Dapanel Media Indonesia, Jasa Pembyuatan Website, Manajamen Sosial Media,

5 cara untuk mengatasi kerugian bisnis bagi pemula

Penulis : UmarFaruq

Bicara bagaimana cara mengatasi kerugian bisnis? Memang benar, kerugian adalah hal yang biasa terjadi pada sebuah bisnis. Perusahaan tidak akan selamanya mendapatkan untung dan menghasilkan. Sesekali pasti akan mengalami kerugian dan bisa ditutup dengan keuntungan yang didapat sebelumnya.

Namun, bagaimana kalau kerugian itu Anda alami saat memulai bisnis? Tentunya tidak ada dana yang masuk untuk mengatasinya. Jangan panik dulu, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kerugian bisnis baru.

Cara-Cara Mengatasi Kerugian Bisnis

1. Bersiaplah untuk gagal

Kerugian mungkin bisa berakibat pada kebangkrutan atau kegagalan. Melihat hal tersebut, Anda harus bersikap realistis dan jangan melawan kenyataan tersebut. Bersiaplah untuk gagal agar Anda mampu bangkit lagi di kemudian hari. Rencanakan apa saja yang harus Anda lakukan saat gagal nanti. Jika kerugian menjadi sebuah kegagalan, maka Anda harus mampu menghadapi kerugian tersebut karena kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

2. Biarkan emosi Anda mengalir

Cara mengatasi kerugian bisnis yang kedua adalah dengan membiarkan emosi mengalir apa adanya dan jangan dipendam. Jika Anda ingin marah, maka marahlah sejadi-jadinya asal jangan sakiti diri Anda.

Masalah tersebut merupakan sebuah fase yang harus Anda hadapi dan akan menghilang dengan sendirinya. Biarkan tangis dan rasa sakit yang Anda rasakan menjadi sebuah titik balik untuk menghadapi masalah Anda dan dapat bangkit kembali.

3. Analisis masalah Anda

Cara mengatasi kerugian bisnis yang ketiga adalah dengan menganalisis masalah Anda. Setelah pikiran sudah jernih dari emosi yang meluap-luap sebelumnya, saatnya menganalisis masalah yang sedang Anda hadapi saat ini.

Apa yang salah dari bisnis saya? Di mana letak kesalahannya? Apa yang menyebabkan kesalahan ini bisa terjadi? Apa yang harus saya lakukan untuk mencegah masalah itu jika terjadi di kemudian hari?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tanyakan kepada diri Anda sendiri berulang-ulang. Jika belum menemukan jawabannya, tanyakan lagi. Fokus dan cari solusi untuk masalah Anda, jangan berhenti pada “seharusnya begini”

4. Berfikir terbuka dan terima perubahan

Cara mengatasi kerugian bisnis selanjutnya adalah dengan berpikir terbuka. Bisnis tidak harus selalu berkembang sesuai dengan prediksi Anda. Bisa saja Anda merubahnya sesuai dengan keadaaan saat ini. Yang terpenting adalah selalu terbuka dengan semua jenis ilmu dari waktu ke waktu. Hal tersebut akan membantu Anda mengatasi masalah besar dikedepannya.

5. Ingat selalu kesalahan Anda

Kerugian yang Anda alami saat ini mungkin dapat diselesaikan dengan baik. Meskipun sudah lewat, jangan biarkan kejadian atau kenangan tersebut hilang begitu saja dari kisah hidup Anda. Kalau perlu, catat semua kejadian tersebut. Hal tersebut bertujuan agar nantinya ketika Anda sedang menghadapi masalah yang sama atau bahkan lebih besar, Anda bisa lebih berwaspada lagi. Ini akan menjadi titik di mana Anda bisa bangkit dan memulai semuanya kembali.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kerugian bisnis. Hanya Anda sendiri yang dapat menentukan jalan terbaik bagi bisnis Anda. Berpikirlah jernih dan berhenti meratapi kerugian yang Anda terima. Andalah yang menjadi kunci untuk kebangkitan bisnis Anda sendiri.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *