Mengenal Algoritma Google Mobilegeddon

Banyak dari kita yang belum mengetahui tentang algoritma baru dari Google tahun 2015, yang mana algoritma tersebut diberi nama dengan algoritma Google Mobilegeddon, dan banyak pula dari kita belum melakukan perubahan yang cukup signifikan dari situs web yang kita kelola.

Sebagai seorang Publisher dari Google, kita akan menerima pemberitahuan dari Google langsung atas munculnya algoritma terbaru dengan notif pesan yang berbunyi. Dari pesan tersebut kita akan terlihat jelas sebagai seorang webmaster yang harus segera merubah dari situs web kita, supaya perangkat mobile lebih mudah dalam mengakses situs yang telah kita kelola dan kalau kita tak merubah web yang kita miliki, kemungkinan besar peringkat yang sudah kita kelola pada Google Search Engine akan jatuh.

Awal Adanya Mobilegeddon

Algoritma Google Mobilegeddon dirilis pada tanggal 21 April 2015, yang mana tujuan utamanya yakni menyangkut aksesbilitas web dari berbagai perangkat, terutama mobile. Sesuai dengan nama algoritma ini, adapun proyeksi Google kali ini yakni untuk memastikan bahwa website page yang ramah seluler akan muncul pada posisi paling atas di mesin pencari perangkat seluler. Kebalikannya, untuk web yang tidak teroptimasi dengan perangkat seluler bisa menduduki peringkat bawah yang membuat peluang halaman pada website ini diakses oleh banyak pengguna hanyalah tinggal mimpi.

Tips Menangani Mobilegeddon :

Situs website Anda harus untuk mobile friendly dan fokus terhadap kecepatan beserta kegunaan “User Experience“. Untuk memastikan situs web yang Anda miliki sudah mobile friendly atau belum, Anda dapat menggunakan tool Google Mobile Friendly test. Adanya tool ini Anda bisa melihat aspek mana dari versi seluler yang perlu ditingkatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *