Secara umum standar web adalah spesifikasi teknik sebagai penentu layak atau tidaknya suatu website. Sebagian standar web yang ada, diterbitkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). W3C sendiri dibentuk oleh Tim Berners-Lee selaku pembuat web pertama di dunia.

World Wide Web Consortium, dibentuk guna menanggapi perang produk browser yang semakin hari semakin memanas, perang ini dilakukan oleh 2 perusahaan utama dalam pengembangan perangkat lunak yaitu Netscape dan Microsoft.

Dalam perang ini, 2 perusahaan tersebut memperkenalkan elemen-elemen baru dan merancang cara-cara baru untuk memproses konten secara online, hal ini dilakukan untuk menentukan perusahaan mana yang lebih baik.

Karena tidak adanya standar baku, pengembangan software yang dilakukan 2 perusahaan tersebut semakin tidak kompatibel dan tanpa kapasitas yang jelas. Oleh karena itu, Tim membuat standar web melalui W3C dan menghindari potensi kerusakan pada proyek internet yang disebabkan oleh perang produk tersebut.

Konsep Standarisasi Web

Standar web sama seperti standar lain, yaitu sebuah persyaratan yang didefinisikan dan harus dipenuhi untuk menentukan aspek web di dunia. Standar web dirancang dengan cermat agar web tetap memiliki kompatibilitas dan dapat di akses oleh semua perangkat yang digunakan pada masa kini dan masa yang akan datang seiring berkembangnya teknologi.

Keunggulan Standarisasi Web

Leave a Reply