Share This Post

Bicara mengenai pencatatan keuangan bagi UKM? Adapun tingginya suatu angka penjualan produk menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Untuk mencapai hal tersebut, ada banyak hal yang harus dilakukan, seperti meningkatkan kualitas produk, memperbanyak kuantitas produk, melakukan promosi dan masih banyak lagi.

Karena banyaknya hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut akhirnya membuat Anda lupa akan satu hal yang sebenarnya sangat penting untuk dilakukan, yaitu pencatatan keuangan.Tingginya angka penjualan belum tentu sejalan dengan keuntungan yang didapatkan. Pasalnya, keuntungan baru bisa Anda didapatkan setelah mengurangi jumlah pemasukan dengan jumlah modal.

Apabila modal yang Anda tanam juga tinggi, kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan besar pun juga akan semakin kecil. Untuk itulah Anda memerlukan sebuah pencatatan keuangan agar terlihat jelas berapa jumlah keuntungan UKM yang Anda jalankan dan apakah ada kerugian yang terjadi. Selain itu ada 4 alasan lain mengapa pencatatan keuangan begitu sangat penting bagi UKM. Apa saja itu? berikut ulasannya.

Beberapa Alasan bahwa pentingnya pencatatan Keuangan bagi UKM

1. Mengetahui kondisi finansial UKM

Sebagai pelaku usaha tentunya Anda ingin mendapatkan pemasukan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pencatatan keuangan akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Dengan pencatatan keuangan, Anda bisa membandingan kondisi finansial UKM sebelumnya dengan yang sekarang. Apakah laba UKM Anda mengalami peningkatan atau tidak.

Dengan begitu Anda bisa menentukan biaya apa saja yang diperlukan dan yang tidak diperlukan sehingga Anda bisa memangkasnya demi menghemat pengeluaran. Intinya, pencatatan keuangan dapat membantu Anda mengawasi kondisi finansial UKM, baik secara keseluruhan maupun mendetail.

2. Alat pengambil keputusan

Tentunya Anda paham bahwa finansial merupakan salah satu aspek terpenting dalam UKM. Setelah mengetahui kondisi finansial, Anda dapat menentukan berbagai keputusan demi masa depan UKM Anda.Sebagai contohnya, Anda menemukan bahwa hasil penjualan tidak sesuai target padahal para pelanggan selalu memberikan feedback positif.

Akhirnya, Anda pun lebih fokus pada marketing untuk mempromosikan produk UKM. Melalui pencatatan keuangan, Anda bisa meninjau apakah UKM Anda perlu menambah karyawan, berinvestasi alat produksi atau berbagai kebijakan lainnya.

3. Mempermudah proses pelaporan pajak

Sebagai warga negara Indonesia yang baik sekaligus pelaku UKM, Anda wajib melaporkan hasil pajak usaha yang Anda kelola. Nah, perhitungan pajak didasari dengan laporan keuangan usahan yang diperoleh dari neraca dan laporan laba rugi. Untuk itu diperlukan pencatatan keuangan.

Bayangkan Anda tidak melakukan pencatatan keuangan, maka pelaporan hasil pajak akan tertunda dan tidak bisa dilakukan tepat waktu.

4. Menentukan kelayakan usaha

Bisnis besar kebanyak tidak melakukan pendanaan sendiri. Mayoritas dari mereka akan mendapatkan investor yang akan memberikan dana untuk mengembangkan bisnis mereka. UKM yang Anda kelola pun juga memiliki peluang untuk mendapatkan tambahan modal dan bantuan dari pihak lain. Tentunya pihak lain tersebut akan menguji kelayakan apakah UKM Anda layak mendapatkan dana dari mereka.

Laporan keuangan pun menjadi peran penting karena menunjukkan sehat atau tidaknya kondisi UKM. Maka dari itu perlunya sebuah pencatatan dari keuangan untuk mengetahui hal tersebut.

Nah, itulah 4 alasan mengapa pencatatan keuangan begitu sangat penting bagi UKM. Dan juga harus didukung dengan kemampuan dan pengetahuan Anda dalam bidang finansial.

Jangan mengandalkan pembukuan secara manual karena risiko terjadinya human error akan lebih besar. Anda bisa menggunaka beberapa software akuntansi untuk membantu mencatat keuangan. Selain minim risiko juga mampu membuat pencatatan keuangan UKM Anda menjadi lebih teratur, praktis dan akurat. Dengan begitu UKM Anda pun bisa berkembang pesat.