Mengenal Investasi Reksa Dana dan Panduan Investasi untuk Pemain Baru

Penulis : UmarFaruq

Reksa dana merupakan suatu pengelolaan dana investasi kepada seluruh instrumen didalam suatu pasar modal. Dana investasi tersebut tentunya akan dikelola oleh seorang manager investasi sehingga bisa memaksimalkan sebuah return dan juga dapat meminimalkan resiko.

Terdapat banyak sekali macam-macam aplikasi penyediaan investasi reksa dana yang dapat Anda pilih sebagai suatu percobaan atau permulaan terjun pada bidang reksa dana, dan jadikan sebagai salah satu peluang.

Tidak perlu khawatir berlebihan mengenai dana yang telah diinvestasikan bagi investor pemula, dengan menggunakan sebuah aplikasi reksa dana yang terpercaya. Akan tetapi, bagi Anda yang masih ragu-ragu, berikut kami cantumkan beberapa panduan mengenai investasi reksa dana bagi pemula.

Panduan Investasi Reksa Dana bagi para pemula

1. Menentukan Tujuan Investasi

Sebelum Anda memulai suatu investasi reksa dana kepada instrumen apapun, tentu saja Anda perlu dalam menentukan sebuah tujuan investasi terlebih dahulu. Akapah tujuan Anda tersebut untuk jangka waktu panjang, jangka waktu pendek ataupun untuk jangka waktu menengah. Adapun dengan menentukan investasi di awal, tentunya akan lebih terarah dan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai.

2. Edukasi Diri

Sebagai salah satu instrumen investasi reksa dana tersebut juga memiliki kelebihan dan juga memiliki kekurangan. Yang mana kelebihan dan kekurangan tersebut perlu Anda ketahui. Terutama dalam soal return atau sebuah imbal hasil yang fluktuaktif. Maka dari itu, sebagai insvestor Anda harus siap rugi dan mendulang untung.

Adapun suatu reksa dana, sering kali menguntungkan sebagai salah satu investasi jarak panjang dan juga jarak menengah, dibanding yang hanya ingin hasil di bawah satu tahun. Insvestor juga perlu mengenal sebuah jenis-jenis reksa dana yang umum diperjualbelikan pada saat ini.

Seperti yang sudah Anda ketahui, kalau masing-masing reksa dana tersebut mempunyai sebuah kelebihan dan juga memiliki kekurangan masing-masing. Ada yang cocok dengan jangka waktu panjang, jangka waktu menengah dan juga ada yang cocok dengan jangka waktu pendek.

Begitu pula dengan adanya resiko, pastinya juga terdapat suatu resiko yang berbeda-beda. Ada yang resikonya tinggi dan return-nya tinggi. Namun ada yang resikonya kecil dan return-nya juga kecil.

3. Cek Kinerja Reksa Dana

Sangat penting sekali dalam mengecek track record dan juga mengecek kinerja reksa dana, guna untuk membatu dalam mengambil sebuah keputusan terkait dengan investasi. Seperti “Nilai Aktiva Bersih” (NAB) dan juga pergerakan return yang sering kali disajikan dalam sebuah bentuk grafik pada setiap pilihan reksadana.

Evaluasi terhadap suatu data historikal juga harus dilakukan supaya mendapatkan suatu gambaran reksa dana, antara mana yang stabil dan juga memiliki sebuah kinerja yang bagus, dimana return-nya tersebut stabil dan untuk resikonya tidak besar.

4. Cari Tahu dan Membaca Prospektus

Dokumen prospektus, “Fund Fact Sheet” mengacu kepada suatu penawaran investasi reksa dana yang dapat dibeli investor. Adapun informasi yang terdapat di dalamnya tersebut, menyangkut suatu data yang menyeluruh pada reksa dana yang ditawarkan.

Prospektus dapat didapatkan melalui agen manajer investasi atau agen daripada penjual reksa dana tersebut. Meski terlihat ribet, apalagi bagi yang baru-baru terjun atau memulai reksa dana, tentunya akan sangat terlihat ribet. Akan tetapi dengan membaca sebuah prospektus pada awal sebelum membeli reksa dana, tentunya akan mengurangi resiko kerugian yang agak besar.

5. Sabar dan Disiplin

Sebagai seorang investor, tentu saja harus sabar dan disiplin dalam melakukan suatu investasi. Insvestor juga harus konsisten dalam menyisihkan sebuah pendapatan atau pemasukan perbulan, guna untuk diinvestasikan kepada reksa dana. Perlu Anda ingat kembali, keuntungan dari reksa dana tersebut tidak bisa instan. Belum lagi untuk resiko yang yang perlu diketahui supaya tidak kaget kalau ada fluktuasi harga.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *