Dapanel Media Indonesia, Jasa Pembyuatan Website, Manajamen Sosial Media,

Perbedaan Hosting dan Domain Website

Penulis : UmarFaruq

Istilah hosting dan domain tentu saja sudah tidak asing lagi bagi Anda yang bergerak pada bidang IT atau bergerak di bidang bisnis, yang mana bidang tersebut membutuhkan media online, guna untuk memperkenalkan brand serta produk-produknya. Seperti website, blog, e-commerce.

Akan tetapi, masih banyak seseorang yang belum memahami tentang hosting dan domain serta kebanyakan orang masih belum tau tentang perbedaannya itu apa? Sebenarnya hosting dan domain merupakan dua istilah jaringan, yang mana sering kali ditemukan terutama pada sebuah jaringan internet.

Meskipun hosting dan domain tersebut berbeda, akan tetapi keduanya tersebut saling mempunyai keterkaitan dan juga tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, apabila Anda ingin memiliki sebuah website, maka Anda tersebut harus memiliki keduanya yakni, hosting dan juga domain.

Pengertian dan Perbedaan antara Hosting dan Domain

Apa itu Domain?

Domain merupakan sebuah nama alamat yang terdapat pada halaman situs. Misalnya, website tersebut sebagai rumah, maka alamat domain tersebut digambarkan sebagai sebuah alamat rumah Anda. Adapun alamat ini sering kali dipergunakan, dibanding dengan nomer pada IP yang lebih sulit untuk diingat.

Alamat seperti www.youtube.com, www.facebook.com atau www.google.com inilah yang disebut dengan sebuah nama domain. Akan tetapi, nama-nama domain ini kemudian memang akan diterjemahkan kepada alamat IP dengan DNS “Domain Name Server“. Karena alamat server hanya dapat membaca dari alamat IP.

Alamat domain juga memiliki macam-macam variasi, yakni terdapat beberapa yang gratis seperti “.worpress.com, .blogspot.com dan lain sebagainya. Akan tetapi, untuk mendapatkan sebuah alamat yang pribadi dengan “top level domain” yang seperti .com, .co.id, .id, .org, .net dan lainnya, Anda harus membelinya pada layanan-layanan hosting dan domain untuk menggunakannya.

yang harus Anda perhatikan dari alamat domain adalah bawasannya satu alamat domain hanya bisa digunakan dan juga hanya dimiliki oleh satu orang saja. Sama seperti dua rumah tak akan memiliki sebuah alamat yang sama. Jika Anda ingin menggunakan sebuah nama domain yang sudah digunakan oleh seseorang, maka Anda harus menunggu sampai domain tersebut tidak digunakan lagi oleh orang tersebut. Expired dan tidak diperpanjang masa aktifnya oleh sang pemiliki domain tersebut.

Apa itu Hosting?

Hosting merupakan sebuah tempat penyimpanan data-data dari komputer, yang bisa digunakan dan juga bisa diakses dengan sangat mudah melalui sebuah jaringan internet. Pada konteks website, data yang telah disimpan ke hosting merupakan data dari web. Seperti file-file, gambar, vidio, cms, html, database, script dan juga file-file lainnya, yang dibutuhkan untuk menampilkan sebuah halaman situs.

Kalau kita menggunakan analogi dari sebuah blog atau web sebagai rumah, maka hosting tersebut merupakan sebuah tanahnya. Dimana rumah tersebut berdiri diatasnya kemudian dibangun. Semakin luas sebuah space hosting tersebut, maka Anda tersebut juga akan semakin leluasa dalam menata sebuah website Anda, dan Anda juga dapat mengisi vidio, gambar-gambar, page dan komponen-komponen web lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on print
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *