Dalam pembuatan website sepertinya tidak mungkin dilakukan oleh satu orang saja, karena rumitnya pembuatan website meskipun menggunakan software yang dapat mensupport pembuatan website. Oleh karena itu pembuatan website harus dilakukan secara berkelompok atau dalam bentuk sebuah tim yang di dalamnya ada seorang web developer, web programmer, web designer, dan web administrator.

Nah, setelah mengetahui siapa saja yang harus ada dalam sebuah tim pembuat website, kami akan menjelaskan tugas mereka masing masing. Simak berikut ini.

Web Developer

Web developer ini merupakan peran utama dalam pembuatan website, mereka tahu bagaiman cara membuat situs maupun aplikasi dari 0 sekalipun. Secara umum, posisi ini bertanggung jawab untuk menulis kode dan membuatnya menjadi sebuah instruksi agar situs website berjalan lancar. Ada juga beberapa peran web developer sebagai berikut:

Web Programmer

Tugas utama dari seorang web programmer adalah melakukan coding dan memprograman sebuah situs website agar terlihat lebih dinamis dan lebih mudah dilihat oleh admin. Ada juga beberapa tugas web programmer sebagai berikut:

Web Designer

Web designer adalah seorang yang bertugas membantu web developer dalam memikirkan rancangan website mulai dari tampilan fungsi dan sebagainya. Selain itu ada beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang web designer sebagai berikut:

Web Administrator

Seorang web administrator harus benar-benar menjaga website agar tetap berjalan dengan baik dan tidak terjadi kerusakan hingga website di tinggalkan. Dan berikut beberapa tugas dari web administrator.

Leave a Reply