Share This Post

Selain dijadika tempat berbagi foto dan video pribadi, saat ini Instagram sudah banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan jasa mereka.

Tidak heran kalau saat ini banyak pengguna yang ingin tahu bagaimana cara menambah follower Instagram secara organik. Nah! Berikut 9 cara untuk menambahkan followers Instagram secara organik yang bisa kalian lakukan.

Tips-Tips Cara Menanmbah Followers Instagram

1. Optimasi akun Instagram

followers instagram

Kelihatan sepele, namun nyatanya bagian ini sangat berpengaruh terhadap akun Instagram. Bahkan masih banyak akun yang berantakan dan bahkan, di bagian foto profil, bio hingga keterangan akunnya pun tidak menarik sama sekali. Gaimana bisa narik followers kalau masih seperti itu!

Nah, agar bisa menarik banyak followers, kamu perlu meng-optimalkan akun Instagrammu terlebih dahulu, seperti berikut ini:

  • Mulailah dari foto profil dan biodata
    Gunakanlah foto profil yang sederhana namun representatif dan mudah diingat. Untuk biodata, tulislah selengkap mungkin secara ringkas.
  • Username
    Gunakanlah nama yang mudah diingat, gampang dicari, dan representatif, terutama untuk brand. Jangan kebanyakan memasukkan angka dan simbol di dalamnya.
  • Jangan sia-siakan URL atau link yang bisa disematkan di bio
    Link tersebut sangat potensial untuk mendatangkan traffic ke websitemu.
  • Perbarui link bio dari waktu ke waktu
    Misal ketika ada acara A, ubah ke link informasi lengkapnya, ketika launching produk X, arahkan ke halaman pembelian dan seterusnya. Intinya, jadikan bagian tautan itu fungsional bagi followers.
  • Jangan privat akun Instagram
    Karena hal ini memudahkan orang-orang untuk stalking akun Instagrammu sebelum akhirnya memencet tombol follow.

2. Konsisten

Kamu juga harus memposting konten secara rutin dan terjadwal agar algoritma Instagram menyukai akunmu dan juga bisa menggaet followers Instagram baru.

Bagaimana caranya? cara agar kamu bisa konsisten memposting konten baik itu foto, story maupun IGTV ialah dengan menyiapkan kalender editorial postingan di Instagrammu.

Dengan begitu kamu bisa konsisten dan tidak akan kelimpungan atau bingung untuk posting apa karena semuanya sudah direncanakan secara matang.

3. Buatlah deskripsi caption semenarik mungkin

followers instagram

Untuk menarik banyak followers Instagram secara organik, kamu perlu membuat caption semenarik mungkin. Teknisnya, di baris pertama gunakan huruf kapital dan emoji yang bisa menarik perhatian. Sebelum judul selesai jangan di enter dulu.

Setelah baris pertama, gunakan teknik storytelling yang baik dan mengajak audiens untuk masuk kedalam cerita dan berimajinasi. Kamu juga bisa menceritakan pengalaman pribadi, cerita audiens lain, maupun studi kasus populer dalam paragraf deskripsi.

Jangan lupa untuk selalu memberikan jarak di tiap paragarafnya agar mudah dibaca oleh para audiens. Caranya adalah dengan mengenternya 2 kali sebelum memulai paragraf baru.

4. Gunakan hashtag khusus

followers instagram

Cara ini juga sangat ampuh untuk menarik followers Instagram secara organik. Bagaimana bisa? Karena penggunaan keyword yang lebih spesifik dalam hashtag, selain dapat mendatangkan audiens lewat pencarian, juga mampu mendatangkan audiens yang tepat atau kemungkinan besar audiens itu adalah buyer persona Anda.

Tidak hanya itu saja, dengan penggunaan hashtag yang tepat juga akan mengurangi jumlah pesaing yang ingin mengikuti orang yang kamu targetkan. Dengan begitu, akun Instagrammu akan mudah ditemukan dan mudah diikuti.

5. Berinteraksi dengan akun lain

Agar followers Instagrammu meningkat secara organik, maka kamu perlu berinteraksi dengan audiens. Misalnya seperti membalas komentar, membalas DM dan berinteraksi dengan akun lain, baik dari dari Instagram orang lain maupun Instagrammu sendiri.

6. Promosikan akunmu di platform lain

Selain Instagram, kamu pastinya memiliki akun media sosial lain, seperti Facebook, TikTok, Youtube, Twitter maupun LinkedIn.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mempromosikan akun Instagrammu di media sosial tersebut. Dengan memberi tahu orang lain bahwa kamu juga memiliki konten yang menarik di akun Instagram.

Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan Instagrammu melalui situs website. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan tombol media sosial ke situs web dan blog tersebut. Biasanya kamu harus menginstall plugin untuk social media sharing terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu bisa mempromosikan kontenmu di semua jaringan sosial media sekaligus menunjukkan kepada audiens lain bahwa mereka juga dapat menemukanmu di Instagram.

7. Buat konten berdasarkan permintaan followers

Selain konten original yang kamu buat di kalender editorial, kamu juga perlu membuat konten berdasarkan permintaan followersmu. Untuk menarik audiens jadi followers Instagrammu, kamu perlu mendengarkan ide dan masukkan dari mereka.

Cara mendengarkan audiens adalah dengan membuat survei kecil-kecilan mengenai topik yang ingin kamu bahas dan mintalah mereka untuk memilih topik mana yang ingin di bahas.

Menanyakan pendapat followers, akan membuat mereka menghormati dan kemungkinan besar juga akan membagian kontenmu di Instagram mereka.

8. Gunakan geotag

followers instagram

Hal terpenting untuk menambah followers Instagram secara organik lainnya adalah dengan menambahkan geotag di setiap konten yang kamu posting seperti geotag berupa lingkungan, kota dan area tertentu yang bisa kamu jadikan target iklan.

9. Menyertakan CTA

Percaya atau tidak, CTA (Call-to-Action) merupakan sesuatu yang harus dimiliki di setiap konten yang kamu buat. CTA atau Ajakan Bertindak tergantung pada apa tujuan konten kamu.

Praktik sederhanan CTA bagi konten foto atau konten grafis sederhana adalah dengan menyertakan ikon atau tanda untuk mendorong orang agar menyukai, mengomentari, membagikan, atau menyimpan postingan. Untuk format video, kamu dapat meminta mereka untuk melakukannya di scene akhir video tersebut.

Demikianlah 9 cara menambahkan followers Instagram secara organik tahun ini. Algoritma Instagram mungkin selalu berubah, tetapi praktik organik yang baik untuk meningkatkan followers Instagram ini akan selalu relevan. Ingat, konsistensi dan faktor keterlibatan (engagement) adalah kuncinya.