Dapanel Media Indonesia, Jasa Pembyuatan Website, Manajamen Sosial Media,

3 Langkah Mudah Mengecek Pemilik Domain

Penulis : UmarFaruq

Tahukah Anda cara mengecek pemilik domain? Dalam pembuatan situs website, pastinya hal yang pertama yang Anda lakukan adalah mendaftarkan sebuah nama domain. Akan tetapi, kadang kala dalam mendaftarkan nama domain tersebut terdapat beberapa kendala yang salah satunya yakni, nama domain sudah dimiliki oleh orang lain.

Nah! Bagi Anda yang mengalami kendala tersebut, tidak perlu langsung mengganti dari nama domain pilihanmu tersebut. Karena Anda bisa mengecek pemilik domain yang telah duluan memiliki nama domain yang hendak ingin Anda pergunakan tersebut. Cara mengeceknya bisa Anda pelajari di bawah ini:

Cara Mengecek pemilik domain

Sebelum Anda membeli sebuah domain, pastikan Anda mencari tau terlebih dahulu mengenai nama domain yang hendak Anda pergunakan tersebut. Apakah nama domain tersebut telah dimiliki oleh orang lain atau belum sama sekali ada yang mempergunakan atau memiliki?

Kalau memang sudah, alangkah baiknya Anda segera mengecek pemilik dari domain tersebut dan Anda juga harus mengetahui siapa yang harus dihubungi mengenai hal tersebut. Berikut kami akan mengulas tentang sebuah cara dalam mengecek pemilik domain yang dapat Anda lakukan.

1. Kunjungi situs web

Kalau pemilik membeli domain sebagai suatu investasi atau supaya dapat dijual kembali kepada orang lain, tentu saja akan lebih memudahkan Anda untuk bisa memilikinya. Jadi, mulailah dengan suatu cara yang pertama yakni, cek pemilik dari website tersebut.

Apabila benar pemilik tersebut mengatakan kalau domain tersebut untuk dijual, maka biasanya langsung menyertakan sebuah informasi kontak atau formulir-formulir yang dapat Anda isi. Terdapat beberapa kasus, yang mana juga terjadi pada domain yang sedang dipergunakan secara aktif. Akan tetapi, Anda masih bisa dapat menemukan suatu informasi mengenai kontak pada halaman tentang situs website.

Apabila Anda cukup beruntung karena telah berhasil mempunyai nama domain yang Anda inginkan tersebut, maka Anda tidak perlu melewati dua langkah berikutnya.

2. Periksa direktori WHOIS

Seseorang yang telah mendaftarkan nama domainnya, pastinya akan dicatat guna untuk mengumpulakn sebuah informasi mengenai kontak. Selanjudnya, informasi yang telah dikumpulkan akan dikirim kepada direktori WHOIS, dan dalamnya juga mencakup mengenai siapa yang telah menjalankan setiap situs web secara online.

Maka dari itu, melakukan suatu pemeriksaan direktori WHOIS merupakan sebuah langkah dalam mengecek pemilik domain. Adapun cara mengecek pemilik domain dengan sebuah direktori WHOIS yakni, Anda dapat memasukkan nama domain yang Anda cari, lalu scroll ke bawah untuk menemukannya.

Dan untuk data-data yang telah tercantum, biasanya berisi tentang informasi kontak dari sang pemilik domain. Meski biasanya data yang ditampilkan tersebut tidak selalu lengkap. Namun, pasti akan selalu ada sebuah informasi mengenai siapa pendaftar domain serta tanggal kadaluarsanya.

Maka dari itu, Anda juga dapat mengetahui apakah domain tersebut akan segera diperbarui. Jika benar, Anda mungkin bisa mengambilnya dengan nominal harga lebih murah pada saat kadaluarsa, dibandingkan membelinya secara langsung.

3. Hubungi pendaftar domain

Pada saat ini sudah cukup banyak para pendaftar yang telah menawarkan privasi dari nama domain. Sehingga suatu informasi pribadi pemilik tersebut tidak terdaftar pada direktori WHOIS. Maka dari hal tersebut membuat Anda tidak bisa mengetahui secara langsung siapakah pemiliknya melalui direktori WHOIS.

Akan tetapi jangan khawatir, Anda akan tetap bisa mengetahui melalui siapa mereka mendaftar nama domain tersebut. Bukalah sebuah situs website pendaftar domain, lalu cari sebuah informasi tentang kontak mereka. Tulis email atau hubungi langsung untuk memberikan informasi mengenai nama domain apa yang hendak Anda beli, dan juga mintalah informasi milik Anda kepada pemiliknya.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *