Mengenal RDP: Definisi, Fungsi dan 5 Manfaatnya!

Bagikan informasi ini

Sering mendengar istilah RDP? Tentunya, istilah RDP sangat familiar bagi para internet marketer. Entah digunakan untuk live steam YouTube menggunakan RDP, atau mengerjakan tugas lain yang mengharuskan komputer hidup selama 24 jam nonstop.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai RDP dan segala manfaatnya, mari mengenal terlebih dahulu apa definisi dan kegunaan dari RDP itu sendiri.

Singkatnya, RDP (Remote Desktop Protocol) adalah protokol yang memungkinkan pengguna untuk mengakses desktop dan aplikasi yang berjalan di sebuah komputer dari jarak jauh melalui jaringan. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan menggunakan komputer jarak jauh seperti sedang duduk di depannya secara langsung.

RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya komputer jarak jauh tanpa harus secara fisik berada di dekat komputer tersebut, sehingga memberikan keuntungan dalam hal mobilitas, produktivitas, dan kolaborasi dalam lingkungan kerja yang jauh dari kantor atau lokasi fisik.

Asal Muasal RDP

RDP sendiri dikembangkan oleh Microsoft Corporation pada awal 1990-an sebagai bagian dari sistem operasi Windows NT 4.0. Pada saat itu, fitur ini masih sangat sederhana dan hanya dapat digunakan untuk mengontrol komputer jarak jauh yang berjalan di dalam jaringan lokal.

Namun, dengan kemajuan teknologi jaringan yang begitu pesat, RDP kemudian berkembang menjadi protokol yang lebih canggih dan dapat digunakan untuk mengakses komputer jarak jauh melalui jaringan publik seperti Internet. Fitur-fitur baru seperti enkripsi dan otentikasi juga ditambahkan untuk meningkatkan keamanan penggunaan RDP.

Saat ini, RDP telah menjadi protokol standar dalam industri teknologi informasi dan digunakan secara luas di seluruh dunia sebagai jawaban dan solusi akses jarak jauh untuk penggunaan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis.

Fungsi dan Manfaat RDP

Perihal Fungsi, kegunaan utama RDP atau Remote Desktop Protocol yaitu untuk memberikan akses jarak jauh ke desktop dan aplikasi yang berjalan pada sebuah komputer melalui jaringan.

Berikut beberapa fungsi RDP

  1. Akses jarak jauh: RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses desktop dan aplikasi dari jarak jauh melalui jaringan.
  2. Pengontrolan: RDP memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan menggunakan komputer jarak jauh seolah Anda sedang duduk di depannya secara langsung.
  3. Kolaborasi: RDP memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses komputer yang sama secara bersamaan dan bekerja pada aplikasi yang sama.
  4. Mobilitas: RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya komputer jarak jauh tanpa harus hadir secara fisik berada di dekat komputer tersebut.
  5. Efisiensi: RDP dapat membantu organisasi dan perusahaan menghemat biaya dan waktu dengan memungkinkan akses jarak jauh ke sumber daya komputer tanpa harus membeli dan mengatur perangkat keras tambahan.
Artikel Terkait :   Jasa Pembuatan Website Murah Surabaya

Cara Streaming YouTube menggunakan RDP

Jika Anda tidak memiliki device yang mumpuni untuk melakukan Live Stream YouTube selama berjam-jam, maka RDP bisa menjadi solusi kendala di atas. Lalu, bagaimana caranya?

Berikut tutorial singkat live streaming YouTube menggunakan RDP:

  • Pertama, pastikan bahwa komputer yang digunakan untuk streaming YouTube telah terpasang RDP dan terhubung ke jaringan. Jika belum, Anda bisa menyewa RDP di tempat yang terpercaya. Saran kami, jangan menyewa RDP murah, karena harga menentukan kualitas.
  • Jika sudah, masuklah ke komputer jarak jauh melalui RDP. Caranya, buka aplikasi Remote Desktop Connection pada komputer yang ingin Anda gunakan untuk mengakses komputer jarak jauh, kemudian masukkan alamat IP atau nama host dari komputer jarak jauh dan klik tombol “Connect”.
  • Setelah terhubung ke komputer jarak jauh/RDP, Install software OBS Studio. Setup streaming YouTube Live di OBS Studio Anda dan perhatikan beberapa hal seperti Bitrate, resolusi, kecepatan, looping, dan settingan dasar lainnya.
  • Pindahkan file video yang ingin Anda gunakan untuk Streaming YouTube menggunakan RDP dari file di komputer utama Anda.
  • Buka YouTube Studio Creator dan copypaste stream key video live stream Anda (jangan lupa untuk setup live streaming di Dashboard YouTube Creator Studio seperti setting judul video streaming, deskripsi video, tag, hastag dan juga Thumbnail.
  • Masukan “Streaming key” yang Anda copy dari YouTube Creator Studio ke Software OBS yang Anda buka di RDP.

Tada!! Anda sudah bisa live dengan mengklik tombol “Start Streaming” di Software OBS Studio yang Anda buka di RDP.

Jika video sudah berhasil live, Anda bisa disconnect dari RDP, namun jangan menutup OBS Studio/Chrome yang Anda buka di RDP agar RDP terus menayangkan Live Streaming Anda. Cukup tekan disconnect saja, bukan close tab, close OBS apalagi menekan tombol “shutdown” di computer RDP Anda.

Artikel Terkait :   Sejarah dan Jenis-Jenis Website yang Harus Kamu Tahu!

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan streaming YouTube menggunakan RDP 24 Jam nonstop tanpa khawatir harus menghidupkan laptop/komputer pribadi Anda selama berjam-jam.

Hal yang Sebaiknya Jangan Dilakukan saat Streaming YouTube di RDP

Untuk menjaga keamanan Channel YouTube Anda, jangan log in YouTube/Email ytang terhubung dengan channel YouTube Anda di RDP yang Anda sewa. Karena jika Anda tidak memperpanjang RDP yang Anda sewa, maka RDP tersebut akan disewakan ke orang lain.

Sebenarnya, ini bukanlah hal yang amat serius jika Anda adalah orang yang teliti dan sadar akan bahaya keamanan akun Google Anda. Jadi, daripada Anda lupa log out akun Google Anda di RDP yang Anda sewa, lebih baik Streaming YouTube yang Anda lakukan di RDP menggunakan OBS Studio cukup menggunakan “streaming key” saja.

Jangan sampai menyepelekan hal sederhana seperti log in dan logout akun Google di komputer/RDP yang Anda sewa. Karena tetunya Anda tak mau jika Channel YouTube yang Anda bangun dengan segala jerih payah malah menjadi milik orang lain atau yang terparah channel Anda di hack oleh pihak yang tidak betanggung jawab.

Alternatif RDP untuk Mengakses Komputer dari Jarak Jauh selain Milik Microsoft

Jika Anda merasa tidak nyaman saat melakukan remote komputer dari jarak jauh menggunakan Remote Desktop Protocol milik Microsoft atau bawaan Windows, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif lain yang cukup populer dalam hal meremote komputer.

Berikut ini adalah beberapa tools alternatif lain yang bisa Anda andalkan dalam urusan mengakses komputer dari jarak jauh.

  • VNC (Virtual Network Computing): VNC adalah protokol yang digunakan untuk mengakses desktop jarak jauh dengan cara yang serupa dengan RDP. VNC tersedia dalam berbagai jenis, seperti RealVNC, TightVNC, dan UltraVNC.
  • TeamViewer: TeamViewer adalah software remote desktop yang dapat digunakan untuk mengakses desktop jarak jauh dan berbagi file antara komputer yang berbeda. TeamViewer tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android.
  • AnyDesk: AnyDesk adalah software remote desktop yang mirip dengan TeamViewer. AnyDesk memiliki fitur unggulan seperti kecepatan koneksi yang tinggi dan dukungan untuk berbagai platform.
  • Chrome Remote Desktop: Chrome Remote Desktop adalah ekstensi Google Chrome yang dapat digunakan untuk mengakses desktop jarak jauh melalui browser. Chrome Remote Desktop dapat diakses melalui PC, Mac, dan smartphone.
  • Splashtop: Splashtop adalah software remote desktop yang terkenal dengan kecepatan koneksi yang tinggi dan kualitas grafis yang baik. Splashtop tersedia untuk berbagai platform, termasuk Windows, macOS, Linux, iOS, dan Android.
Artikel Terkait :   Rekomendasi Tema Blogger Gratis, Responsive dan Elegan!

Pilihan alternatif RDP ini juga menawarkan berbagai fitur dan keunggulan yang berbeda. Pengguna dapat memilih alternatif yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun, sebelum menggunakan alternatif RDP, kami sarankan untuk memastikan keamanan dan privasi data yang dikirimkan melalui koneksi jarak jauh.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, RDP dan alternatifnya merupakan solusi yang dapat membantu pengguna untuk mengakses desktop atau aplikasi yang berjalan pada komputer jarak jauh secara efisien dan efektif. Dengan memastikan keamanan dan privasi data yang dikirimkan, pengguna dapat memanfaatkan RDP dengan aman dan nyaman.

Bagikan informasi ini
Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya

Sinar Hadi Wijaya adalah praktisi sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang Digital Marketing yang berpengalaman sejak tahun 2019.

Articles: 77

Leave a Reply