Teknologi internet yang memiliki kemampuan untuk membagikan dan mencari informasi, membuat penggunanya berinovasi untuk melakukan pekerjaan sehari-harinya melalui internet, salah satunya digital marketing. Pemasaran digital atau digital marketing adalah sebuah kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek barang atau jasa menggunakan media digital dengan tujuan untuk menarik konsumen dengan jangkauan yang lebih luas dan cepat.

Digital marketing sendiri juga mulai populer di era ini karena kelebihannya dalam mengumpulkan data, branding dengan jangkauan yang luas, promosi yang tepat sasaran sesuai target penjualan, dan pastinya jauh lebih murah dibandingkan dengan cara pemasaran yang lain.

Namun sangat disayangkan, dibalik teknologi yang memiliki banyak kelebihan ada saja orang yang mengambil keuntungan secara ilegal dan tidak terpuji. Hal ini biasanya disebut dengan cyber crime atau kejahatan dunia maya. Kejahatan ini dilakukan oleh seseorang yang memiliki ilmu pengetahuan tentang komputer dengan level yang tinggi menggunakan komputer yang kemudian akan meretas, mencuri, bahkan merusak sebuah sistem dan informasi di dunia maya.

Karena cyber crime ini, digital marketing mendapat ancaman yang besar seperti kehilangan informasi, kerusakan sistem yang sudah dibuat, kehilangan uang, bahkan kehancuran pada digital marketing itu sendiri. Karena banyaknya ancaman dan kerugian yang dapat terjadi, sebuah digital marketing membutuhkan perlindungan pada sistem mereka yang disebut Cyber Security. Namun sayangnya, cyber security hanya mampu menahan cyber crime dan tidak dapat menghapusnya, oleh karena itu hukum siber atau Cyber Law juga dibutuhkan.

Cyber Law

Cyber Law adalah sebuah hukum yang berhubungan dengan teknologi dan dunia maya. Cyber Law sendiri diambil dari cyberspace law. Istilah hukum ini diartikan sebagai padanan dari kata cyber law, yang saat ini secara international digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan TI. Istilah lain yang juga digunakan adalah Hukum TI (Law of Information Teknologi), Hukum dunia maya (Virtual Word Law), dan Hukum Mayantara.

Tujuan

 Cyber Law sendiri diperlukan untuk menanggulangi kejahatan Cyber. Cyber law sendiri sangat berkaitan dengan upaya pencegahan tindak pidana, ataupun penanganannya. Cyber law akan menjadi dasar hukum untuk proses penegakan hukum dalam sarana elektronik dan computer. Dengan kata lain, cyber law sangat dibutuhkan agar membuat efek jera bagi oknum-oknum yang sudah melakukan kejahatan dunia maya. Hukum ini juga menguntungkan untuk digital marketing agar mengurangi ancaman serta memberikan rasa aman bagi para pengelola bisnis secara digital itu sendiri

Leave a Reply