Persiapan Membuat Website untuk UMKM dan Pemula

Bagikan informasi ini

Membuat website untuk UMKM dan pemula menjadi sebuah tantangan tersendiri sekarang ini terutama karena sebagian besar orang sudah menerapkan digital marketing. Melalui website UMKM dan pemula bisa mendisplay dengan mudah produknya sehingga secara budget akan lebih murah.

Selain itu, untuk pemula membuat website tidak mudah karena banyak hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, seperti fungsi dan isi dari website tersebut nantinya. Apakah hanya digunakan untuk showing produk, company profile atau digunakan untuk jual beli.

Berikut ini empat persiapan pembuatan website untuk UMKM dan pemula yang bisa kamu coba terapkan untuk dijadikan panduan agar tidak bingung saat membuat sebuah website.

Gunakan Domain Singkat Padat dan Jelas

Saat Anda memulai perjalanan pembuatan website untuk UMKM dan pemula, tahapan awal yang benar-benar krusial adalah menentukan domain yang memiliki ciri khas singkat, padat, dan jelas.

Penting untuk memahami bahwa pemilihan nama domain ini akan menjadi identitas online utama bisnis Anda, yang nantinya akan mencerminkan esensi dan tujuan dari perusahaan atau produk yang Anda tawarkan.

Disarankan untuk memilih nama domain yang dapat dengan mudah diingat oleh pengunjung. Kejelasan dan kesederhanaan nama domain tidak hanya memudahkan pengguna dalam mengingat alamat website Anda, tetapi juga berperan penting dalam memperkuat citra dan identitas bisnis secara keseluruhan.

Hindari penggunaan karakter khusus atau kombinasi huruf dan angka yang mungkin sulit diingat atau diucapkan. Adalah sangat relevan untuk memiliki domain yang sesuai dengan nama bisnis atau produk yang Anda tawarkan.

Sebagai tips tambahan, sebaiknya lakukan pengecekan ketersediaan domain melalui layanan registrar yang terpercaya. Pastikan untuk memilih ekstensi domain yang paling relevan dengan jenis bisnis Anda, seperti .com, .id, atau ekstensi lain yang sesuai.

Artikel Terkait :   Cara Mudah dan Gratis Membuat Blog untuk Pemula

Ekstensi domain yang tepat dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang jenis website atau bisnis yang Anda miliki, sehingga potensial meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pengunjung.

Tips: Periksa ketersediaan domain melalui layanan registrar terpercaya, dan pastikan untuk memilih ekstensi domain yang relevan dengan jenis bisnis Anda, seperti .com, .id, atau ekstensi lainnya yang sesuai.

Pilih Layanan Hosting Terpercaya

Setelah berhasil menentukan domain yang tepat untuk website Anda, langkah selanjutnya yang sangat signifikan adalah memilih layanan hosting yang dapat diandalkan. Keandalan hosting akan memastikan bahwa website Anda dapat diakses dengan cepat dan aman, memberikan pengalaman pengguna yang positif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial.

Penting untuk memilih penyedia hosting yang menawarkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan khusus website Anda. Pastikan penyedia hosting tersebut menyediakan ruang penyimpanan yang cukup untuk mendukung konten dan data yang akan Anda hadirkan.

Keamanan hosting juga merupakan aspek penting; memastikan bahwa website Anda dilindungi dengan firewall, enkripsi, dan perlindungan keamanan lainnya sangatlah esensial.

Selain itu, dukungan pelanggan yang responsif juga merupakan faktor kunci dalam pemilihan layanan hosting. Sebagai pengguna, Anda mungkin menghadapi tantangan teknis atau memiliki pertanyaan terkait performa hosting, dan memiliki dukungan yang cepat tanggap sangat berarti untuk memastikan kelancaran operasional website Anda.

Tips: Lakukan riset mendalam terkait penyedia hosting yang ada di pasaran, tinjau ulasan pengguna, dan perhatikan keandalan server serta kebijakan dukungan teknis. Pilih paket hosting yang sesuai dengan perkiraan trafik dan kebutuhan pertumbuhan bisnis Anda.

Manajamen Konten Terstruktur

Langkah selanjutnya setelah berhasil memperoleh domain yang sesuai dan layanan hosting yang tepat, tahapan selanjutnya yang perlu ditekankan adalah fokus pada manajemen konten yang terstruktur. Dalam konteks ini, penting untuk merancang tata letak halaman website dengan cermat.

Artikel Terkait :   Cara Mengevaluasi Website UMKM untuk Sukses Online

Perancangan tata letak yang jelas melibatkan penempatan elemen-elemen kunci seperti menu navigasi, konten utama, dan elemen call-to-action secara strategis. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi pengunjung untuk mengeksplorasi berbagai bagian dari website tanpa kehilangan arah.

Lebih jauh lagi, kejelasan dan keteraturan dalam manajemen konten tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung, tetapi juga dapat meningkatkan tingkat keterlibatan mereka. Dengan informasi yang tersusun secara terstruktur, pengunjung cenderung lebih lama berada di halaman website Anda.

Sebagai rekomendasi, selalu perbarui dan kembangkan struktur navigasi dan tata letak halaman Anda sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan konten. Terapkan prinsip-prinsip desain responsif untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di berbagai perangkat.

Tips: Gunakan kategori dan subkategori yang logis untuk mengorganisir konten. Pastikan setiap halaman memiliki judul yang deskriptif dan ringkas untuk memberikan pemahaman cepat kepada pengunjung tentang isinya.

Melengkapi Katalog Produk

Melengkapi katalog produk menjadi langkah penting bagi UMKM yang bertujuan untuk menjual produk secara online. Dalam upaya ini, perhatian terhadap detail merupakan kunci utama.

Pastikan untuk menampilkan gambar produk yang tidak hanya jelas tetapi juga deskriptif. Gambar yang menarik dan informatif akan memberikan pemahaman visual yang kuat kepada calon pembeli mengenai produk yang ditawarkan.

Selain gambar, informasi yang lengkap dan rinci mengenai setiap produk sangat penting. Sertakan detail seperti harga, ukuran, dan fitur produk agar pelanggan dapat membuat keputusan pembelian yang lebih informasional. Deskripsi produk yang baik juga dapat membantu dalam membangun kepercayaan dan memperkuat argumen penjualan.

Penting juga untuk menciptakan pengalaman belanja online yang nyaman dan menyenangkan. Hal ini dapat dicapai dengan menyediakan fitur pencarian yang efektif, memudahkan pengunjung untuk menemukan produk yang mereka cari dengan cepat.

Artikel Terkait :   11 Alasan mengapa Jasa Pembuatan Website Mahal

Penambahan filter berdasarkan kategori, harga, atau fitur produk juga dapat meningkatkan kemudahan navigasi. Selain itu, pastikan keranjang belanja berfungsi dengan baik, memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah menambah atau menghapus item, serta melihat ringkasan pembelian mereka sebelum proses check-out.

Sebagai tambahan, berikan opsi pembayaran yang beragam dan proses transaksi yang aman untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan melengkapi katalog produk secara menyeluruh dan menciptakan pengalaman belanja online yang positif.

Tips: Selalu perbarui katalog produk secara berkala, sertakan testimoni pelanggan jika memungkinkan, dan berikan opsi pembayaran yang beragam untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply