Mungkin Anda sudah tidak asing dengan sebuah istilah website, dan ingin mengetahui langkah awal dalam pembuatannya. Sebelum itu, apa itu website? Website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain. 

Website pertama kali dibuat pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, seorang fisikawan Inggris di Dewan Eropa untuk Riset Nuklir (CERN). Berselang tiga tahun kemudian, CERN mengumumkan bahwa setiap orang dapat mengakses dan menggunakan World Wide Web secara gratis.

Umumnya, sebuah website dibuat oleh sebuah individu maupun sebuah organisasi, yang memiliki fungsi sesuai rencana yang sudah dibuat dengan matang oleh individu maupun organisasi itu sendiri. Dan berikut adalah langkah awal membuat website, simak di bawah ini.

Menentukan Nama Domain/URL

Pemilihan nama domain adalah hal yang paling penting dan patut untuk menjadi langkah pertama dalam membuat website. Hal ini karena sebuah domain akan bersangkutan dengan nama merk atau perusahaan.

Dalam pemilihan domain, Anda bisa memulai dengan nama yang Anda sukai dan Anda rasa nama tersebut akan menggambarkan apa isi dari situs web Anda. Banyak sekali orang yang memilih nama domain yang berkaitan dan beresonansi dengan isi atau konten yang ada di dalam website mereka.

Jika Anda membuat sebuah brand atau merek, maka nama domain Anda mungkin ingin menggunakan nama merek untuk nama domainnya atau variasi yang sangat mirip yang akan dihubungkan orang dengan merek tersebut. Manfaat domain antara lain yaitu:

Leave a Reply