Dapanel Media Indonesia, Jasa Pembyuatan Website, Manajamen Sosial Media,

Pin Grid Array (PGA)

Pin Grid Array

Pelajari Glossary / Kamus Istilah lainnya di Dapanel Media Indonesia

Pengertian Pin Grid Array (PGA)

Pin Grid Array (PGA) adalah tipe koneksi (kaki-kaki mikroprosesor) yang secara fisik berupa deretan pin yang tersusun teratur sedemikian rupa, yang didesainkan pada mikroprosesor untuk dipasangkan pada soket yang sesuai yang ada pada motherboard. Soket yang dimaksud adalah soket yang kopatibel dengannya, dengan kata lain soket yang menjadi pasangannya. Pin-pin tersebut berupa deretan semacam ‘jarum pendek, kaku dan tumpul atau semacam kawat pendek terbuat dari logam’.

Pin Grid Array (PGA) adalah Sebuah chip berbentuk bujur sangkar dengan pin yang bersifat high density (200 pins muat dalam chip berukuran 1,5 inci persegi). PGA dapat terbuat dari keramik (CPGA) dan dari plastik (PPGA). Bagian bawah dari PGA tampak seperti hamparan permadani paku.

Hingga kini, terdapat beberapa varian (jenis/macam/versi) PGA, antara lain PPGA (plastic pin grid array) dan FCPGA (flip-chip pin grid array). Kedua varian atau versi PGA tersebut dibuat oleh perusahaan Intel yang diaplikasikan pada produk prosesornya, yaitu Pentium. Varian yang lain adalah CPGA (Ceramic pin grid array) dan OPGA (Organic pin grid array). Kedua varian tersebut banyak digunakan oleh perusahaan AMD yang diaplikasikan pada produk prosesornya, yaitu AMD Athlon Thunderbird dan AMD Duron yang keduanya bertipe CPGA dan didesain menggunakan soket A, serta Athlon XP yang bertipe OPGA.

Anda Membutuhkan Bantuan ?

Gratis Konsultasi layanan dapanel

Jika anda bingung dan membutuhkan bantuan professional mengenai Digital Marketing, Jasa Pembuatan Website, Search Engine Optimization dan Hal lain yang berhubungan dengan Digital Marketing silahkan hubungi kami. Tanpa dikenakan biaya sama sekali selama bentuk konsultasi dengan team professional kami.