Tim Berners-lee yang mengembangkan World Wide Web (WWW) seorang ilmuan inggris pada tahun 1989, saat bekerja di CERN. Wabsiteb resmi dirilis pada tahun 1991. Saat itu Wabsite Wabsite hanya berupa teks yang sederhana tanpa gambar, video, font mewah.

Pada bulan oktober 1990, Tim menuliskan tiga teknologi dasar yang sampai saat ini menjadi fondasi Wabsite, berikut adalah teknologi dasar tersebut, yaitu:

Dan juga Tim menulis Wab page editor/browser “WorldWideWeb.app” pertama dan Web server pertama “httpd”. Pada akhit tahun 1990, halaman Website pertama dirilis ke publik. Dan pada saat Wabsite mulai berkembang, Tim Berners-Leememahami bahwa potensi dari Wabsite sebenarnya akan didapatkan ketika siapa saja dapat menggunakannya tanpa membayar biaya ataupun meminta izin.

Jadi, saat itu Tim menyarankan agar CERN menyetujui untuk membuat kode dasar tersedua secara bebas royaliti. kemudian keputusan tersebut diumumkan pada tahun 1993 yang akhirnya memicu glombang kreativitas dan inovasi global. Pada akhir tahun 1990, halaman web pertama kali dirilis di publik.

Ketika website mulai berkembang, Tim Berners-Lee memahami bahwa potensi dari website sebenarnya akan didapatkan apabila siapa saja dapat menggunakannya tanpa perlu membayar sejumlah biaya ataupun meminta izin. Jadi, saat itu Tim menyarankan agar CERN menyetujui untuk membuat kode dasar tersedia secara bebas royalti. Keputusan tersebut kemudian diumumkan pada tahun 1993 dan akhirnya memicu gelombang kreativitas dan inovasi global.

World Wide Web dipublikasikan ke publik pada tanggal 30 April 1993, setelah adanya pengumuman dari perusahaan di Eropa yaitu CERN (European Organization for Nuclear Research). CERN menginformasikan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Pengertian dari Website adalah sekelompok halaman World Wide Web yang terletak di bawah satu domain dan berisi berbagai konten mulai dari teks, gambar, video, audio, atau media lainnya. Sebuah situs website pada umumnya dibangun untuk tujuan tertentu seperti menjadi media berita, pendidikan, e-commerce, hiburan, atau jejaring sosial.

Untuk mengunjungi sebuah situs website, maka Anda hanya membutuhkan perangkat seperti desktop atau smartphone, link URL alamat website, web browser, serta koneksi internet. Perlu Anda ketahui, halaman utama dari sebuah situs website adalah home page. Jadi saat Anda mengakses URL website, maka Anda akan diarahkan ke halaman beranda / home page. Dari halaman inilah, Anda dapat menjelajahi isi web page yang lain seperti membuka halaman layanan, halaman kontak, atau yang lain.

 website memiliki 3 elemen utama di dalamnya, yaitu:

Fungsi dari Wabsite adalah sebagai alat media informasi bagi masyarakat. dengan adanya Wabsite masyarakat dapat menemukan informasi uang ingin dituju dan mencari informasi dari belahan dunia tanpa perlu membayar, juga tanpa batas waktu dimanapun dan kapanpun.

Leave a Reply