Tips ampuh supaya tidak kecanduan Media Sosial

Penulis : UmarFaruq

Kecanduan media sosial? Pada dasarnya, hadirnya sebuah aplikasi-aplikasi media sosial yakni, untuk memudahkan Anda dalam berbagi sebuah momen atau melihat momen dari orang lain. Akan tetapi, Anda juga dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain, seperti orang yang Anda kenal atau orang yang tidak Anda kenal.

Dalam aplikasi “Play Store” terdapat banyak sekali aplikasi-aplikasi media sosial yang bisa Anda unduh, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Namun, sering kali dari aplikasi-aplikasi tersebut membuat Anda bisa kecanduan. Sehingga membuat Anda kadang lupa akan waktu dan juga melakukan hal-hal yang lebih berguna.

Terdapat beberapa cara yang bisa mencegah Anda ketika kecanduan media sosial. Dengan cara tersebut pastinya akan membuat Anda mengurangi dalam menggunakan aplikasi-aplikasi media sosial. Apa saja cara-cara tersebut? Mari langsung saja keulasannya.

Tips Mengobati Kecanduan Media Sosial.

1. Cari Hobi Baru

Mencari hobi baru merupakan suatu hal yang paling utama utama yang bisa Anda lakukan dalam upaya mencegah kecanduan media sosial. Carilah kesibukan yang lain, temukanlah kegiatan-kegiatan yang berguna, yang bermanfaat yang berpotensi yang dapat membangun skill-skill Anda dan bisa untuk memperlajari pengalaman baru.

Dengan mencari dan melakukan hobi baru ini, Anda akan membersihkan pikiran-pikiran Anda dalam menggunakan media sosial secara berlebihan. Bahkan Anda juga pasti akan membuang jauh-jauh tentang hal-hal yang berbau terhadap media sosial.

2. Batasi Waktu Pemakaian

Media sosial yang paling terpopuler yakni, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Twitter yang mana kini tengah diganderungi oleh para warganet. Pastinya bagi Anda sudah tak asing lagi dengan media sosial yang tren ini? Dari aplikasi-aplikasi ini kadang membuat Anda menjadi candu, karena pada media sosial ini terdapat banyak sekali unggahan foto, vidio, dan fitur-fiturnya pun menarik.

Saking Anda asiknya dalam menggunakan atau memainkan aplikasi ini, sampai lupa akan waktu dan ativitas-aktivitas yang sudah biasa Anda lakukan dan kerjakan. Oleh karena itu, batasilah waktu pemakaian yang terdapat pada pengaturan di media sosial tersebut, guna untuk mencegah rasa candu terhadap media sosial.

3. Matikan Notifikasi Sosial Media

Anda juga dapat mematikan semua notifikasi dari aplikasi-aplikasi media sosial yang terdapat pada smartphone Anda. Karena biasanya seseorang gampang terpancing oleh media sosial akibat notifikasi yang berbunyi atau berdering. Oleh karena notifikasi itulah seseorang akan kembali memainkan media sosial.

Maka dari itu salah satu cara agar kita tidak kecanduan media sosial, yakni dengan cara menonaktifkan notifikasinya. Dengan begitu, tidak akan ada lagi sebuah dorongan yang membuat Anda kembali membuka aplikasi dari media sosial.

4. Hapus Koneksi Media Sosial

Bagi Anda yang memiliki banyak aplikasi-aplikasi atau layanan web yang terhubung kepada sosial media, alangkah baiknya Anda untuk memutus sambungannya. Agar hal tersebut lambat laun bisa mengobati dari rasa candu Anda terhadap sosial media, mulai dari upload foto, vidio, status dan lain sebagainya.

Semua sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Jangan sampai Anda kecanduan media sosial. Anda dapat menerapkan tips-tips di atas, guna untuk menghindari terhadap rasa candu kepada sosial media.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *