Share This Post

Memeriksa kecepatan loading website? Sebagai pengguna atau pemilik website, pastinya Anda harus selalu mengecek atau memeriksa kecepatan dari website tersebut secara berkala, agar supaya dapat melihat. Apakah loading website tersebut sudah lumayan cepat atau belum?

Nah!. Kalau belum kali ini dapanel.id, akan mengulas suatu cara dalam memeriksa kecepata loading website menggunakan tool gratis yang dapat Anda pergunakan. Berikut ulasannya.

Tool Untuk Memeriksa Kecepatan Loading Website

1.     Google PageSpeed Insight

Google Pagespeed Insight ini nantinya akan menilai kecepatan daripada loading website dengan memakai skala %. Adapun nilai 0 samapi 49% akan memperlihatkan kalau website Anda lambet. Dan untuk nilai 50 sampai 89% akan memperlihatkan kalau kecepatan website Anda berada pada rata-tata.

Sedangkan untuk nilai 90% sampai100% akan memperlihatkan kalau website Anda tersebut sudah sangat bagus dan sudah sangat cepat. Tools ini juga dapat memberikan Anda sebuah saran, dimana saran tersebut untuk meningkatkan sebuah kualitas user experrince terhadap perangkat mobile.

2. Google Mobile Website Speed Testing

Google Mobile Website Speed Testing. Adapun tool yang satu ini juga bisa digunakan untuk memeriksa kecepatan dari suatu website mulai dari skala 0% sampai 100%. Selain itu, platform ini juga dapat memberikan sebuah saran yang harus Anda lakukan dalam meningkatkan sebuah kecepatan website dalam perangkat mobile.

Anda nantinya akan memperoleh suatu laporan kecepatan loading website melalui email atau langsung dikirim kepada developer webmaster.

3. Pingdom

Pingdom adalah sebuah tools monitoring website yang pada saat ini cukup terkenal. Adapun klien tool ini juga sama berasal dari sebagian klien besar seperti: Twiter, Facebook, Pinterest dan juga Spotify. Pingdom memiliki nilai kecepatan suatu website, dengan memakai skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai tersebut, maka menandakan loading website semakin baik.

4. GTMetrix

GTMetrix, juga merupakan sebuah tool gratis yang gunanya tersebut untuk memeriksa kecepatan loading website. Adapun cara menggunakannya juga lumayan mudah dan bahkan sangat gampang untuk dipergunakan bagi para pemula. Tool tersebut menyediakan sebuah analisis lengkap kecepatan web atas suatu dasar rekomendasi dari Google Pagespeed Insight dan Yslow.

5. Geek Flare

Geek Flare adalah tool kecepatan loading website gratis yang bisa dibilang masih baru. Software yang satu ini, dapat dipakai untuk memeriksa dari kecepatan website perangkat mobile serta desktop. Geek Flare tersebut hanya memberi suatu informasi dari detik ke beberapa konten yang berada pada web Anda, mulai dari loading sampai pada detik beberapa halaman web Anda sudah berhasil loading secara penuh.

6. KeyCDN Website Speed Test

KeyCDN Website Speed Test. Adapun tool yang satu ini juga bisa Anda pergunakan untuk memeriksa kecepatan loading website yang Anda miliki dengan mudah dan cepat. KeyCDN nanti akan menampilkan sebuah ringkasan analisis dan juga preview halaman yang Anda periksa.