Ada banyak jenis-jenis website yang telah dibuat dan dapat diakses melalui internet, yang mengharuskan kamu tau seperti apa web-web tersebut. Berikut masing-masing jenis web yang dapat kamu ketahui :

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya :

  1. Blog

    Blog adalah web yang dapat digunakan untuk mengunggah banyak konten. dengan penggunaannya yang lebih fleksibel, blog mendukung fungsi yang lebih beragam pula. Biasanya blog lebih dinamis karena dikelola oleh pemilik yang aktif dan lebih leluasa berinteraksi dengan pengunjung.
    Blog juga bisa menjadi media yang mengalirkan sebuah tulisan bersifat pribadi, opini, review, mempromosikan konten, memberikan tips dan lain sebagainya.

  2. Situs web eCommerce

    Sebagian orang sudah tidak asing dengan jenis website ini, karena toko online sudah pasti memiliki website jenis ini untuk melakukan fungsional. Melalui website ini kamu bisa melakukan jual-beli barang secara berani, karena sirus web jenis ini sangat mendukung kegiatan jual-beli online. Di Indonesia juga sudah banyak sekali website eCommerce, contohnya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, bukalapak, dam lain sebagainya.

  3. Website Bisnis

    Website ini dibangun oleh sebuah lembaga bisnis atau perusahaan tertentu dengan tujuan mengkomunikasikan jenis produk dan layanan yang disediakan oleh perusahaan. Pada era modern ini, sebuah bisnis setidaknya memiliki website yang dapat menjangkau lebih banyak orang sekaligus membangun kepercayaan bisnis dengan situs web yang mereka buat.
    Website bisnis dan website eCommerce hampir tidak ada bedanya jika dilihat dari fungsinya, memang tidak ada perbedaan yang mendasar dari keduanya. Website eCommerce bisa saja di sebut dengan website bisnis, tapi website bisnis tidak selalu sebagai website eCommerce.

  4. Hiburan Situs Web

    Untuk memenuhi kebutuhan hiburan dibuatlah website hiburan, yang menyediakan gambar-gambar, video, musik, film, dan berbagai hiburan lainnya. Untuk membangun sebuah situs hiburan, kamu harus memastikan untuk mendapat audiens yang sesuai dengan jenis hiburan yang akan kamu sediakan.
    Beberapa situs web hiburan sudah cukup banyak pada masa kini, contohnya Netflix, 1cak, 9gag, YouTube, dan lain sebagainya.

  5. Website Media atau Portal Berita

    Dari beberapa jenis website, terdapat website yang menghimpun dan melaporkan berita. Pada web ini juga sering dijadikan lapak untuk memasang iklan dan mendapatkan sebuah keuntungan, ada juga situs web yang menyediakan pemberitaan dengan berlangganan.
    Di Indonesia tersedia sangat banyak portal berita yang bisa akses dan mendapatkan informasi, contohnya Tribunnews, Liputan6, Kompas, Detik, dan lain sebagainya.

  6. Situs Nirbala

    Situs Nirlaba adalah situs yang digunakan untuk kegiatan sosial dan kebanyakan tidak mengambil keuntungan, seperti web untuk kegiatan bakti sosial, penggalanagan dana, kegiatan gotong royong, informasi layanan kesehatan, informasi seputar vaksinasi, dan lain sebagainya.
    Untuk sebuah organisasi nirbala, sangat penting untuk membuat situs web, karena telah menjadi legimitasi organisasi yang dibentuk. Selain itu, melalui website ini organisasi akan dapat menjangkau lebih banyak orang dan mendorong orang yang di jangkau lebih aktif dalam mengambil peran seperti menjadi donatur dan lain sebagainya.
    Di Indonesia, contoh situs web nirbala yang bisa di akses adalah milik Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan KitaBisa.

  7. Situs Web Pendidikan

    Seperti namanya, situs web jenis ini dibuat dengan tujuan untuk kegiatan akademis, seperti penyediaan materi dan informasi institusi pendidikan. Untuk membedakan situs web ini dengan jenis jenis situs yang lain, kamu bisa melihatnya pada domain yang digunakan, biasanya di Indonesia situs web pendidikan menggunakan .sch.id, ac.id, dan edu. Namun, bukan berarti situs dengan domain yang berbeda dari 3 domain tersebut tidak bisa di gunakan.
    Sebuah situs web pendidikan biasanya dibangun oleh institusi pendidikan seperti sekolah-sekolah atau universitas.

  8. Website Pemerintah

    Website pemerintah adalah sebuah situs yang dibangun oleh pemerintah, sebagai media menyampaikan informasi seputar pemerintah mulai dari program, kebijakan, layanan yang di sediakan dan lain sebagainya. Biasanya situs ini menggunakan domain khusus.
    Di Indonesia, biasanya situs ini digunakan oleh pemerintah daerah di kabupaten kota, kementerian-kementerian, dan lembaga negara lainnnya.

  9. Portofolio Situs Web

    Situs web ini bukan hanya digunakan untuk membangun sebuah bisnis, tapi juga untuk menampilkan hasil karya atau pekerjaan yang pernah dilakukan guna meyakinkan klien hasil kerja dan kualitas pekerjaan yang di lakukan.
    Keunikan Portofolio website biasanya dijadikan website pribadi, karena selain memiliki daftar pekerjaan sebelumnya, website ini juga menampilkan informasi pemilik web serta portofolionya secara lengkap. situs web pribadicbanyak digunakan oleh politikus dan selebritis. Sedangkan untuk portofolio sering digunakan oleh freelance sampai profesional kreatif.
    Berbeda dari situs jenis lain, situs web ini lebih mudah untuk dibuat, contoh website jenis ini juga bisa kamu lihat dari orang-orang yang menekuni bidang kreatif seperti desainer grafis. Biasanya terdapat kumpulan karya desain grafis yang mereka buat di dalam situs tersebut.

  10. Forum Komunitas

    Jenis situs web ini digunakan untuk keperluan komunitas agar dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dalam suatu konten. dalam situs ini berisi kumpulan orang-orang yang memiliki ketertarikan pada suatu bidang yang sama.
    Di Indonesia, contoh forum komunitas ini adalah komunitas Wiki, Detik Forum dan Kaskus, ketiga forum ini di buat untuk membangun konten yang lebih baik lagi.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifatnya :

Berdasarkan sifatnya, situs website dibagi menjadi 2, yaitu

  1. Website Statis

    Website statis adalah suatu website yang memiliki tampilan tetap atau tidak berubah. Konten dari website ini juga cenderung sama, dikarenakan jarang sekali untuk di update. Website ini di buat dengan kode HTML dan dengan bantuan text editor atau program design website seperti Adobe Dream Weaver.
    Saat ini, untuk membuat website statis sudah tersedia sarana sendiri seperti gohugo.io dan hexo.io, guna untuk mempermudah proses pembuatan website.
    Kelebihan website statis sendiri adalah cepat dan sangat efisien untuk dikembangkan serta disimpan pada web hosting. Sedangkan kekurangan website ini sendiri adalah membutuhkan skill khusus untuk mengubah konten yang cepat usang (out of date).

  2. Website Dinamis

    Website dinamis adalah website yang kontennya selalu diperbarui secara rutin. Penambahan atau perubahan konten bisa dilakukan oleh developer atau beberapa orang yang memiliki akses tertentu untuk memperbarui isi konten pada website.
    Keuntungan dari website ini adalah memiliki beberapa fitur tambahan, lebih mudah untuk menambah konten dari search engine, dan mudah untuk mengelola karna bisa dikelola oleh 2 orang atau lebih. Kekurangan website ini adalah membutuh waktu dan dana yang lebih banyak untuk melakukan pengembangan, serta biaya hosting yang begitu mahal.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Platformnya :

Platform website adalah tempat untuk menjalankan operasi software dan pengembangan website. Adapun beberapa jenis website berdasarkan platformnya sebagai berikut :

  1. HTML dan CSS

    HTML dan CSS merupakan sebuah platform dasar dari sebuah web. Dari platform ini, website mulai di kembangkan, website statis dikembangkan berdasarkan platform ini. Dalam pembuatan web dengan menggunakan platform ini, dibutuhkan pemahaman kode HTML, oleh karena itu tidak semua oarng mampu membuat web dengan platform ini.

  2. CMS

    CMS atau Content Mansgement System, adalah platform yang paling populer untuk membuat web. Karena CMS adalah software yang berfungsi untuk membuat dan mengatur konten dengan lebih mudah. Ada banyak CMS yang tersedia, yaitu Drupal,Blogger, Magenta, Joomla dan Shopfy, namun yang paling populer digunakan adalah CMS WordPress.
    Sangat banyak website yang dibuat dengan CMS WordPress bahkan hingga 60% dari semua CMS, tapi meskipun CMS WordPress merupakan CMS yang paling banyak digunakan, bukan berarti jika CMS lain itu usang dan sulit untuk di jalankan. Karna semua CMS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  3. Website Builder

    Ada cara yang paling membuat sebuah situs web, yaitu dengan menggunakan platform Website Builder. pada platform ini, para pengguna dapat membuat website tanpa perlu memperlajari ilmu pemrograman dan design.
    keuntungan Website Builder sendiri adalah template yang disediakan pada platform ini sangat lengkap, tersedia juga paket pembuatan website seperti domain dan hosting. Pengguna hanya perlu melakukan perbaikan konten sesuai keinginan.
    Contoh-contoh website builder adalah Site Builder, Webbly, Wix dan juga MySCH, dan MySCH adalah website builder yang khusus untuk sekolah profesional. Banyak sekolah yang menggunakan MySCH untuk membuat web, karna sudah terpercaya oleh ribuan sekolah.

Leave a Reply