Hypertext Markup Languange atau sering dikenal dengan istilah HTML, jika diartikan adalah bahasa markah hiperteks. Setiap progremer web bahasa yang pertama wajib dikuasai adalah HTML. Mengapa demikian? Untuk mengetahui pentingnya HTML kita harus mengetahui apa itu HTML dengan mempelajari pengertian dan fungsi dan cara kerja HTML.

HTML ditemukan oleh Tim Bernes Lee, pada tahun 1991 namun pada saat itu belum dirilis secara resmi. Ide HTML itu bermula pada saat dia bekerja di CERN, Laboratorium Eropa untuk Fisika Partikel di Jenewa, Swiss. Saat itu para peneliti fisika sering berkolaborasi dan melibatkan lembaga dari seluruh dunia. Tim Berners-Lee memiliki ide agar peneliti dari seluruh dunia mampu mengumpulkan informasi dengan mudah.

HTML digunakan untuk mendefinisikan struktur halaman web dan kontenya, kemudian diterjemahkan oleh aplikasi web browsermenjadi tampilan visual.

Hypertext Markup Languange atau HTML juga dapat di umpamakn sebagai struktur bangunan rumah yang mendefisikan dimana letah lantai atap dinding dan lainnya. Juga dapat di definisikan sebagai konten, judul, sidebar dan lainnya pada halaman web.

Karena itu, HTML digunakan dalam membuat website. Jika kita membuka website-website maka kita pasti menemukan istilah HTML

Leave a Reply