Blog adalah bentuk aplikasi Website yang berbentuk tulisan-tulisan pda sebuah halaman Website. Tulisan tulisan ini sering dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, walupun tidak selamanya begitu.

Blog atau singkatan dari “Weblog” yang merupakan jenis Website yang menampakkan atau menampilkan berbagai konten informasi baik dalam bentuk artikel, video, foto, ataupun tautan.Awalmula blog adalah digunakan sebagai media untuk berbagai cerita dengan pengguna internet.

Pertama kali blog digagas pada bulan Agustus Tahun 1999, yang kemudian diakuisisi oleg goggle pada tahun 2003. yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997.

Aktivitas mengelola blog awalnya banyak dilakukan untuk segmen berita dan juga innfornasi. Tujuan blog adalah seperti koran yang sudah lebih duu ada, tetapi blog berkembang lebih cepat secara komperatif.

Ada beberapa jenis-jenis blog diantaranya :

  1. Blog pribadi
    Blog pribadi adalah blog yang seluruh pengelolaannya diatur berdasarkan keinginan dan kebutuhan pribadi pemiliknya. Kontennya juga merupakan gagasan hasil olah pikir pribadi mengenai topik yang menurut pemilik blog, menarik untuk dibahas.
  2. Blog Niche
    Blog Niche adalah tema atau topik khusus untuk blog. Dengan memilih satu blog niche, Anda hanya perlu menyusun content marketing dalam satu topik yang sama.
  3. Blog multimedia
    Blog multimedia memang seperti blog pada umumnya, tapi konten-konten yang diterbitkan berjenis multimedia, misalnya video dan podcast. Jadi, postingan yang diutamakan bukanlah tulisan.
  4. Blog berita
    Blog berita adalah konten dalam jenis blog seperti ini berfokus pada kejadian aktual, serta informasi terbaru yang dirilis di industri tertentu. Tidak seperti blog lain, blog berita biasanya tidak menyertakan opini atau konten pribadi.
  5. Blog perusahaan atau bisnis
    Blog perusahaan atau bisnis merupakan halaman blog yang berusaha untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis. Misalnya, meraih pasar yang lebih luas. Atau untuk bisa menarik audiens untuk membeli sebuah produk ataupun jasa. Intinya blog bisnis adalah untuk memanfaatkan internet sebagai bagian dari bisnis.
  6. Blog afiliasi
    Blog afiliasi atau affiliate marketing, yaitu teknik pemasaran dengan mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui platform online.
  7. Reverse blog
    Reverse blog adalah blog yang memiliki konten dan ditulis oleh beberapa jumlah penulis atau guest writer.

Fungsi Blog dan Manfaatnya :

Leave a Reply