Pertahan internert di Indonesia saat ini cukup rawan dari serangan cyber, hal ini tercatat serangan syber yang mencapai 1,3M serangan. Ketua lembaga reset keamanan Cyber Comunication dan Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama pershada mengatakan, banyaknya serangan cyber ini dikarenakan regulasiyang masih lemah.

Oleh karena itu UUD perlindungan data pribadi di sah kan untuk mengurangi kejahatan cyber, yang kian meresahkan dengan kehadiran UUD ini memaksa seluruh penyelenggara sistem elektronik untuk lebih serius mengamankan data-data pribadi. Hukuman bagi pelaku kejahatan akan dikenai hukuman denda sampai Rp 100M, sesuai yang tercantum pada (UUPDP).

Namun sayangnya meskipun UU ini telah diterbitkan, jumlah serangan cyber malah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat. Oleh karena itu OJK terus berupaya meningkatkan kondisi internet yang aman, karena potensi resiko yang begitu besar dan meningkat seiring berkembangnya teknologi digital.

Kenapa banyak sekali dan sering terjadi serangan cyber di Indonesia? Itu dikarenakan di Indonesia belum ada aturan yang memaksa seluruh penyelenggara sistem elektronik untuk bisa mengamankan sistem yang mereka miliki, Seperti halnya UU PDP.

Leave a Reply