Keuntungan berbisnis Online dibandingkan Offline

Penulis : UmarFaruq

Apakah berbisnis online itu harus Anda lakukan dan apakah keuntungan berbisnis online? Apabila Anda tidak yakin dengan hal seperti ini, tentunya tidak akan bisa dalam melakukannya. Dan satu-satunya cara adalah Anda harus meyakinkan diri Anda sendiri dan mempermantap niat dan tujuannya. Bahkan seharusnya Anda sudah memulai sebuah bisnis online ini dari tahun-tahun lalu.

Manfaat Berbisnis Online

Dengan sebuah kondisi dari ekonomi yang akhir-akhir ini tidak menentu, banyak sekali perusahaa-perusahaan yang tidak memanfaatkan daripada internet, dan perlahan mulai mundur gulung tikar. Internet kini sudah menciptakan sebuah perusahaan model terbaru, yang mana telah mengubah daripada persepsi tradisional didalam melakukan suatu bisnis.

Kebanyakan dari sebuah pertumbuhan e-commerce tersebut sekitar kurang lebih 25% setiap tahunnya. Dan dari 7,2 juta UMKM yang terdapat di Indonesia sekitar kurang lebih 36% berjualan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan lainnya. Selain daripada itu, kebanyakan para UMKM omzetnya mengalami sebuah peningkatan sebesar 80% daripada sebelum-sebelumnya. Dan masih banyak lagi keuntungan berbisnis online lainnya.

Apabila sebuah fakta-fakta yang telah tercantum di atas belum bisa meyakinkan diri Anda untuk memulai dan melakukan sebuah bisnis online. Mungkin beberapa sebuah manfaat dari berbisnis online dibawah ini bisa membantu Anda dalam mencari tau dari keuntungan berbisnis online dan dapat menentukan dari keputusan Anda.

1. Modal Relatif Kecil

Sudah tidak asing lagi, kalau salah satu daripada keuntungan berbisnis online adalah karena sebuah modal yang diperlukan sering kali terbilang hanya relatif kecil. Sangat jauh berbeda sekali apabila dibandingkan dengan sebuah bisnis ofline, yang mana harus memiliki sebuah lokasi tempat untuk barang-barangnya, tempat administrasi, dan toko untuk penjualannya serta cukup menguras tenaga. Sedangkan untuk berbisnis online dapat menghemat dalam semuanya termasuk tenaga.

2. Mudah Dilakukan

Hampir semua para pembisnis online, pada waktu ditanya mengapa memilih bisnis online daripada bisnis offline atau bisnis konvensional? Rata-rata semua pembisnis online menjawab karena sangat mudah untuk dilakukan. Dari jawaban tersebut memang tidak salah. Karena bisnis online memang sangat mudah sekali untuk dilakukan, yakni dari mana saja dan kapan saja. yang Anda perlukan hanyalah koneksi internet yang stabil.

3. Biaya Operasional yang Lebih Efisien

Untu keuntungan berbisnis online berikutnya adalah jika membuka sebuah toko offline, kemungkinan untuk biaya operasional yang mana Anda keluarkan sangatlah besar. Adapun yang dimaksud dengan biaya operasional adalah seperti sewa bangunan, biaya listrik, biaya tenaga kerja, dan lain sebagainya, yang mana akan mempengaruhi bagi produksi Anda.

Akan tetapi dari hal tersebut tidak ditemukan, bila Anda menjalankan sebuah bisnis online, maka untuk biaya operasionalnya sangat relatif sekali dan lebih efisien. Dari hal tersebut Anda hanya perlu mengeluarkan sebuah biaya operasional untuk biaya internet atau kouta, biaya karyawan apabila Anda memiliki karyawan, biaya pengepakan saat barang akan dikirim dan biaya PLN. Inilah suatu keuntungan daripada berbisnis online, yakni dapat menghemat sebuah biaya operasional.

4. Menjangkau Konsumen Secara Luas

Adapun keuntunga berbisnis online berikutnya adalah Anda bisa menjangkau daripada konsumen secara luas tidak hanya satu kota saja melainkan antar provinsi, bahkan antar negara-negara diseluruh dunia. Dibadingkan dengan berjualan secara offline yang mana Anda hanya bisa menjangkau daripada konsumen yang terdapat di sekitar lokasi Anda saja.

5. Tidak Terikat Waktu

Yang sangat menarik dalam menjalankan sebuah bisnis online adalah tidak mengenal waktu, dimana Anda dapat melakukan bisnis online kapan saja. Karena dalam berbisnis online tersebut memiliki sifat otomatis tanpa harus mengontrol, dan bisnis Anda pun berjalan dengan semestinya. Dan masih banyak lagi keuntungan berbisnis online lainnya yang bisa Anda temukan apabila Anda menjalankan bisnis online.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *