Tak jarang orang mengatakan bahwa hacker adalah tindakan kriminal. Tak jarang prusahaan kerap menggunakan tenaga hacker untuk sistem keamanan perusahaannya. Hacker sendiri adalah seseorang yang ahli dalam bidang komputer dan juga mengatasi masalah teknis. Hacker atau bisa disebuat dengan peretas, yang mana hacker mengguanakan keterampilan teknis untuk mengatasi pertahanan.

Ada beberapa jurusan yang yang cocok menjadi seorang hacker.

 Cyber Security

Cyber security sendiri adalah memberikan perlundunagn dan penanggualangan dari serangan cyber yang sangat meresahkan saat ini. Jurusan ini akan mengajak mahasiswa untuk bereksplorasi dam berbagai kejahatan dan juga ancaman cyber. Jurusan Cyber security meliputi database systems, computer networks, code reengineering, big data processing, dll.

 Teknik Informatika (TI)

Jurusan ini akan mengajak Mahasiswa akan mempelajari mengenai pengembangan software hingga artificial intelligence. Prospek kerjanya pun bermacam-macam, mulai dari IT consultant, software engineer, dan system administrator.

 Ilmu Komputer

 Jurusan ilmu komputer akan mempelajari segala hal mengenai komputer. mulai dari pemrograman, struktur data, algoritma, arsitektur komputer, hingga basis data. Prospek kerjanya pun juga menjanjikan. dan lulusan jurisan ini bisa menjadi : software engineering, perancang web,dan progammer.

Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusa ini fokus dalam pembelajaran dan juga pengembangan software. Mereka juga akan mempelajari coding, pemrograman dan pengembangan software. Mereka akan sering dihadapkan dengan computer engineering ataupun computer science.

Sistem Informasi

Mahasiswa sistem informasi tidak hanya mempelajari komputer juga akan mempelajari ilmu ekonomi dan juga bisnis. jurusan ini juga sebagai perancang dan pengembangan sistem informasi sesui dengan kebutuhan organisasi. Meskipun mereka tidak terlalu fokus pada bidang IT, mereka juga dapat bekerja di dunia cyber, seperti: ERP consultant, security analyst, dan data scientist.

Mahasiswa jurusan sistem informasi akan mempelajari pemrograman, desai, jaringan komputer, dan teknologi informasi.

Leave a Reply