Apa itu Domain? Berikut Pengertian domain, Cocok Buat Pemula

Penulis : UmarFaruq

Di dunia internet, pasti Anda sering kali bertemu dengan sebuah istilah domain. Akan tetapi, meski sering bertemu dengan istilah tersebut masih banyak orang-orang yang belum tau mengenai apa itu domain? Kebetulan, kali ini kami akan membahas pengertian dari sebuah domain. Domain adalah sebuah nama, yang mana nama tersebut mewakili IP address dari suatu website yang biasanya sering kita ketahui seperti, “.com, .id, .co.id, .org, .sch.id” dan lain sebagainya.

Pengertian Domain

Adapun pengertian domain atau arti dari domain itu sendiri adalah suatu alamat untuk mengidentifikasikan website, dengan sebuah nama yang lebih mudah diingat dan juga diketik dibandingkan dengan “IP address” yang mana sangatlah rumit.

Pada dasarnya, semua webiste yang terdapat pada internet, mempunyai alamat yang berupa rangkaian angka. Yang mana rangkaian angka tersebut sering kali disebut dengan “IP address” yang sangat sulit untuk diingat dan sulit untuk diketik. Maka dari itu, adanya sebuah domain yakni, untuk menggantikan Ip address, dengan nama yang lebih familiar seperti contoh: dewaweb.com.

Dewaweb sendiri merupakan nama domain yang terpilih dan juga sebuah website yang dapat Anda kunjungi. Sedangkan .com merupakan sebuah ekstensi domain yang sesuai dengan perusahaan, organisasi dan lainnya.

Cara Kerja Domain

Setelah Anda paham tentang pengertian domain dan kegunaan domain, supaya lebih meluas, mari kita bahas mengenai cara kerja dari sebuah domain. Pada saat Anda memasukkan nama domain di web browser, maka browser ini akan langsung mengirimkan suatu permintaanke jaringan server global, yang telah membentuk sistem nama domain “DNS” (Domain Name Syistem).

Selanjudnya, komputer atau name server yang berada di jaringan global akan langsung mencari letak website yang sudah terkait dengan nama domain tersebut. Server pada jaringan DNS, mempunyai nama yang tidak sama atau berbeda-beda, yakni tergantung pada organisasi atau perusahaan yeng telah mengelolanya.

Maka dari itu, sebuah server dalam sebuah jaringan DNS juga disebut sebagai name server. Adapun setelah browser berhasil menemukan sebuah lokasi website yang telah dikaitkan dengan nama domain, server tersebut langsung mengirimkan sebuah data kembali untuk di tampilkan.

Begitulah sekilas pengertian domain dan cara kerja dari sebuah domain yang hanya dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda semuanya.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *