Zaman sekarang ini teknnologi semakin berkembang, namun tidak lepas dari kejahatan di dunia maya atau yang biasa di sebut cyber crime. Apa sih cyber crime itu? Cyber crime adalah sebuah kejahatan yang menggunakan komputer, internet, dan sebagainya. Jenis kejahatan ini, biasanya dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan untuk mendapatkan informasi dan data secara ilegal dan berbagai tindakan kejahatan virtual lainnya, untuk mendapatkan keuntungan.

Pertama kali adanya cyber crime atau kejahatan maya itu ditemukan pada tahun 1988, yang disebut dengan istilah cyber attack. Yang pada saat itu seorang mahasiswa berhasil menciptakan sebuah virus atau disebut WORM, yang dapat menyerang program komputer dan bisa mematikan sekitar 10% dari seluruh jumlah komputer di dunia yang tersambung atau terhubung di internet.

Serangan cyber pertama ini cukup membuat kepanikan bagi seluruh pengguna internet di dunia, karena serangan ini adalah hal baru dan belum ada yang bisa menanganinya. Dan cyber ini tidak hanya menyerang program komputer namun juga bisa membajak situs, kartu kredit, memanipulasi data, serta berbagai jenis kejahatan lainnya.

Leave a Reply