Apakah Perbedaan antara Domain dan Subdomain?

Penulis : UmarFaruq

Memasuki era yang serba digital pada saat ini, berbagai instansi pemerintahan, para pembisnis, sampai pada anak remaja sekarang mulai menggunakan sebuah website guna untuk menunjukkan sebuah eksistensinya. Website bagi mereka sudah dianggap bisa dalam menyalurkan produk, ide-ide dan juga mampu menyalurkan sebuah informasi penting melalui media online.

Pada saat ini mungkin Anda merupakan salah satu orang yang juga ingin menjadi bagian dari mereka. Atau pada saat ini Anda sedang mencari tau mengenai referensi tentang website, dan kemudian Anda mulai eksekusi dalam membuat sebuah website tersebut.

Namun, pada pertengahan jalan dalam membuatnya, Anda tersebut mengalami kendala kebingungan dalam memehami perbedaan antara addon domain dan juga subdomain yang dapat dipergunakan dalam membuat sebuah website.

Pengertian Antara Domain dan Subdomain

Kalau Anda telah mengenal sebuah domain, maka sebaiknya Anda juga perlu memahami atau mengetahui tentang subdomain. Karena domain dan subdomain merupakan sebuah dua elemen yang tidak bisa dipisahkan dalam pembuatan sebuah website.

Perbedaan antara domain dan Subdomain

Subdomain adalah sebuah turunan nama dari domain Anda. Maka dari itu subdomain dapat dibuat ketika Anda sudah memiliki sebuah nama domain. Subdomain biasanya akan memuat sebuah nama atau sebuah kata yang bersifat khusus daripada seluruh website Anda.

Misalnya, Anda memiliki sebuah toko baju, dengan nama domain website yakni, “tokobaju.net“. Kemudian dari nama domain Anda tersebut bisa dibuat subdomain dengan nama “distro.tokobaju.net“. Kata store tersebut merupakan subdomainnya dan kata tokobaju adalah nama domainnya, sedangkan .net tersebut adalah extensionya.

Subdomain sering kali digunakan agar konten yang terdapat di dalamnya tersebut tidak tercampur terhadap konten yang utama. Dengan subdomain ini, nantinya Anda tidak akan kebingungan dalam menempatkan sebuah artikel tanpa mengubah atau merusak estetika toko online yang Anda miliki.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *