windows. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam mengorganisir data di komputer Anda