7 hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis Online

Penulis : DimasKurnia

Dalam berbisnis online banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari hal terkecil sampai yang besar. Lalu apa saja itu? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat berbisnis online.

Hati-hati dalam mencari target pasar

Sebenarnya tidak hanya bisnis online saja yang harus memperhatikan dengan baik target pasar mereka, tapi semua jenis bisnis harus tahu apa, untuk siapa, bagaimana dan kapan produk mereka harus dijual.

Hal tersebut menyangkut soal tertarik atau tidaknya pasar terhadap produk yang kita keluarkan. Mencari target pasar memang tidak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk bisnis online.

Pelaku bisnis harus tau kepada siapa mereka akan memasarkaan produk bisnisnya. Kalau memiliki website, website tersebut harus benar-benar tertuju pada target pasar mereka.

Jika tidak sesuai dengan target pasar, maka kecil kemungkinan orang yang tahu dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Buatlah konten yang berkualitas

Dalam berbisnis online kita juga harus menyiapkan konten-konten yang berkualitas serta mampu menarik perhatian para audiens yang melihatnya.

Karena bisnis online tidak dapat menunjukkan dan menjelaskan produk kita secara langsung, maka dari konten itulah kita bisa menjelaskan mengenai produk-produk tersebut.

Nah, itulah mengapa konten yang kita buat harus semenarik mungkin. Jika konten yang kita buat tidak menarik dan tidak cepat saat diakses itu akan membuat para pengunjung malas untuk melanjutkan.

Maksimalkan teknologi mobile

Saat ini perkembangan teknologi sangatlah menguntungkan bagi setiap proses bisnis di masyarakat dan salah satu yang sudah bisa kita rasakan adalah perangkat mobile untuk memenuhi kebutuhan dan aktifitas masyarakat.

Apalagi saat ini berbelanja online tidak hanya lewat PC atau laptop, tapi perangkat mobile pun sudah bisa. Untuk itu, dalam berbisnis online kita harus mengetahui dan mengikuti tren yang ada agar tidak ketinggalan.

Untuk media yang digunakan bisa berupa website versi mobile, sosial media seperti Instagram, Facebook dan aplikasi chatting lainnya.

Selalu cek ketersediaan produk

Dalam berbisnis online kita memang tidak memajang produk di etalase, namun kita juga harus tetap mengecek ketersediaan produk kita secara berkala.

Hal tersebut bertujuan agar nanti ketika ada pelanggan yang memesan produk kita dengan jumlah banyak kita tidak kebingungan lagi untuk mengeceknya.

Sertifikasi keamanan Secure Sockets Layer (SSL)

Dalam berbisnis online pastinya kita memerlukan fitur pembayaran yang terjamin keamanannya saat bertransaksi. Selain menggunakan dompet digital, website yang memiliki sertifikasi keamanan juga menjadi pilihan utama mereka.

Saat ini sudah banyak bisnis online besar yang menggunakan sertifikat SSL di website resmi mereka. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan keamanan kepada para pelanggan.

Selain itu ada banyak fitur pelengkap lainnya yang sudah digunakan, seperti penggunaan pin, verifikasi sidik jari atau bentuk verifikasi lain saat pelanggan melakukan transaksi. Hal tersebut bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online kita.

Komentar dan testomoni

Kebanyakan pelanggan akan percaya kalau sudah ada bukti seperti testimoni. Adanya testimoni dari pelanggan sebelumnnya itu akan lebih mudah menarik pelanggan lain untuk melakukan transaksi di bisnis online kamu.

Kamu juga bisa menyediakan halaman khusus untuk memuat semua testimoni positif dari pelanggan seperti ulasan mengenai pengalaman berbelanja serta pengalaman mereka saat menggunakan produk yang dibeli.

Memikirkan rencana jangka panjang

Dalam berbisnis online pastinya kamu memiliki mimpi dan rencana besar untuk perkembangan bisnis online tersebut. Bukan sekedar keuntungan penjualan saja, tapi kamu juga harus bisa menjangkau pasar yang lebih luas di beberapa waktu mendatang.

Semua rencana besar untuk kedepan harus benar-benar kamu buat dan lakukan dengan matang. Hal itu dikarena bisnis online merupakan bisnis yang mengikuti perkembangan teknologi setiap waktunya. Apabila kamu tidak memiliki rencana kedepan, kamu akan sulit berkembang di dunia bisnis online.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam berbisnis online. Semoga bisnis online yang kamu jalankan bisa berkembang besar dan

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *