Mengenal Algoritma Google Penguin

Search engine adalah suatu industri yang sangat besar pada abad sekarang. Teknologi yang semakin lama semakin maju dan berkembang membuat semua orang lebih mudah dalam mengembara di dunia maya, ntah itu kapan dan dimana pun selama ada internet pasti bisa.

Bahkan kecanggihan teknologi tersebut membuat kita semua bisa mengakses berbagai macam informasi sesuai yang kita inginkan.

Hal inilah yang membuat industri search engine untuk terus berbenah agar selalu memberikan yang terbaik terhadap semua para pengguna internet. Dimana salah satunya yakni dengan hadirnya algoritma Google Penguin.

Seiring berkembangnya suatu internet, konten-konten yang sudah dipublish pada internet juga semakin benyak. Tentunya dari banyaknya sebuah konten tersebut harus ada yang mengaturnya. Harus ada suatu standar yang mengatur penyebaran konten-konten yang beredar di internet.

Nanti pada saat ada konten yang tidak berkualitas dan mengandung informasi yang menyesatkan akan mendapatkan tindakan dari Google.

Maka dari itu, Google secara berkala melakukan update algoritma dalam hasil yang diberikan untuk mesin pencari. Yang mana salah satunya merupakan hadirnya algoritma penguin. Algoritma penguin yang nantinya akan membantu Google dalam menindak dari semua konten-konter yang tersebar di internet.

Apa Itu Algoritma Penguin?

Algoritma Google Penguin adalah suatu algoritma yang telah hadir dalam menurunkan peringkat website atau blog pada mesin pencari. Akan tetapi, tak semua situs diturunkan peringkatnya, namun hanya menurunkan peringkat bagi situs yang terbukti sudah melanggar aturan Google Webmaster.

Lain daripada itu, algoritma Google Penguin juga dimanfaatkan untuk memilih yang memperoleh keuntungan dari Google.

Artinya, para pemilik atau pengelola web tersebut hanya ingin mendapatkan keuntungan tanpa memberikan suatu konten yang berkualitas. Bahkan konten yang dihadirkan tak sesuai dengan informasi yang telah didapatkan oleh para pengunjung websitenya.

Hadirnya algoritma penguin tentu saja disambut dengan baik dan tak sedikit blog maupun website yang mengalami penurunan peringkat secara drastis karena telah terbukti melanggar ketentuan dari Google Webmaster.

Mengatasi Algoritma Google Penguin

Anda harus memantau dalam pertumbuhan profil link atau backlink Anda. Perlu pemindaian backlink secara rutin dengan software online untuk pemeriksaan backlink. Kalau Anda menemukan backlink dengan kualitas yang buruk, sebaiknya dihapus dan diubah anchor text di halaman situs web Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *