Pengertian Google Trends Adalah dan Cara Menggunakannya

Bagikan informasi ini

Pengertian Google Trends adalah sebuah platform yang digunakan untuk mengukur popularitas dan volume pencarian kata kunci pada mesin pencari Google. Dengan Google Trends, pengguna dapat melihat tren pencarian terbaru, membandingkan volume pencarian di antara kata kunci, dan menganalisis tren pencarian seiring waktu. 

Seiring dengan semakin tertariknya para marketer yang ingin lebih dalam mempelajari SEO ( Search Engine Optimization ), Maka pencarian kata kunci / keyword menjadi hal yang paling utama terutama apabila Anda ingin mendapatkan informasi yang terbaru.

Maka secara dasar, Platform Google Trends ini adalah solusi murah dan tepat untuk menentukan hal tersebut dan semakin populer di kalalangan umum.

Google Trends ini sangat berguna bagi para pemilik bisnis, marketer, peneliti, jurnalis, content creator, advertiser atau siapa saja yang ingin memahami perilaku pencarian pengguna internet dan memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan bisnis atau penelitian.

Pengertian Google Trends Adalah

Pengertian Google Trends Adalah, Google Trends, Pengertian Google Trends

Pengertian Google Trends adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk memantau volume pencarian dan tren pencarian di seluruh dunia atau di wilayah tertentu pada mesin pencari Google. 

Google Trends menunjukkan bagaimana volume pencarian berubah seiring waktu dan dapat membantu pengguna untuk menemukan tren dan pola dalam perilaku pencarian pengguna.

Layanan ini diluncurkan pada tahun 2006, dimana setiap tahunnya mengalami pengembangan yang signifikan dengan fitur dan juga poin penilaiannya sendiri.

Dengan tampilannya yang simple , minimalis dan mudah dipelajari, membuat semua kalangan dapat mempergunakannya sebagai data primer atau data pendukung dari riset yang dilakukan.

Layanan ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias Gratis. Anda hanya cukup memiliki akun Gmail untuk dapat menyimpan history / sejarah pencarian Anda.

Kegunaan Google Trends

Ada banyak yang bisa Anda lakukan dengan Google Trends, berikut adalah beberapa kegunaan Google Trends yang bisa Anda coba:

Menganalisis Kata Kunci / Keyword

Menganalisa kata kunci merupakan hal yang perlu dilakukan di awal ketika Anda ingin memaksimalkan situs website Anda secara organik atau dengan menggunakan Google Ads.

Artikel Terkait :   Cara Mengoptimalkan Blog Dengan Google Analytics

Google Trends dapat membantu menganalisis kata kunci yang paling populer dan relevan dalam suatu industri atau niche baik dalam skala nasional atau regional tertentu.

Dengan menggunakan Google Trends, Anda dapat mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna sesuai dengan filter yang Anda setting sebelumnya.

Anda juga dapat membandingkan kata kunci yang berbeda dan melihat tren pencarian selama periode waktu tertentu yang sebelumnya terjadi dalam hitungan beberapa periode.

Menemukan Tren Pencarian

Google Trends dapat membantu Anda menemukan tren pencarian yang sedang naik atau turun dalam suatu wilayah tertentu atau di seluruh dunia. 

Anda dapat melihat perubahan volume pencarian untuk kata kunci tertentu selama periode waktu tertentu, sehingga Anda dapat memprediksi tren masa depan dalam industri atau niche tertentu.

Hal ini tentunya berdasarkan apa yang ditelusuri atau sedang hangat dibicarakan oleh netizen yang menggunakan mesin pencari Google.

Membandingkan Volume Pencarian

Dengan Google Trends, Anda dapat membandingkan volume pencarian antara beberapa kata kunci atau topik. 

Perbandingan kaya kunci ini baik dalam segi traffik penelusuran hingga lokasi dari pencarian tersebut.

Ini dapat membantu Anda menentukan kata kunci yang paling banyak dicari dan membantu Anda memilih kata kunci yang tepat untuk kampanye pemasaran Anda.

Menemukan Volume Pencarian dan Persaingan

Google Trends dapat membantu Anda menemukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. 

Anda dapat memilih kata kunci yang tepat untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di mesin pencari. 

Anda dapat membandingkan volume pencarian dan tingkat persaingan antara beberapa kata kunci untuk menentukan kata kunci yang paling menguntungkan untuk situs web Anda.

Memahami Perilaku Pencarian Pengguna

Google Trends dapat membantu Anda memahami perilaku pencarian pengguna dan memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan bisnis atau penelitian. 

Artikel Terkait :   Panduan SEO On Page bagi Pemula

Anda dapat melihat kata kunci dan topik yang paling banyak dicari oleh pengguna, lokasi pengguna, dan bahkan perangkat yang digunakan.

Data ini dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan keberhasilan kampanye pemasaran Anda.

Riset Kata Kunci di Google Trends

Berikut ini adalah cara paling mudah dalam melakukan riset kata kunci menggunakan tools Google Trends. Yuk simak baik-baik!

Buka Situs Google Trends

Langkah pertama adalah Anda membuka situs Google trend yang ada pada link berikut : Google Trend Indonesia. Maka apabila Anda belum melakukan login, maka berikut adalah tampilan dasar Google Trends Indonesia.

Pada tampilan ini, Anda akan diberikan apa yang sedang menjadi trend atau hit dicari oleh pengunjung dunia maya di Indonesia. Mulai dari Artikel hingga berita yang populer pada masa tersebut.

Masukkan Keyword / Kata Kunci

Setelah masuk ke situs Google Trends, Anda dapat memasukkan kata kunci atau topik yang ingin Anda teliti dalam kotak pencarian di bagian atas halaman.

Anda juga dapat memilih beberapa kata kunci atau topik sekaligus (5 topik/5 kata kunci) untuk dibandingkan dengan memasukkan koma antara setiap kata kunci.

Anda juga diberikan informasi apa yang sedang trending secara umum.

Lakukan Filter Lokasi, Waktu dan Kategori

Google Trends memungkinkan Anda untuk menyesuaikan hasil pencarian dengan menggunakan filter.

Anda dapat memilih wilayah tertentu untuk melihat tren dalam volume pencarian kata kunci atau topik dalam wilayah tersebut, serta mengatur rentang waktu untuk melihat tren dalam volume pencarian dalam periode waktu tertentu.

Anda juga dapat memilih kategori tertentu atau jenis pencarian (misalnya, pencarian web, YouTube, atau pencarian gambar) untuk mempersempit hasil pencarian Anda ke dalam hasil yang lebih spesifik.

Analisis Grafik Trend

Setelah Anda memasukkan kata kunci atau topik dan menyesuaikan filter, Google Trends akan menampilkan grafik yang menunjukkan tren dan pola dalam volume pencarian kata kunci atau topik tersebut.

Artikel Terkait :   Tutorial Ahrefs Webmaster Tools Gratis!

Anda dapat melihat grafik untuk setiap kata kunci atau topik secara terpisah atau membandingkan grafik untuk beberapa kata kunci atau topik untuk melihat perbandingan volume pencarian.

Perbandingan Volume Pencarian.

Google Trends memungkinkan Anda untuk membandingkan hingga lima kata kunci atau topik secara bersamaan untuk melihat perbandingan volume pencarian.

Anda dapat melihat grafik yang menunjukkan volume pencarian untuk setiap kata kunci atau topik dalam satu grafik yang sama.

Gunakan Fitur “Related Queries”

Fitur “related queries” pada Google Trends memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci atau topik terkait yang juga banyak dicari oleh pengguna.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menemukan ide-ide kata kunci atau topik baru untuk dianalisis.

Memahami Grafik Google Trends

Grafik Google Trends menunjukkan volume pencarian dalam skala 0 hingga 100, di mana 100 adalah nilai tertinggi dari volume pencarian, 50 adalah menengah, dan 0 adalah terendah. 

Grafik juga menunjukkan tren naik atau turun volume pencarian seiring waktu.

Pengguna dapat menambahkan beberapa kata kunci dalam satu grafik dan membandingkan volume pencarian antara kata kunci tersebut.

Memahami Prediksi Trends

Google Trends juga menunjukkan prediksi tren pencarian di masa depan. Namun, prediksi ini tidak selalu akurat dan hanya dapat digunakan sebagai panduan. 

Prediksi tersebut didasarkan pada data masa lalu dan faktor-faktor lain seperti acara musiman atau peristiwa besar yang dapat mempengaruhi perilaku pencarian pengguna.

Penutup

Google Trends adalah platform yang sangat berguna untuk memahami perilaku pencarian pengguna dan memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan bisnis atau penelitian.

Dengan Google Trends, pengguna dapat menganalisis kata kunci terkait dan menemukan tren pencarian terbaru.

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur prediksi untuk memprediksi tren pencarian di masa depan.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply