Persiapan Pembuatan Website

Sejak pandemi Covid-19 pada tahun 2019, banyak sekali legiatan yang diberlakukan secara online. Sehingga informasi banyak ditemukan secara online. Itulah yang dihadapi oleh banyak orang terutama melakukan persiapan dalam pembuatan website.

Membuat sebuah situs website tidak hanya terpaku pada design website saja, namun ada beberapa hal yang perlu dipersiakan. Namun sebelumnya kita akan bahas dulu beberapa hal sebagai beriktu

Pengertian Website?

Website merupakan sekumpulan halaman pada suatu domain di internet yang memuat berbagai informasi berupa gambar, video, teks dan lain-lain, dengan tujuan menghubungkan atau menyebar informasi tersebut dalam jangkauan yang luas dan dalam waktu singkat dengan bantuan URL website dan sambungan internet.

Kegunaan website juga cukup beragam, tergantung dengan tujuan awal dari pembuat website itu sendiri.

Sejarah Website

Website sendiri pertama kali muncul atau ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang ahli komputer berkebangsaan Inggris, ia bernama Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Dengan maksud ingin mempermudah proses pertukaran data ataupun informasi yang dilakukan oleh Tim dan rekan kerjanya di kantor.

Setelah melalui proses pengembangan yang disertai beberapa kegagalan, akhirnya pada tanggal 30 April 1993 CERN ( laboratorium tempat Tim bekerja) merilis WWW atau World Wide Web dapat digunakan oleh umum secara gratis.

Persiapan Membuat Website

Setelah Anda mengetahui apa itu website, mari kita kembali lagi ke topik awal. Apa saja sih yang harus disiapkan sebelum membuat website agar website yang dibuat berjalan lancar dan termasuk kategori berhasil? Simak penjelasannya di bawah ini ya!!.

Ide

Bagaimana bisa seorang chef memasak makanan unik tanpa adanya ide? Bagaimana bisa seorang penulis menulis karya hebat tanpa adanya ide? Tentu tidak bisa bukan, oleh karena itu ide merupakan sesuatu yang pasti harus disiapkan sebelum membuat website.

Selain itu, ide juga merupakan kunci utama keberhasilan website yang Anda bangun, hal ini karena website terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan ide dan tujuan awal pembuatannya. Berikut ada beberapa jenisnya:

  • Blog
    Blog merupakan jenis website yang banyak sekali digunakan oleh orang-orang. Yang dimana fungsi atau tujuan utama dari blog adalah menjadi media menyalurkan tulisan yang bersifat personal, opini, review, mempromosikan konten, dan kepentingan lainnya dengan cara yang fleksibel serta jauh lebih mudah dari cara yang lain.
  • Website E-commerce
    Jenis website yang satu ini pasti sudah dikenali oleh banyak orang, pasalnya setiap toko online pasti memiliki website dengan jenis ini. Website E-commerce sendiri memiliki fungsi yang sama dengan software toko online. Dimana semua proses jual beli dapat dilakukan di dalamnya, tentu saja secara online.
  • Website Bisnis
    Jenis website yang satu ini dibangun dan dikelola oleh sebuah perusahaan atau suatu bisnis tertentu. Dengan tujuan mengkomunikasikan barang atau jasa yang mereka sediakan kepada masyarakat luas dengan cepat dan tepat.
  • Website Pemerintah
    Fungsi utama website pemerintah pastinya adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi seputar instansi pemerintah mulai dari program, kebijakan, layanan yang disediakan.
  • Website Potofolio
    Bukan hanya untuk keperluan membangun bisnis, website juga bisa digunakan untuk kebutuhan yang jauh lebih dari pada itu. Salah satunya adalah website portofolio ini, yang dimana biasanya digunakan untuk membuat website pribadi.
  • Website Entertainment
    Jenis website ini juga merupakan jenis website yang paling populer dengan tujuan memenuhi kebutuhan hiburan. Biasanya website ini menyediakan gambar-gambar, video, film, music, dan ragam konten lainnya yang bisa menghibur.
  • Website Pendidikan
    Untuk jenis website yang ini merupakan website yang di dalamnya terdapat semua informasi tentang sekolah yang membuat website itu sendiri. Hal ini biasanya digunakan untuk menarik para calon siswa siswi baru.
  • Website Portal Berita
    Website jenis ini digunakan untuk menyajikan beragam topik berita dari dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk keuntungannya sendiri, website jenis berita ini mendapat keuntungan melalui iklan iklan yang muncul disitusnya
  • Website Nirbala
    Website jenis ini digunakan untuk kegiatan sosial dan biasanya tidak mengambil keuntungan. seperti kegiatan bakti sosial, penggalangan dana, kegiatan gotong royong, informasi layanan kesehatan serta vaksin, dan lain sebagainya.
  • Forum Komunitas
    Tidak jauh berbeda dengan website N irbala, forum komunitas dibentuk untuk bersosialisasi, berkomunikasi dan berkolaborasi dalam bentuk website tanpa mencari keuntungan.

Konsep

Setelah Anda berhasil menemukan ide, langkah berikutnya adalah meracik ide tersebut menjadi sebuah konsep yang lebih terperinci dari ide yang Anda temukan. Konsep ini mencakup seperti bagaimana tema website Anda akan dibuat. Apakah dengan tema sederhana atau dengan penuh pernak-pernik, itulah yang akan Anda tentukan pada langkah ini.

Materi atau Isi Website

Setelah memikirkan ide dan konsep, langkah berikutnya yang harus Anda ambil adalah menentukan dan mencari materi yang akan Anda isi ke dalam website. Materi ini biasanya mencakup teks tertulis (artikel) dan gambar (ilustrasi). Untuk hasil yang lebih maksimal, tentukan lah materi yang akan Anda masukan, sampai website Anda mencapai tujuannya.

Pemilihan Platform

Platform merupakan media yang akan Anda tentukan untuk membuat website. Berbeda dengan 10 sampai 20 tahun yang lalu, kini platform yang tersedia semakin banyak dan bervariasi sesuai dengan konsep website Anda.

Anda bisa memanfaatkan platform yang sepenuhnya gratis seperti Blogspot, atau platform premium seperti Wix, Weebly dan sejenisnya (sebagian besar platform website builder saat ini menyediakan versi gratis dan premium, dengan beberapa perbedaan fitur).

Menentukan Domain dan Web Hosting

Untuk membuat sebuah website dengan performa yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan, Anda harus menentukan nama domain dan juga hosting dengan kualitas yang baik. Hal ini tentunya sangat berpengaruh dengan hasil website yang dibuat, oleh karena itu bijaklah dalam menentukan. Namun jika Anda masih bingung tentang dua hal itu, Anda bisa menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, PrestaShop. Karena CMS CMS tersebut memberikan kemudahan bagi Anda dalam membangun website.

Langkah-langkah Pembuatan Website

Setelah memikirkan semua persiapannya, Anda sudah bisa memulai pembuatan website. Pastinya Anda berfikir jika membuat website itu sulit dan membutuhkan waktu yang lama bukan? Faktanya, membuat website juga terbilang cukup mudah jika Anda tahu semua yang harus dilakukan. Jika kamu penasaran apa saja yang harus dilakukan saat membuat website, simak berikut ini :

Pilih Nama Domain/URL

Seperti yang sudah kami katakan di atas, nama domain atau URL adalah salah satu hal penting karena nama tersebut juga menentukan keunikan dari website yang kamu buat dan juga sebagai identitas website Anda. Selain itu ada juga beberapa fungsi domain sebagai berikut:

  • Membangun personal branding yang mudah diingat.
  • Dapat dijadikan nama email perusahaan Anda.
  • Membangun Brand Awareness.

Oleh karena itu, tentukan nama domain yang mudah dibaca dan mudah diingat oleh orang-orang tanpa harus menghilangkan unsur keunikannya.

Daftarkan Nama Domain/URL Anda

Setelah Anda menentukan nama domain, pastinya Anda harus mendaftarkannya agar dapat menemukan domain yang tersedia. Untuk pendaftaran tersebut bisa Anda lakukan melalui website Dewaweb. Jika nama domain yang Anda daftarkan sudah tidak tersedia, maka Anda bisa juga membelinya melalui website yang sama dengan harga yang beragam sesuai nama domain yang akan dibeli.

Pilih Penyedia Layanan Hosting

Jika Anda sudah mendapatkan nama domain yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah memilih layanan hosting. Untuk layanan hosting, Anda bisa menggunakan WordPress karena layanan ini yang paling populer dan dipercaya oleh beberapa ahli.

Untuk fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat penyimpanan data yang ada di website sehingga tidak akan khawatir data hilang. Namun ada juga beberapa fungsi lainnya sebagai berikut :

  • Website selalu online dan cepat diakses.
  • Website bisa dikelola dengan mudah.
  • Dapat melakukan pembaruan dan backup otomatis.
  • Website dijamin keamanannya dari serangan hacker dan Malware.

Mengkoneksikan Domain ke Website Hosting

Langkah selanjutnya dalam membuat website adalah menghubungkan nama domain ke web hosting. Jika Anda menggunakan layanan hosting, maka langkah ini sudah bisa Anda lewati karena layanan hosting sudah menyediakan langkah ini agar memudahkan proses pembuatan website.

Install WordPress ke Dalam Website

Setelah terhosting, Anda harus menginstall software yang memungkinkan Anda untuk menjalankan website di balik layar. Untuk langkah ini, menginstall WordPress adalah pilihan tepat. karena selain gratis, WordPress juga merupakan software terbaik sejauh ini.

Memasang Tema Sesuai Keinginan

Setelah semua langkah-langkah sebelumnya telah selesai, Anda bisa memulai memilih tema sesuai tujuan awal dan keinginan Anda. Untuk prosesnya bisa dilakukan dengan menggunakan WordPress, karena banyak tema gratis dan menarik yang telah disediakan. Jika Anda merasa tidak cocok dengan tema gratis yang disediakan, Anda bisa membeli tema dan juga menyewa designer untuk membuatkannya dengan biaya sesuai pesanan.

Konfigurasikan Website Anda

Untuk langkah terakhir dalam membuat website, Anda perlu mengkonfigurasikan situs website yang Anda buat guna memberikan akses kebagian-bagian penting website Anda. Siapkan navigasi Anda dan permudah pengunjung Anda untuk mengetahui tentang situs web Anda dan beri mereka akses mudah ke bagian terpenting dari situs web Anda.

Tips Untuk Pemula Dalam Pembuatan Website

Setelah mengenal website dan proses pembuatannya, Anda juga harus mengetahui apa saja kesalahan dalam membuat website yang dapat merugikan. Saat melakukan kesalahan tersebut, bisa menyebabkan dampak negatif. Lalu apa saja kendala yang dihadapi oleh pemula dalam mendesain antarmuka pengguna dan ketika membangun sebuah web? Simak berikut ini:

  • Belum Menentukan Logo
    Logo adalah sebuah identitas sebuah bisnis, karena itu sebelum memutuskan untuk membangun website jangan lupa untuk membuat logo brand secara resmi. Selain itu, logo juga dapat membuat para pengunjung website Anda menjadi lebih mudah untuk membedakan website Anda dengan website lain.
  • Belum Menentukan Halaman Yang Penting
    kesalahan dalam membuat website selanjutnya adalah menghabiskan waktu untuk menentukan halaman apa saja yang penting. Perlu diketahui, halaman di website memiliki kepentingan yang berbeda-beda.
    Pengunjung pasti memiliki waktu terbatas ketika mencari informasi di website, karena itu kamu harus mendapatkan perhatian mereka melalui konversi. Gunakan aturan 80/20, dimana 80% trafik dalam website akan didorong oleh 20% informasi yang disediakan dalam website.
  • Fokuskan Website Kepada Pengunjung
    Karena website dibuat untuk dilihat oleh para pengunjung, maka Anda bisa memprioritaskan informasi yang Anda masukan ke dalam website dapat membantu para pengunjung. Jangan pernah memberikan informasi perusahaan Anda terlalu banyak sampai melebihi informasi yang dapat membantu pengunjung Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *