Jenis–Jenis Website Populer yang Perlu Kamu Ketahui

Penulis : UmarFaruq

Jutaan bahkan milyaran website populer sudah tersebar diseluruh internet. Akan tetapi, apakah Anda tahu tentang jenis-jenis website populer yang telah tersebar tersebut? Ketika hendak akan membuat sebuah website baru, kebanyakan orang masih bingung atau kesulitan dalam menentukan sebuah jenis website populer apa yang cocok atau sesuai dengan tujuan awal.

Adapun langkah awal yang paling penting sebelum Anda membuat sebuah website yakni, Anda harus cermat dalam menentukan jenis situs website apa yang Anda akan buat tersebut. Nah, ketika Anda sudah menentukannya, maka Anda akan lebih mudah dalam mengidentifikasi situs website lain untuk mencari sebuah inspirasi.

Kebetulan, kali ini dapanel.id akan mencantumkan beberapa jenis situs website populer yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi Anda dalam langkah awal pembuatan website. Nah, semonga dengan apa yang kami cantumkan di bawah dapat membatu Anda dalam menentukan jenis situs website-website populer.

Jenis Website-Website Populer yang harus Anda ketahui

1. Website Ecommerce

Jenis situs website populer yang pertama yakni website ecommerce, yang merupakan jenis website dibuat dan dipergunakan sebagai tempat membeli sebuah produk secara online. Adapun jenis situs website yang satu ini sama dengan toko online shop. Website tersebut dijadikan sebagai suatu alat dalam bertransaksi antara penjual dan pembeli, untuk proses dan pembayarannya akan terjadi pada website tersebut.

Di Indonesia terdapat banyak sekali website ecommerce tersebut, yang salah satunya yakni, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan masih banyak lainnya. Jika Anda ingin membuat website untuk berjualan secara obline, maka solusi yang tepat adalah dengan membuat website ecommerce.

2. Website Bisnis

Website bisnis merupakan salah satu website yang digunakan untuk mewakili dari sebuah bisnis tertentu. Dari namanya saja, kami yakin pasti Anda sudah paham mengenai tentang kegunaan dari website bisnis. Website bisnis kebanyakan mengkomunikasikan jenis-jenis produk dan juga layanan yang telah ditawarkan bisnis.

Jika kita lihat dari sisi pengertiannya, website bisnis tersebut memiliki kesamaan dengan website ecommerce. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar mengenai web tersebut, jenis website ecommerce bisa disebut sebagai website bisnis. Namun, website bisnis tidak selalu disebut dengan website ecommerce.

Pada saat ini, kebanyakan bisnis butuh pada yang namanya website. Karena dengan sebuah website, bisnis akan jauh lebih dikenal banyak orang dan sangat mudah ditemukan di internet. Lain daripada itu semua, website juga dapat membuat bisnis Anda lebih dipercaya dan kredibel.

3. Website Entertainment

Entertainment website atau yang dikenal dengan website hiburan adalah suatu website yang dibuat untuk salah satu tujuan hiburan. Website tersebut dapat berisi vidio, gambar, musik, file atau hal apapun yang bisa menghibur. Seperti youtube, Netflix dan beberapa situs website hiburan lainnya.

Karena terdapat banyak sekali situs hiburan yang ada di luar sana, Anda harus mengantisipasinya guna untuk meluangkan waktu dan juga untuk bekerja menemukan audiens yang telah terhubung dengan web Anda. Klau Anda memiliki sebuah ide dalam membuat sebuah konten yang menghibur, maka situs website entertainment adalah salah satu jalan untuk menunjukan konten Anda.

4. Website Portfolio

Website portfolio merupakan salah satu jenis website yang digunakan untuk menampilkan sebuah hasil karya atau pekerjaan yang sebelumnya. Website portfolio memiliki fungsi untuk menunjukkan terhadap klien hasil kerja dan juga kualitas pekerjaan sebelumnya yang mana sudah dilakukan.

Kebanyakan website yang satu ini dijadikan sebagai web pribadi. Antara web portfolio dan web personal tujuannya hampir sama. Oleh karena itu, keduanya tersebut bisa dikatan sama.

Adapun jenis website ini sangat mudah dibangun, jenis web ini sering kali digunakan oleh para profesional kreatif dan juga freelance. Website seperti inilah yang cocok dalam membangun personal branding, Karena web ini berisi mengenai informasi pemiliki web beserta portfolionya.

5. Website Media (Portal Berita)

Website portal berita merupakan sebuah website yang berisi tentang laporan dan mengumpulkan berita-berita. Website yang satu ini pada dasarnya dapat menghasilkan uang melalui iklan-iklan yang bermunculan, model berlangganan atau dari kombinasi keduanya.

Adapun di indonesia sendiri terdapat beberapa website media yang sangat terkenal seperti, liputan6, Detik, Kompas dan lainnya. Jika Anda ingin membuat sebuah media online, maka web yang satu ini sangat cocok dan sesuai dengan keinginan Anda.

Dalam pembuatan website portal berita tersebut, tentunya membutuhkan biaya yang agak besar, karena hal tersebut membutuhkan resource website hosting yang lumayan banyak.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *