Tak jarang kita mendengar kata-kata hacker dan juga cracker bagi orang yang aktif dalam internet. Banyak orang mengatakan bahwa hacker dan juga hacker itu adakah sesuatu yang negatif. Karena itulah kita harus mengetahui apa itu hacker dan juga cracker.

Hacker adalah orang yang mempunyai kemampuan dalam menangani sistem komputer. Hacker lebih mengarah pada pretasan untuk tujuan yang positif, Berbeda dengan cracker yang dianggap memiliki tingkatan yang lebih rendah dibandingakan hacker. Tetapi cracker juga harus diakui mempunyai kemampuan dalam bidang komputer tetapi tidak di imbangi dengan hal yang positif.

Cracker biasanya lebih suka merusak dan juga mengambil informasi tanpa seizin pemilik dan tindakannya itu dapat merugikan bagi orang lain. Maka dari pada itu dapat kita simpulkan bahwa hacker lebih tinggi dibandingkan cracker. Selainitu, hacker biasanya banyak mengapplikasikan kemampuannya untuk hal hal yang positif. Dan itu berbanding berbalik dengan cracker yang hanya mencuri data-data untuk kepentingan sendiri.

Namun, ada haker yang juga melakukan aktifitas meretasnya dikarenakan sebuah tujuan untuk mencari kelemahan atau bug, pada suatu sistem dan melaporkan kepada pihak tertentu untuk dilakukan perbaikan tentunya dengan cara legal.

Perbedaan hacker dan cracker dengan cara kerja, apabila hacker biasanya disewa dan biasanya dipekerjakan dengan cara legal. Berbeda dengan cracker yang melakukannya untuk kepentingan pribadi atau menjual data-data untuk keuntungan dan dapat merugikan orang lain.

Kemudian, perbedaan hacker dan cracker yang kedua adalah dari segi keterbukaan. Hacker memiliki komunitas yang jelas serta terbuka agar mereka bisa memperdalam lagi ilmu pemrograman yang mereka miliki. Bahkan hacker juga tak segan-segan membagikan ilmu mereka kepada orang yang memang layak dan serius menekuni dunia tersebut.

Berbeda dengan cracker yang melakukannya secara diam diam dan juga komunitas mereka tertutup dan hanya beberapa orang tertentu yang mengetahui. Dan itu sudah jelas tujuan cracker yang sudah jelas negatif.

Dan juga hacker juga dibagi menjadi dua yaitu White hat hacker yang mempunyai kemampuan komputer. Tujuannya untuk hal yang positif. Dan ada juga ada Black hat hacker yang melakukan sebaliknya. yang bertujuan untuk merusak. Biasanya White hat hacker dan Black hat hacker bermusuhan.

Leave a Reply