Pengertian Iklan Online

Iklan online merupakan promosi online dengan menampilkan image, video yang berisikan informasi tentang suatu produk bertujuan tertentu, seperti brand awareness, selling dan lainnya.

Pada dasarnya iklan online yaitu upaya promosi online dengan menampilkan image kemudia mengarahkan ke situs website bisa melalui hasil pencarian search engine ataupun di dalam suatu website maupun social media menggunakan sistem berbayar. Iklan online pun dapat memasang iklan atau menawarkan produk dan jasa via dunia maya bertujuan untuk meraih profit dari penjualan.

Jenis Iklan Online yang Dapat Dipakai

Berikut ini jenis-jenis iklan online :

1. Paid Search

Berdasarkan Google sebanyak 84% sebelum membeli, konsumen mencari produk yang diperlukan di Google. Hal ini mampu dimanfaatkan guna mempromosikan iklan online melalui hasil pencarian. Sebenarnya paid search dapat ditemukan diseluruh mesin pencari semacam Google dan Yahoo.

Google mengadakan layanan paid search via Google Ads yang sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords. Kemudian Google melakukan rebranding dari Google AdWords menjadi Google Ads tanpa menghilangkan fitur-fitur yang ada dengan ketersediaan fitur baru yakni Smart Campaign.

Google Ads menawarkan metode beriklan melalui hasil pencarian, iklan display, iklan YouTube, dan iklan di aplikasi seluler. Kamu dapat memulai iklan online di Google Ads dengan mudah.

Hal yang semestinya dicermati di paid search adalah kata kunci. Kamu wajib mampu memastikan kata kunci yang pas, yaitu kata kunci yang paling bayak dicari oleh calon konsumen untuk mencari produk Anda.

Ketika mencari suatu kata kunci yang berkaitan dengan produk tertentu, calon konsumen bisa menemukan hasil pencarian dengan label iklan, ini lah yang disebut paid search.

2. Paid Social

Selain dapat hasil pencarian Google, Anda juga dapat membuat iklan online di media sosial semacam Instagram, Twitter, dan Facebook.

Dan juga, iklan online di media sosial membolehkan kamu untuk menetapkan dengan spesifik calon pelanggan berdasarkan kategori tertentu seperti tingkat usia, pendidikan, gender, minat, hobi, dan penghasilan. Sebagian media sosial terkenal yang dapat dipergunakan ialah Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads.

Iklan yang tersedia di Facebook dan Instagram yaitu photo ads,video ads, dan carousel ads. Sementara format iklan yang tersedia di Facebook yaitu collection ads, slideshow ads, lead ads, dan messenger ads. Sedangkan format iklan di Instagram yaitu stories ads.

Tidak itu saja, Twitter dengan pengguna aktif yang cukup banyak di Indonesia, yaitu 40%. Hal ini menjadikan Twitter sebagai salah satu media sosial potensial untuk beriklan. Format iklan yang ada adalah Twitter Promote dan Twitter Ad Campaign.

3. Email Marketing

Email tidak hanya sebagai alat komunikasi personal, namun Anda juga dapat beriklan via email, dan dapat dihasilkan sebagai alat pemasaran. Email marketing merupakan pengiriman pesan komersial seperti newsletter dan prmosi via email.

Email marketing tidak hanya murah, namun mempunyai tingkat efektivitas tinggi juga. Hasil penelitian McKinsey and Company, menyatakan email marketing 40 kali lebih efektif dibanding media sosial seperti Facebook dan Twitter. Oleh karena itu, penggunaan email marketing sebagai salah satu iklan online yang dianjurkan.

4. Remarketing

Google Ads Remarketing menayangkaniklan online kepada orang-orang yang telah memasuki situs web atau aplikasi Anda.

Ketika orang-orang tersebut telah keluar dari website, mau membeli produk ataupun tidak, mereka akan melihat iklan Anda ketika membrowsing situs lain atausedang menonton Youtube.

Contohnya, setelah Anda mengunjungi website KamuDigital, pada hasil pencarian atau iklan di situs web yang Anda kunjungi sesudahnya akan muncul iklan KamuDigital.

Tujuan utama remarketing adalah supaya mempertahankan buying intent atau keinginan membeli dari calon pelanggan.

5. Video Marketing

Video Marketing adalah jenis iklan online paling efektif untuk semua jenis usaha, baik perusahaan kecil ataupun perusahaan besar. Efektivitas video marketing suatu perushaan skala internasional di bidang marketing yang berfokus pada video online.

Berikut ada sebagian konten vide marketing yang dapat diterapkan pada perusahaan Anda :

Leave a Reply