Pada era digital ini, semua orang dapat melakukan beberapa hal melalui internet lebih tepatnya website, mulai dari mencari informasi, jual beli barang, dan lain sebagainya. Namun disetiap teknologi yang diciptakan manusia pasti ada kelebihan dan kekurangannya, dan berikut adalah kekurangan dan kelebihan memiliki website :

Kelebihan Memiliki Website

  1. Media Promosi Barang atau Jasa

    Mempromosikan suatu barang atau jasa pada website dapat jauh lebih mudah dibandingkan dengan melalui televisi. Selain murah, jangkauan menggunakan website juga sangat jauh bahkan hingga antar negara.
    Tidak hanya itu, anda juga dapat menjual suatu barang secara langsung dengan website toko online anda sendiri tanpa harus mendirikan toko fisik.

  2. Meningkatkan Kredibilitas Pada Bisnis

    Jika sebuah bisnis/perusahaan memiliki sebuah website, maka pandangan seorang klien terhadap sebuah bisnis tersebut akan lebih tinggi dan lebih terasa lebih elegan. Tidak hanya itu, jika pandangan klien sudah lebih tinggi maka kesempatan mendapat kepercayaan klien juga jauh lebih tinggi.
    Lagi pula informasi bisnis/perusahaan akan lebih lengkap, mulai dari alamat, nomor telepon, email, FAQ dan testimoni juga akan tercantum pada website, dan pengunjung semakin yakin dan tidak ragu untuk menjadi pelanggan.

  3. Menjangkau Audiens Secara Luas

    Mempublikasikan sebuah karya, konten, bisnis dan lain sebagainya dengan jangkauan yang luas, adalah salah satu keuntungan yang begitu besar. Contohnya adalah pelukis indonesia yang mempublikasikan hasil lukisannya melalui website dan di lihat oleh jutaan orang dari luar negeri di seluruh penjuru dunia. Hal ini tentu saja hal yang sangat menguntungkan untuk anda yang akan memulai bisnis secara online.

  4. Menyediakan Informasi yang Lengkap

    Informasi seputar kesehatan, pemerintah, pendidikan, berita dan lain sebagainya sangat mudah didapatkan di situs web, Hal ini merupakan kelebihan sebuah website yang dapat menyajikan informasi secara cepat dan bisa di akses dimanapun seseorang berada.
    Informasi yang di sampaikan melalui website juga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi para pembaca, bahkan tertarik untuk terus membaca.

Kekurangan Memiliki Website

  1. Biaya

    Di balik kecepatan informasi yang bisa di sampaikan, website membutuhkan biaya yang lumayan besar seperti pembuatan dan penyewaan staff untuk pengelolaan dan pengembangan. Meskipun bukan kekurangan yang utama, tapi pasti ada sebagian orang yang menganggap biaya adalah kekurangan dari website.

  2. Sulitnya Mencapai Tujuan Awal

    Karna efisiensinya yang mencolok, membuat semua orang berbondong-bondong untuk menggunakan website sebagai sarana bisnis dan meningkatkan kepopuleran. Hal ini menimbulkan banyaknya para pesaing yang membuat sulitnya mendapatkan pelanggan.

  3. SPAM

    Jika anda membuat website toko online atau yang lainnya, terkadang anda harus menyertakan alamat email ataupun nomor telepon, dan meningkatkan kemungkinan mendapatkan spam dari para pengunjung situs website anda.

  4. Fitur Terbatas

    Banyak orang membuat website dengan gratis pada media website builder karna masalah biaya atau hanya sekedar mencoba memasarkan bisnis mereka melalu website, dan biasanya website builder gratis hanya menyediakan fitur terbatas dan menghambat bisnis/perusahaan yang dibangun melalui web tersebut.

Leave a Reply