Dari banyaknya website di dunia ini yang mencapai 1,9 Miliar lebih dan pasti akan bertambah seiring berjalannya waktu ini, ada satu website pertama yang di buat oleh seorang pria penggagas World Wide Web yang kini dijuluki sebagai “Bapak Internet”.

Tim Berners-Lee, nama seorang pria yang membuat website pertama pada 31 tahun yang lalu, tepatnya 6 Agustus 1991. Dia berhasil membuat website pertama di dunia dengan alamat URL :
http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html

Situs yang dibuat oleh Tim, berisi tentang bagaimana cara membuat laman web dan elemen hypertext yang dia pakai untuk membuat web tersebut. Banyak yang mengatakan jika desain dan informasi di dalam website yang sudah ada sejak 31 itu tidak berubah hingga saat ini.

Untuk meraih kesuksesan membuat web pertama di dunia, Tim harus mengenyam pendidikan di Queen’s College jurusan Fisika. Bachelor of Arts Hons (l) Physic, adalah gelar yang Tim dapat saat lulus pada tahun 1976. Gelar ini menunjukan bahwa Tim memiliki prestasi akademik yang luar biasa.

Setelah lulus, Tim membuat proposal tentang prototipe software dengan nama “Enquire”. Sayangnya, proposal itu di tolak dan tidak pernah dipublikasikan. Kemudian pada tahun 1989, Tim membuat proposal yang serupa namun dengan nama “WWW” dan diserahkan kepada Mike Sendall, seorang manager di tempat dia bekerja. Sendall pun setuju dengan apa yang diusulkan Tim melalui proposal.

Singkatnya, setelah pembuatan proposal tersebut, Tim membuat situs web pertama di dunia yang beralamat info.cern.ch yang di rilis pada tanggal 6 Agustus 1991. Dari web pertama yang diciptakan Tim, kini bermunculan situs blog, pemerintahan, portal berita bahkan digunakan perusahaan teknologi raksasa sebagai tempat bernaung seperti Facebook dan Google.

Leave a Reply